'Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak' Wakili Indonesia untuk Seleksi Oscar 2019
Official
Film

'Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak' akan bersaing dengan film 'Buffalo Boys' yang mewakili negara Singapura.

WowKeren - "Marlina The Murderer In Four Acts" akan mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards ke-91 atau Oscar 2019 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Indonesia mengumumkan hal tersebut di Jakarta pada Selasa (18/9).

"Setelah dilakukan penilaian dengan seksama berdasarkan kritieria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards Selection Committee menetapkan film berjudul 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak," kata Christine Hakim dilansir CNNIndonesia.com. Keputusan tersebut diambil sesuai dengan pedoman Foreign Languange 2018 serta regulasi dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).


Persyaratan yang digunakan untuk menilai film ini di antaranya film yang diajukan harus sudah tayang mulai dari 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2018 selama setidaknya tujuh hari di bioskop negara asal, sedangkan penayangan di Amerika tidak diwajibkan. Persyaratan yang lain yakni harus sudah ditayangkan ke publik non-bioskop sebelum rilis, seperti misalnya penanyangan di festival film.

Mouly Surya selaku sutradara mengaku sangat senang karena film garapannya mendapatkan kesempatan ini. Mouly juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warganet yang sempat mengampanyekan film "Marlina" untuk melaju ke Oscar di media sosial.

"Sangat senang mendengar kepercayaan kepada Marlina yang diberikan oleh tim seleksi dan kawan-kawan," ujar Mouly. "Juga penonton-penonton di sosial media yang dari kemarin sudah semacam kampanye di twitter dengan hashtag #marlinafortheoscars."

"Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" mengisahkan tentang seorang janda di Sumba melawan sekawanan perampok yang mendatangi rumahnya. Film yang merupakan ide cerita dari sineas senior Garin Nugroho ini sebelumnya telah banyak mendapat penghargaan di sejumalh festival film, baik nasional maupun Internasional.

Untuk diketahui, Indonesia telah mengirim film-filmnya ke Oscar sejak tahun 1987. Namun, belum satu pun film Indonesia yang dapat menembus nominasi Best Foreign Languange. Pada tahun 2017 kemarin, Indonesia diwakili film "Turah" yang juga belum mampu menembus ketatnya persaingan di Oscar.

"Marlina" nantinya akan bersaing dengan film "Buffalo Boys" yang menjadi wakil negara Singapura. Pemenang kategori Best Foreign Languange ini akan diumumkan di malam puncak Oscar 2019 di Dolby Theatre Los Angeles pada 24 Februari mendatang.

You can share this post!

Related Posts
Loading...