Terus-Terusan Gagal Diet? Bisa Jadi Gara-Gara Beberapa Kesalahan Ini
Lifestyle

Banyak hal menggagalkan diet, temukan dan pastikan penyebab yang mungkin menjadi alasanmu tidak berhasil menurunkan berat badan.

WowKeren - Menjalani diet penurunan berat badan memang tak pernah mudah. Di antara sekian banyak orang yang melakukannya, hampir tak pernah 100 persen berhasil. Lantas, apakah kamu termasuk dalam golongan yang berhasil menurunkan berat badan? Atau justru menjadi kesal lantaran sudah banyak menghabiskan waktu untuk berdiet, namun badan masih membengkak juga?

Dilansir dari WebMD, ternyata ada banyak hal yang bisa menggagalkan dietmu. Jika kamu masih bertanya-tanya soal apa yang membuat program dietmu gagal, kamu mungkin bisa mencoba mengetahui alasannya dari hal ini.

Pertama, kamu mungkin suka melewatkan sarapan. melewatkan sarapan seringkali banyak dilakukan orang. Sayangnya, bukan hanya karena tidak sempat, banyak orang melakukannya dengan dalih sebagai alasan berdiet. Padahal, melewatkan sarapan bisa menjadi salah satu hal yang membuat dietmu gagal.

Melewatkan sarapan akan membuatmu menjadi sangat kelaparan di siang hari. Akibatnya? Kamu malah menambah jumlah porsi makan siangmu. Jangan tanya lagi akibatnya, tentu saja kenaikan berat badan.

Kedua, kamu melakukan kesalahan fatal dengan makan menjelang tidur. Sebenarnya, bukan rahasia lagi kalau makan tengah malam ikut menyumbang kenaikan berat badanmu. Namun, satu lagi yang harus kamu ketahui tentang makan tengah malam. Ya, makan menjelang waktu tidur ternyata bisa menjadi salah satu hal yang bisa menggagalkan dietmu.


Makan tengah malam bisa meningkatkan suhu tubuh, gula darah dan juga insulin yang membuat tubuhmu lebih sulit membakar lemak. Usahakan untuk memberi jeda antara makan dan tidur selama 3 jam. Hindari juga makan sambil menonton televisi atau melakukan pekerjaan yang lain.

Ketiga, kenali tubuhmu, jangan-jangan kamu termasuk dalam yang susah dan lama membakar kalori. Kegagalan diet bisa jadi disebabkan karena kamu memiliki metabolisme yang lambat. Bisa jadi itu semua karena kamu tidak punya cukup massa otot. Massa otot ini bisa membantumu lebih cepat membakar kalori.

Keempat, diet tak berarti mengurangi porsi makan. Kesalahan yang kamu lakukan mungkin adalah mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru jika kamu melewatkan waktu makan atau mengurangi porsi makan yang ekstrim, tubuhmu akan lebih lama membakar kalori. Untuk itu, kamu butuh berkonsultasi sebelum memutuskan untuk mengikuti diet rendah kalori.

Kelima, mungkin saja kamu terkena beberapa masalah kesehatan. Banyak kondisi kesehatan yang bisa menggagalkan dietmu, salah satunya adalah masalah tiroid.

Masalah kesehatan terkait tiroid, misalnya hipertiroidisme, bisa menurunkan berat badanmu dengan ekstrim. Namun, pada sebagian kasus, masalah kesehatan ini juga bisa membuatmu menambah pundi-pundi berat badan yang sulit untuk dikurangi. Konsultasi ke dokter sangat diperlukan jika kamu meyakini gejala inilah yang menyebabkanmu gagal diet.

Sementara itu, beberapa obat juga bisa memengaruhi kegagalan penurunan berat badanmu. Jadi, apakah kamu termasuk yang gagal diet karena kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan di atas?

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait