Cara Membuat 7 Ramuan Tradisional untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Thinkstock
Health

Si kecil sedang kehilangan nafsu makan? Coba kembalikan keinginan makannya dengan 7 resep tradisional ini, yuk.

WowKeren - Makanan yang baik merupakan faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun, terkadang sebagian anak kehilangan nafsu makannya dengan beragam alasan. Seperti gangguan pencernaan, tidak enak badan dan lainnya. Bahkan sebagian juga ada yang hanya malas makan.

Hal tersebut tentu membuat para ibu khawatir. Terutama jika anak tersebut masih dalam usia balita. Berbagai cara dilakukan orang tua untuk mengembalikan nafsu makan sang anak, salah satunya adalah dengan membeli obat atau vitamin di apotek.

Namun, terdapat 7 ramuan tradisional yang ampuh banget buat meningkatkan nafsu makan si kecil. Yuk, ketahui cara membuatnya di sini.

(wk/nris)

1. Ramuan Kunyit dapat Menambah Nafsu Makan Anak


Ramuan Kunyit dapat Menambah Nafsu Makan Anak

Seorang dokter yakni, dr. Prapti Utami MSi menganjurkan untuk memberikan ramuan kunyit pada anak yang mengalami kesulitan makan. Kandungan kurkuminoid di dalamnya dapat menjadi menambah nafsu makan anak. Selain itu, senyawa curcumin mampu mengosongkan lambung dengan cepat sehingga anak akan merasa lebih lapar. Ramuan herbal ini juga dapat meningkatkan enzim pencernaan, menghindarkan anak dari radang serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus kunyit yang telah digeprek ke dalam rebusan air mendidih. Kemudian tutup panci rebusan dan biarkan selama 10 menit dengan api kecil. Setelah itu, saring air rebusan dan tambahkan madu setelah mendingin untuk memperkaya rasa. Berikan ramuan ini pada anak secara rutin.

2. Konsumsi Jeruk atau Lemon untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak


Konsumsi Jeruk atau Lemon untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Jeruk dan lemon merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan tersebut ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sekaligus mengembalikan nafsu makannya. Selain itu, mengonsumsi ramuan dari lemon atau jeruk juga baik guna membunuh kuman dam mengeluarkan racun dalam tubuh.

Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu memerah satu buah lemon. Kemudian tambahkan ke dalam satu gelas air hangat. Konsumsi ramuan tersebut satu hingga dua kali dalam sehari. Maka, nafsu makan anak dapat kembali normal.

3. Tambah Nasfu Makan dengan Ramuan Daun Pepaya


Tambah Nasfu Makan dengan Ramuan Daun Pepaya

Pepaya adalah buah yang digemari sebagian orang. Buah tropis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Rupanya, daun buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan pada anak, lho. Enzim papain di dalamnya berkhasiat untuk menimbulkan rasa ingin makan. Sistem pencernaan yang terganggu juga dapat lancar dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun pepaya.

Ramuan ini terbuat dari daun pepaya yang kemudian ditumbuk. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses pengolahan. Peras daun pepaya tersebut dan saring airnya. Agar tidak terlalu pahit, kalian dapat menambahkan madu.

4. Air Jahe Ampuh Kembalikan Nafsu Makan Si Kecil


Air Jahe Ampuh Kembalikan Nafsu Makan Si Kecil

Jahe mengandung kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya senyawa yang dikandung, bahan dapur satu ini memiliki banyak manfaat seperti mampu meredakan rasa kembung. Jahe juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan dengan meredakan racun yang menyerang pencernaan.

Tumbuh kasar jahe terlebih dahulu sebelum merebusnya dengan dua gelas air. Biarkan air rebusan mendidih hingga tersisa hanya satu gelas. Kemudian tiriskan air tersebut dan tambahkan perasan lemon serta madu. Berikan pada anak sehari sekali pada pagi hari dengan dosis setengah gelas saja.

5. Buat Sendiri Ramuan Lempuyang untuk Anak


 Buat Sendiri Ramuan Lempuyang untuk Anak

Ramuan alami selanjutnya adalah yang terbuat dari tumbuhan lempuyang. Tumbuhan ini telah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menambah nafsu makan si kecil. Ramuan ini cocok untuk anak umur 1-3 tahun atau balita.

Pembuatannya dengan menyiapkan satu ruas jari lempuyang. Kemudian haluskan dan tambahkan air secukupnya. Setelah di aduk-aduk rata, peras campuran tersebut menggunakan kain bersih. Kemudian tambahkan air asam yang sudah diberi gula merah dan garam secukupnya. Konsumsi secara rutin dengan ukuran gelas kecil atau 50 ml.

6. Temulawak Akan Pulihkan Keinginan Makan Anak


Temulawak Akan Pulihkan Keinginan Makan Anak

Temulawak memiliki zat kurkulim yang disebut juga dengan curcuma yang dapat membantu mengembalikan nafsu makan anak. Bahan alami ini pun telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah tersebut sejak dulu.

Untuk membuatnya, kalian memerlukan bahan-bahan berupa 25 gram temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah secukupnya. Kemudian cuci bersih temulawak dan tumbuh kasar. Masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan ke dalam panci bersama air sebanyak 600 ml. Rebus hingga hanya tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut sebelum dikonsumsi.

7. Konsumsi Beras Kencur untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak


Konsumsi Beras Kencur untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Beras kencur adalah resep tradisional yang memang dikenal untuk menambah nafsu makan anak. Ramuan ini sebenarnya bisa ditemukan di toko-toko atau penjual jamu keliling. Tapi, cara membuatnya mudah, kok. Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah.

Siapkan bahan-bahan seperti beras, kencur, jahe dan asam jawa. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut kecuali beras hingga mendidih. Kemudian, pisahkan ampas dengan air rebusan tersebut. Masukkan sedikit beras yang sebelumnya sudah direndam dan dihaluskan. Aduk rata dan tunggu hingga pati beras kencur mengendap di bawah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru