Didiskualifikasi dari APG 2018, Ini Klarifikasi dan Pesan Menyentuh Miftahul Jannah untuk Para Atlet
Instagram/miftahul_blindjudo
Nasional
Asian Para Games 2018

Miftahul menyampaikan pesan tersebut usai bertemu langsung dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

WowKeren - Indonesia sedang menjadi tuan rumah pesta olahraga bagi penyandang disabilitas se-Asia, Asian Para Games 2018. Pembukaan acara tersebut berlangsung meriah pada Sabtu (6/10) kemarin. Asian Para Games 2018 kali ini akan berlangsung hingga Sabtu (13/10) mendatang.

Akan tetapi, di tengah-tengah pertandingan, terdapat kabar kurang menyenangkan yang menimpa salah satu atlet judo perwakilan Indonesia, Miftahul Jannah. Ia harus rela didiskualifikasi sebelum pertandingan lantaran menolak melepaskan hijabnya. Diketahui, salah satu aturan menyebutkan bahwa atlet judo harus melepaskan penutup kepala ketika sedang bertanding lantaran alasan keamanan.


Menjadi perbincangan di media sosial, Mifta akhirnya memberikan klarifikasi lewat unggahan video yang dibagikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, melalui akun Instagram miliknya. Dalam kesempatan tersebut, terlihat Mifta memberikan beberapa pernyataan terkait diskualifikasi dirinya dari pertandingan judo pada Senin (8/10) kemarin.

Video dibuka dengan ucapan salam yang disampaikan Imam kepada Miftahul. Ia kemudian menanyakan perihal diskualifikasi sebelum bertanding yang dialaminya. "Waalaikumsalam, tadi peristiwanya Miftah melanggar aturan tetapi mempertahankan prinsip," jelas Miftahul.

Lebih lanjut, Imam juga menanyakan perihal peraturan melepaskan hijab dalam pertandingan judo. "Jadi prinsipmu dilaksanakan dengan baik tidak mau melepas jilbabnya gitu? Tapi regulasinya begitu ya aturannya ya?" tanya Imam.

Mifathul kembali menegaskan bahwa ia memang memilih untuk mempertahankan prinsipnya. "Iya regulasinya seperti itu, tapi prinsip Miftah pun harus Miftah jalani," tegas Miftah.

Pada akhir video, Imam meminta Miftahul untuk memberikan pesan kepada para atlet di Asian Para Games lain yang sedang berjuang memperebutkan medali untuk Indonesia. "Untuk semuanya kalau bisa mendukung penuh untuk Asian Para Games. Buat teman-teman jadilah kebanggaan bagi Indonesia. Raihlah medali sebanyak-banyaknya," ujar Miftahul.

You can share this post!

Related Posts
Loading...