8 Fungsi Pasta Gigi yang Jarang Diketahui
Lifestyle

Pasta gigi bukan hanya memiliki satu fungsi saja, masih banyak rahasia mengenai kegunaan pasta gigi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

WowKeren - Hampir setiap hari manusia tidak akan lepas dari pasta gigi. Penggunaan minimal pasta gigi dalam satu hari biasanya hanya tiga kali, saat mandi pagi dan sore lalu ketika akan beranjak tidur. Pasta gigi bisa disejajarkan dengan sabun yang fungsinya untuk membersihkan gigi, menghilangkan plak serta membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang. Umumnya pasta gigi berwarna putih dengan kandungan bahannya berupa agen abrasif.

Kandungan tersebut bisa juga disebut sebagai bahan kasar yang terdiri dari kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat dan magnesium trislikat. Fungsinya untuk mengusir sisa makanan, bakteri dan menghilangkan noda pada gigi. Rupanya pasta gigi juga memiliki fungsi untuk kehidupan sehari-hari yang sangat beragam.

Bahkan kegunaanya jauh dari apa yang kalian pikirkan selama ini, seperti contohnya menghilangkan goresan pada kaca terutama layar smartphone. Bukan hanya itu masih banyak manfaat pasta gigi untuk bahan-bahan lainnya. Simak yuk delapan manfaat pasta gigi yang masih jarang kalian ketahui.

(wk/Kres)

1. Mengobati Iritasi Gigitan Serangga


Mengobati Iritasi Gigitan Serangga

Pada pasta gigi terdapat kandungan bahan antimikroba yang terdiri dari bakteriostatik, zinc citrate dan bakterisidal. Kandungan ini benar-benar bermanfaat untuk membunuh bakter-bakteri yang berkembang dalam mulut. Itulah sebabnya pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi yang disebabkan gigitan serangga.

Oleskan pasta gigi pada luka bekas gigitan secukupnya lalu biarkan hingga mengering. Zat yang terkandung dalam odol akan membuat luka mengering sehingga penyembuhannya lebih cepat. Selain itu pasta gigi juga menghambat pembengkakan yang terjadi akibat iritasi. Baiknya lakukan ini sebelum tidur secara rutin.

2. Mengatasi Jerawat dan Komedo


Mengatasi Jerawat dan Komedo

Untuk urusan yang satu ini pasti para wanita akan sangat tertarik. Pasalnya, jerawat dan komedo ini sudah menjadi keluhan berbagai lapisan masyarakat. Sehingga tak heran jika iklan produk yang menawarkan penghilang jerawat dan komedo begitu laris di pasaran. Sebelum membeli produk-produk tersebut, kalian bisa memanfaatkan pasta gigi untuk sementara waktu. Disarankan untuk menggunakan odol berwarna putih. Kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk mnagtasi iritasi gigitan serangga rupanya juga bisa menanggulangi jerawat dan komedo. Sebab kandungan tersebut menghambat perkembangan bakteri yang ada di wajah.

Caranya, cukup oleskan pada bagian jerawat yang membengkak, dan hidung yang berkomedo sebelum tidur. Keesokan paginya cuci dan bias dengan air bersih. Pengguaan pasta gigi ini juga dapat melawan keriput, munculnya noda hitam maupun masalah kulit berminyak.

3. Menghilangkan Beakas Krayon di Dinding


Menghilangkan Beakas Krayon di Dinding

Memiliki buah hati adalah impian tiap pasangan. Hadirnya makhluk kecil itu semakin melangkapi kebahagiaan dan dapat menjadi pelipur lara kala menghadapi penatnya masalah pekerjaan. Namun saat mereka tumbuh dan berkembang dengan segala tingkah lakunya, maka orang tua harus siap dengan segala konsekuensinya. Salah satunya masalah yang kerap dihadapi oleh para orang tua adalah aktifnya mereka menyalurkan ekspresi melalui kegiatan menggambar.

Sayangnya media yang digunakan adalah tembok dan itu seringkali membuat pusing kepala. Namun semua itu bisa terpecahkan jika kalian memanfaatkan keberadaan pasta gigi untuk membantu menghilangkan noda bekas krayon maupun pensil pada dinding. Caranya oleskan merata pada bagian tembok yang kotor. dan diamkan sejenak. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi untuk memabntu menghilangkan noda. Usahakan bulu sikat dalam keadaan setengah basah, setelah menyikat kalian bisa membilasnya dengan air, nmun jika noda begitu menbandel oleskan lagi pasta gigi di bagian tersebut.

4. Membersihkan Noda Baju Membandel


Membersihkan Noda Baju Membandel

Bukan hanya noda pada dinding saja yang dapat dihilangkan dengan pasta gigi, noda baju juga bisa. Pemanfaatan menghilangkan noda membandel disarankan untuk menggunakan pasta gigi warna putih untuk hasil lebih maksimal. Selain itu pasta gigi warna putih ini mengandung bahan pemutih seperti sodium hexametaphosphate, citroxane, hidrogen peroksida. Bahan-bahan itu dapat memberikan efek putih dan memberikan kesan lebih bersih.

Selain kandungan itu, pasta gigi juga memiliki kandungan deterjen yang terbukti bagus untuk pengelupasan noda membandel. Caranya hampir sama dengan menggunakan deterjen pakaian pada umumnya. Oleskan pasta gigi pada noda, kemudian kucek hingga nodanya hilang.

5. Membuat Sepatu Seperti Baru


Membuat Sepatu Seperti Baru

Sepatu usang sudah sepatutnya dibuang, terlebih warnanya yang sudah tidak putih lagi. Rasanya terlalu terburu-buru untuk membuang sepatu yang warananya usang hanya karena debu dan usia. Kalian bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membuat sepatu menjadi seperti baru lagi. Biasanya yang paling terlihat usang adalah bagian sol sepatunya. Oleskan pasta gigi pada sol dan ratakan, gosok menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai dan dapat menjangkau tempat terkecil sekalipun. Untuk bagian badan atau kanvasnya, agar warnanya tidak pudar, beri campuran air pada pasta gigi, kemudian celupkan sikat dan mulai gosokkan pada sepatu. Lakukan berulang hingga warna kusamnya hilang dan sepatu kalian kembali seperti baru lagi.

6. Membersihkan Perhiasan atau Hiasan dari Perak


Membersihkan Perhiasan atau Hiasan dari Perak

Perhiasan yang dipakaitentu akan kusam karena terpapar debu dan bercampur dengan keringat si pengguna. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa memanfaatkan pasta gigi untuk kembali menadapatkan kilau perhiasan. Jika kalian takut akan rontoknya permata ataupun manik-manik di perhiasan, pilih dulu sikat yang lembut dan dianjurkan menggunakan sikat gigi bekar.

Klian bisa langsung mengoleskan odol pada perhiasan tau membuat campuran sabun yang terdiri dari pasta gigi dan air. Untuk hasil lebih maksimal, celupkan perhiasan yang sudah diolesi pasta gigi ke dalam air sabun tadi. Kemudian gosok bagian yang kusam secara perlahan, maka kalian akan mendapati warana perhiasan yang mengkilap lagi.

7. Menghilangkan Goresan Pada Layar Smartphone


Menghilangkan Goresan Pada Layar Smartphone

Smartphone seolah menjadi kebutuhan pokok bagia sebagian orang. Sehingga saat ada gangguan jaringan internet atau smartphone yang bermasalah, maka akan mengganggu mobilitas sehari-hari. Ponsel genggam kini kebanyakan menggunakan fitir touchscreen, sehingga tak heran jika layar biasanya sangat kotor bahkan ada beberapa goresan. Bagi yang memiliki kocek tebal, ganti smartphone atau ganti LCD (layar) bisa menjadi pilihan namun kalian bisa menghemat dengan cara satu ini.

Cukup oleskan pasta gigi pada layar smarphone yang kotor, gunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata dengan cara berputar. Kemudian bilas menggunakan air, caranya juga sama menggunakan kain untuk kacamata tadi. Selain membantu membersihkan smartphone, pasta gigi juga bisa untuk membersihkan kepingan CD, kacamata, kaca lampu mobil dan kaca lainnya.

8. Singkirkan Permen Karet di Rambut


Singkirkan Permen Karet di Rambut

Saat kecil mungkin kalian pernah mengalami hal satu ini, yaitu permen karet yang menempel di rambut. Entah itu ulah iseng teman atau memang timbul karena kecerobohan kalian sendiri. Kebanyakan cara menyelsaikan masalah ini dengan memotong rambut, namun jika rambut anda indah dan memesona, apakah tega melakukannya?

Pasta gigi dapat menjawab keresahan tersebut. Seperti diketahui, permen karet ini memiliki sifat lengket dan menempel pada benda padat, jika menempel pada rambut maka akan sangat sulit untuk dilepaskan. Caranya cukup oleskan pasta gigi pada rambut yang terkena permen karet, kalian bisa mengoleskan sedikit melebar untuk meminimalisr rasa sakit karena rambut tertarik. Sikat menggunakan sikat gigi tidak terpakai secara halus hingga permen karet mengelupas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru