Buah-Buahan Indonesia yang Jarang Diketahui Namanya
bibitbunga.com
Kuliner

Banyak sekali buah-buahan di Indonesia yang rasanya tidak kalah segar, namun sayangnya jarang diketahui nama dan dimana menemukannya.

WowKeren - Indonesia merupakan negeri yang terkenal dengan kekayaan yang sangat melimpah dan beragam. Keberagaman tersebut salah satunya dari beberapa jenis buah-buahan. Seperti diketahui sebelumnya, buah yang paling dikenal di dataran Indonesia dan sering dikonsumsi oleh masyarakatnya adalah jeruk, apel, pisang dan beberapa jenis lainnya.

Di beberapa daerah dan pedalaman rupanya Indonesia menyimpan kekayan buah-buahan yang kaya gizi dan segar. Sayangnya buah-buahan tersebut sangat langka dan musim panennya sangat jarang, sehingga tidak banyak diketahui oleh masyarakat selain dari daerah tersebut.

Atau bisa juga kalian sudah pernah mencicipi buah tersebut, namun tidak tahu apa namanya. Berikut 10 buah langka nan unik yang ada di Indonesia namun jarang diketahui namanya.

(wk/Kres)

1. Buah Kecapi


Buah Kecapi

Buah kecapi memiliki nama ilmiah Sandoricum koetjape atau bisa disebut juga buah sentul atau buah ketuat. Buah ini memiliki bentuk pipih dengan diameter 5-6 cm, kulitnya kuning keemasan dan punya bulu halus namun sangat keras. Rasa buah kecapi yang sudah matang cukup manis dan konon rasanya sedikit mirip dengan buah manggis. Buah ini banyak terdapat di Kalimantan tepatnya Banjarmasin.

2. Buah Wanyi


Buah Wanyi

Buah satu ini juga bisa ditemukan di daerah Kalimantan. Sekilas bentuk buah Wanyi mirip kedondong ataupun mangga muda, namun saat dibuka dagingnya berwarna putih dengan tekstur lembut. Aroma dan rasanya hampir mirip dengan tape, dan memang buah ini memiliki kandungan alkohol cukup tinggi. Buah ini ada dua jenis, wanyi asam dan wanyi manis, untuk wanyi asam meskipun sudah matang rasanya akan tetap asam.

3. Buah Buni


Buah Buni

Buah buni ini kerap ditemukan di daerah Jawa Barat tepatnya Bogor, di sana masih sering dijumpai pedagang rujak buah yang bumbunya menggunakan campuran buah buni yang dihaluskan. Buah buni ini memiliki ciri khas yaitu buahnya berada dalam satu tandan dan mirip cranberry. Buah buni muda memiliki warna kekuningan dan menuju merah kehitam-hitaman. Teksturnya saat dimakan adalah sangat berair dan memiliki pigmen alami sehingga bisa dijadikan pewarna alami.

4. Buah Gowok


Buah Gowok

Buah gowok ini juga kerap disebuat buah kupa dan tergolong dalam jenis jambu-jambuan atau Myrtaceae. Buah ini paling banyak ditemukan di daerah Jawa dan Kalimantan. Rasa dari buah gowok sedikit asam namun sangat segar karena mengandung banyak air di dalamnya, dagingnya berwarna putih dan teksturnya kenyal saat digigit

5. Buah Jamblang


Buah Jamblang

Di daerah Jawa buah ini lebih dikenal dengan sebutan jambu keling, juwet atau duwet dengan nama latin Syzygium cumini. Buah ini sering ditemui dan dibudidayakan di wilayah Asia Tropis dan Australia. Buah ini jika matang berwarna ungu gelap dan rasanya segar, namun terkadang buah jamblang ini sedikit asam dan sepet.

6. Buah Kemang


Buah Kemang

Buah ini sejenis dengan wanyi, mangga dengan baunya yang sangat harum. Namun buah Kemang lebih manis jika dibandingkan dengan wanyi. Buah ini mirip binjai namun terdapat perbedaan diantara keduanya.

7. Buah Manau


Buah Manau

Nama latin dari buah yang memiliki kulit mirip buah salah ini adalah Calamus manan Miq. Buah ini merupakan buah dari pohon rotan dan banyak ditemukan di Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatra dan Kalimantan. Rasa buah ini perpaduan asam dan manis dan biasanya diolah menjadi asinan.

8. Buah Kemundung


Buah Kemundung

Buah yang juga memiliki nama lain buah menteng atau kepundung ini bernama latin Baccaurea racemosa. Bentuknya mirip buah duku, bentuknya bulat dan kulitnya halus. Daging buahnya sedikit karena bijinya besar. Da dua jenis buah menteng, yaitu menteng daging merah dan menteng daging putih. Buah ini rasanya asam, namun jika kalian beruntung bisa mendapatkan yang rasanya manis.

9. Buah Bisbul


 Buah Bisbul

Buah satu ini memiliki kerabat dekat dengan kesemek, namun kebanyakan orang menyebutnya dengan buah mentega. Dalam bahasa Jawa disebut sembolo sedangkan masyarakat Melayu menyebutnya buah lemak. Buah ini berbentuk bulat terkadang gepeng , kulitnya berbulu dan berwarna coklat kemerahan. Rasa buah ini sangat manis dipadu aromanya yang harum.

10. Buah Mundu


Buah Mundu

Buah mundu ini memiliki nama ilmiah Garcinia dulcis dan terdapat paling banyak di Pulau Jawa dan Kalimantan. Buah ini berkerabat dekat dengan manggis dan orang Jawa sering menyebutnya dengan baros atau klendeng, orang Minahasa menyebutnya mamundung sedangkan daerah Sunda menyebut jawura. Kulit buah ini tipis dan halus berwarna kuning terang dan orange ketika matang. Rsanya manis dan asam segar, buah ini bisa langsung dimakan atau diolah menjadi jelly.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel