7 Bahan Alami yang Mampu Mengusir Bau Badan
Lifestyle

Kalian bisa meninggalkan deodoran mulai saat ini, gunakan 7 bahan alami ini untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

WowKeren - Bau badan disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus hominis pada area tubuh yang banyak mengandung kelenjar minyak seperti ketiak. Bakteri tersebut akan memecah keringat menjadi asam pemicu timbulnya bau badan.

Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan kalian, kan? Biasanya mereka yang memiliki bau badan akan menggunakan deodoran untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal banyak bahan alami yang ampuh banget buat menyingkirkan bau badan.

Berikut 7 bahan alami tersebut. Yuk simak bareng di bawah ini.

(wk/nris)

1. Konsumsi Daun Kemangi untuk Mengatasi Bau Badan


Konsumsi Daun Kemangi untuk Mengatasi Bau Badan

Kemangi biasanya digunakan untuk pelengkap hidangan. Gunanya sebenarnya untuk menghilangkan bau daging atau makanan menyengat pada mulut. Namun ternyata, tumbuhan satu ini dapat menghilangkan bau badan karena mengandung minyak atsiri di dalamnya. Selain itu, kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Untuk memanfaatkan kemangi sebagai pengusir bau badan, kalian dapat mengonsumsinya sebagai lalapan pada pagi dan sore hati. Teh dari rebusan kemangi yang telah di tumbuh halus juga bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Daun Sirih Membantu Mengatasi Bau Badan


Daun Sirih Membantu Mengatasi Bau Badan

Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau badan memang sudah sangat terkenal. Kandungan beberapa bahan seperti eogenol, kavinol, karvakol dan zat samak yang membantu mengusir bau badan. Tumbuhan ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar sabun organ vital wanita.

Dari pada membeli produk dengan bahan daun sirih, mengapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Kalian dapat merebus beberapa lembar daun sirih dengan air. Kemudian tambahkan madu atau gula pasir untuk menghilangkan rasa ketir dan minum air rebusan tersebut secara rutin. Atau kalian dapat menuangkan air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi.

3. Manfaat Tomat untuk Mengusi Bau Badan


Manfaat Tomat untuk Mengusi Bau Badan

Tak hanya enak, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya untuk kecantikan. Mungkin kalian tidak menyangka kalau tomat juga dapat digunakan untuk mencegah bau badan. Tanaman satu ini mengandung antiseptik dan antibakteri yang dipercaya mencegah kuman dan bakteri yang menyebabkan tubuh menjadi bau.

Kalian dapat mengonsumsi tomat secara rutin dengan diolah menjadi jus atau dimakan utuh. Selain itu, membalurkan tomat ke bagian tubuh yang mudah berkeringat dan menimbulkan bau sebelum mandi juga dapat dilakukan untuk mengatasi bau badan.

4. Daun Beluntas Juga Memiliki Kandungan Minyak Atsiri


Daun Beluntas Juga Memiliki Kandungan Minyak Atsiri

Daun beluntas juga merupakan tanaman yang sering dijadikan untuk lalapan. Tanaman yang sering tumbuh di pinggir pantai ini dapat tumbuh liar meski tanpa dirawat. Sama seperti daun kemangi, beluntas juga mengandung minyak atsiri yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

5. Tawas Telah Dikenal Lama Sebagai Pembasmi Bau Tidak Sedap di Tubuh


Tawas Telah Dikenal Lama Sebagai Pembasmi Bau Tidak Sedap di Tubuh

Tawas adalah mineral dengan kandungan yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau badan. Selain itu, sifat antiseptik dan antibakteri di dalamnya yang menyebabkan bahan ini ampuh mengusir bau badan.

Penggunaannya mudah, kalian cukup menghancurkan tawas hingga menjadi bubuk lalu larutkan dalam air. Kemudian gosokkan pada ketiak seperti kalian menggunakan deodoran. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

6. Semprotkan Cuka Apel Secara Rutin


Semprotkan Cuka Apel Secara Rutin

Cuka merupakan antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri atau jamur di area-area bermasalah. Selain itu, ada asam tartar pada apel yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asam asetat di dalamnya juga berfungsi sebagai antimikroba.

Kalian dapat mengoleskan cuka apel dengan kapas pada bagian yang sering bau sebelum mandi. Atau masukkan cuka apel dalam botol yang memiliki tutup semprotan kemudian gunakan pada bagian-bagian tertentu lalu lap hingga kulit kering.

7. Baking Soda Bisa Jadi Pengganti Deodoran


Baking Soda Bisa Jadi Pengganti Deodoran

Baking soda berguna untuk menetralkan asam dan basa. Bahan ini juga dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Kalian cukup menggunakannya seperti pemakaian deodoran. Tidak perlu khawatir, baking soda tidak akan meninggalkan noda di pakaian. Selain itu, kalian juga dapat memakainya dengan melarutkannya dengan air dan jeruk nipis. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait