7 Tips Mudah Memilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Kulitmu
Unsplash
Lifestyle

Selama ini banyak yang terjebak, terapkan cara cerdas ini agar mendapatkan warna lipstik yang sesuai denganmu.

WowKeren - Bicara soal makeup, kamu enggak boleh meninggalkan yang namanya lipstik. Produk makeup yang satu ini diketahui bisa memberikan perubahan yang cukup drastis untuk wajahmu.

Bahkan, tanpa banyak menyapukan riasan lainpun, lipstik sudah berhasil membuat wajahmu tampak lebih cerah dan segar. Sayangnya, pilihan lipstik yang buruk, dalam arti tak sesuai dengan warna kulitmu, bisa menjadi sebuah "bencana".


Bukan hanya akan memberikan tampilan aneh dan merusak tampilan wajah cantikmu, orang-orang sekitar bisa-bisa juga akan mulai membicarakanmu. Inilah kenapa memilih warna lipstik yang sesuai dengan kulit merupakan hal yang penting.

Tak perlu risau karena belum juga bisa menemukan warna lipstik yang tepat, ada beberapa tips yang bisa segera kamu terapkan. Dilansir dari berbagai sumber, ayo coba terapkan tips ini dan segera temukan warna lipstik yang sesuai dengan kulitmu. Enggak perlu lama milih hanya untuk berakhir enggak sesuai lagi, deh.

(wk/silm)

1. Menentukan Corak Kulit Lewat Pencahayaan Alami


Menentukan Corak Kulit Lewat Pencahayaan Alami
Unsplash

Sebelum beranjak ke hal yang lebih dalam, satu kegiatan yang wajib kamu lakukan adalah menentukan corak kulit yang kamu miliki. Caranya adalah dengan melihatnya dengan cahaya alami di ruangan terbuka.

Corak kulit manusia terdiri atas beberapa jenis. Dari kesemuanya itu, kamu wajib mengetahui corak kulit mana yang kamu miliki untuk bisa menentukan warna lipstik yang sesuai.

Pertama, ada corak kulit Fair Skin. Kulitmu tergolong dalam corak ini jika ia terlihat sangat pucat atau hampir tembus cahaya. Jenis corak kulit ini juga mungkin akan memiliki bintik-bintik atau freckles dan akan berwarna sedikit kemerahan. Lipstik yang sesuai untuk kulit jenis ini adalah merah muda cerah, coral, peach, nude, atau merah pekat.

Kedua, ada corak kulit Light Skin. Kulitmu akan tergolong dalam jenis ini jika memiliki warna yang pucat. Jika terkena sinar matahari, kulitmu lebih mudah terbakar dan menjadi cokelat. Warna lipstik yang sesuai untuk jenis ini hampir mirip dengan warna-warna yang cocok untuk kulit fair.

Ketiga, corak kulit Medium. Ini termasuk jenis kulit yang cenderung normal. Kamu tak banyak mendapat masalah saat terkena sinar matahari begitu pula tak mudah berubah menjadi cokelat. Lipstik yang sesuai untuk jenis ini adalah warna-warna seperti rose, cherry red, dan juga merah bata.

Keempat, corak kulit Tan. Kamu termasuk dalam jenis ini jika memiliki kulit yang berwarna kecokelatan. Selain itu, perubahan musim tidak akan ikut merubah warna kulitmu. Memiliki kulit jenis ini, kamu akan cocok memilih warna seperti pink tua, merah cerah, dan beberapa warna lain kecuali cokelat atau ungu.

Terakhir, ada corak kulit Deep. Kamu memiliki warna kulit yang terlihat cokelat dan gelap. Kamu tidak masalah jika terbakar matahari dan rambutmu pun termasuk jenis yang berwarna gelap. Jika memiliki kulit jenis ini, pilihlah warna-warna coklat dan keunguan.

2. Menentukan Jenis Warna Kulit dari Pembuluh Darah di Tangan


Menentukan Jenis Warna Kulit dari Pembuluh Darah di Tangan
Unsplash

Setelah berhasil menentukan jenis corak kulitmu, kamu kini beranjak ke langkah selanjutnya, yakni menentukan jenis warna kulit. Di sini kamu bisa menentukan apakah jenis warna kulitmu tergolong warm, neutral, atau cool. Ingat, ini sangat penting untuk bisa memilih warna lipstik yang sesuai.

Tak perlu bersusah payah, kamu bisa menemukan jenis warna kulitmu hanya dengan melihat warna pembuluh darah di tanganmu. Jika berwarna biru atau ungu, berarti kamu memiliki warna kulit jenis cool. Sementara pembuluh darah yang terlihat hijau mengindikasikan bahwa kulitmu tergolong jenis warm. Jika tidak keduanya, maka kemungkinan besar bahwa jenis kulitmu adalah netral.

3. Menentukan Bentuk dan Ukuran Bibir


Menentukan Bentuk dan Ukuran Bibir
Unsplash

Masih berhubungan dengan pemilihan warna yang tepat untuk lipstikmu. Mengetahui bentuk dan ukuran bibir juga bagus diterapkan untuk memilih warna yang tepat.

Ada beberapa hal soal ukuran bibir yang bisa kamu terapkan untuk memilih warna lipstik. Jika bibirmu cenderung tipis, hindari warna-warna gelap ataupun menyolok. Sementara itu, jika bibirmu berukuran tebal, hindari warna-warna yang terlalu cerah dan mengkilap. Terlarang juga untuk lipstik-lipstik dengan tekstur berkilauan.

4. Warna Rambut Juga Penting


Warna Rambut Juga Penting
Unsplash

Warna rambut ternyata juga berpengaruh dalam pemilihan warna lipstikmu. Ada beberapa jenis warna rambut yang harus kamu pertimbangkan saat akan membili lipstik.

Jika warna rambutmu gelap dengan jenis fair atau light, pilihlah warna merah muda cerah, cherry, dan warna-warna plum. Jika jenis kulitmu gelap pula, pilih warna-warna seperti beige keemasan atau warna-warna bronze.

Jika warna rambutmu pirang dengan jenis kulit fair atau light, pilih warna seperti dusty pink, merah muda cerah dan merah scarlet. Namun, jika kulitmu termasuk jenis yang gelap, pilihlah warna-warna seperti karamel, pink hangat, dan juga pink salmon.

Akan tetapi jika warna rambutmu kecoklatan dengan jenis kulit medium, pilihlah warna lipstik seperti beige, pink salmon, coral, atau juga dusty pink pekat. Untuk rambut berwarna merah, pilih warna lipstik seperti pink salmon, coral atau terracotta.

5. Warna Lipstik yang Baik untuk Gigi yang Tak Terlalu Putih


Warna Lipstik yang Baik untuk Gigi yang Tak Terlalu Putih
Unsplash

Dalam menentukan warna bibir, kamu tidak melulu hanya menentukan warna kulit. Jika sudah jenis warna kulit, kamu pun harus mempertimbangkan warna gigi. Ini dilakukan agar warna lipstik yang kamu pilih tak lagi salah.

Jika memiliki warna gigi yang cenderung kekuningan, kamu harus memilih warna-warna lipstik yang juga cenderung berwarna oranye. Warna seperti rose, sedikit oranye, atau bahkan merah yang terang sangat tepat digunakan untuk orang-orang dengan gigi yang berwarna kekuningan. Hindari warna seperti ungu, cokelat, scarlet cerah dan merah.

Kabar baik bagi kamu yang mempunya gigi berwarna putih cerah. Kamu bisa memilih warna apapun yang kamu suka.

6. Cara Memilih Lipstik Merah yang Tepat


Cara Memilih Lipstik Merah yang Tepat
Unsplash

Merah adalah warna yang banyak dipilih para wanita untuk lipstik mereka. Namun, pemilihan warna merah ini juga tidak bisa dilakuan secara sembarangan, ya.

Gunakan paduan jenis corak dan warna kulit yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk jenis fair dan light, kamu bisa memilih warna-warna merah seperti dusty, pinkish red dan juga coral. Semenatara jenis cool bisa memilih warna-warna raspberry. Untuk jenis warm, pilihlah warna merah kebiruan ataupun juga coral.

Untuk jenis kulit medium atau tan, pilih warna merah jenis red cherry atau merah yang cenderung oranye. Sementara untuk kulit gelap, pilih warna merah pekat seperti wine.

7. Trik untuk Membuat Bibir Terlihat Tipis Atau Tebal


Trik untuk Membuat Bibir Terlihat Tipis Atau Tebal
Unsplash

Trik ini bisa kamu terapkan juga untuk memadupadankan warna lipstik pada bibirmu. Misalnya, jika bibirmu tebal di bagian atas, sebaiknya kamu memakai warna lipstik yang cerah di bagian bawah bibir dan warna yang sedikit gelap atau sama dengann bagian atas bibir.

Namun, jika bibirmu termasuk yang tebal di bagian bawah, kamu bisa memakaikan warna apapun yang cocok dengan jenis warna kulitmu. Setelah itu, padukan dengan warna nude yang terang tepat di tengah-tengah bibir atas.

Untuk jenis bibir asimetris, kamu harus menggunakan tambahan pensil bibir. Hal ini bertujuan untuk membuat bentuk bibirmu lebih indah dengan warna lipstik yang sama dengan warna pensil lipstikmu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru