Ikut Was-Was, Media Asing Sorot Gempa Donggala dan Tsunami Palu
www.telegraph.co.uk
Nasional

Mulai dari The Telegraph, Independent, hingga The Express mengabarkan bencana alam di Indonesia tersebut.

WowKeren - Jumat, 28 September, gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan bahwa gempa terjadi pukul 17.02 WIB sore hari, dengan titik pusat gempa Donggala terjadi di darat, 27 kilometer Barat Laut Donggala dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara itu, lokasi gempa berada di 18 Lintang Selatan (LS), 119,85 Bujur 5 Timur. Tidak lama setelah terjadi gempa, muncul tsunami di daerah kota Palu. Sejumlah saksi mata mengatakan air sempat naik hingga 1,5 meter di Palu. Namun saat ini BMKG telah mencabut peringatan tsunami tersebut karena air telah surut. Kepala BMKG Dwi Korita Karmawati mengkonfirmasi kabar tersebut melalu konferensi pers.

Merasa ikut khawatir dan was-was terhadap bencana alam itu, sejumlah media asing ikut memberitakan tentang gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah ini. Mereka menuliskan terjadinya bencana alam hingga kerusakan yang diakibatkan olehnya.

Salah satunya adalah "Express.co.uk". Mereka menyoroti gempa Donggala dengan artikel yang berjudul "Indonesia earthquake HITS: Huge 7.7 magnitude quake hits Indonesia - Bali tremors felt". Dalam artikel tersebut, mereka mengabarkan bahwa gempa telah mengakibatkan kerusakan bangunan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana pun mengalami kesulitan untuk mencapai beberapa titik lokasi yang terdampak.


Media asing lainnya yang menuliskan tentang gempa dan tsunami di Indonesia ini adalah "Independent.co.uk". Mereka menuliskan bahwa otoritas setempat telah memberikan peringatan pada warga tentang potensi gempa susulan. Artikelnya dibuat dengan judul "Indonesia earthquake: Tsunami warning issued after powerful 7.5-magnitude quake strikes east of Borneo".

"Kami menyarankan orang-orang untuk tetap di daerah aman, tinggal jauh dari bangunan," Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan seperti dilansir "Independent.co.uk.

Selain itu, media asing "The Telegraph" juga memberikan bahwa gempa Donggala juga terasa hingga kota besar di Sulawesi, yaitu Makassar. Di artikel mereka yang berjudul "Indonesia rocked by powerful magnitude 7.5 earthquake", disebutkan bahwa Indonesia adalah negara yang rawan pada bencana. Mereka juga menyebut Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar yang masuk dalam zona "Ring of Fire".

"The Telegraph" memberitakan bahwa gempa Donggala terjadi setelah sebelumnya wilayah Lombok dilanda guncangan hebat yang menewaskan 500 orang. Mereka tak ketinggalan menulis tentang bencana besar yang dialami Indonesia tahun 2004 lalu, saat Tsunami terjadi di Aceh dan menewaskan lebih dari 220 ribu orang.

(wk/dian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel