7 Objek Wisata di Sulawesi Tengah yang Pesonanya Tak Terbantahkan
pedomanwisata.com
Travel

Sebelum tertimpa bencana, Sulawesi Tengah memiliki banyak sekali lokasi wisata mengagumkan.

WowKeren - Kota yang kerap diperbincangkan dari Sulawesi adalah Makassar. Pengunjung selalu tertarik untuk mendatangai wilayah tersebut. Namun pada kenyataannya, masih banyak lokasi wisata yang tersimpan di pulau tersebut. Salah satunya di daerah Sulawesi Tengah yang beberapa waktu lalu mengalami bencana cukup besar. Sebelum adanya kekacauan tersebut, Sulawesi Tengah memiliki banyak surga terpendam.

Bukan hanya lautan dan pantai yang membuat mata kita terpuaskan oleh warna biru yang menyegarkan. Namun wisata semacam pusentasi yang jarang ditemui di tempat lain, bisa kalian rasakan di sini. Beragam jenis wisata yang bisa menyegarkan pemandangan serta menambah wawasan tentang prasejarah bisa kalian lihat.

Simak daftar wisata yang pernah menjadi primadona bagi Sulawesi Tengah di sini.

(wk/Kres)

1. Pusentasi di desa Limboro


Pusentasi di desa Limboro

Objek wisata satu ini selalu menempati urutan pertama dalam daftar yang harus dikunjungi oleh wisatawan. Pusentasi merupakan pusar air laut yang membentuk gua hingga dapat terlihat hingga permukaan tanah. Dari sini kalian bisa melihat pusaran air laut yang begitu jernih dan indah. Lokasi wisata satu ini berada di Desa Limboro kecamatan Banawa Tengah, Donggala. Tepatnya sekitar 12 km dari kota Palu.

Istimewanya, belum banyak yang tahu wisata pusentasi ini, jadi bisa dibilang tempatnya masih bersih karena jarang tersentuh. Pusentasi masuk kategori wisata pantai yang memiliki bentuk seperti sumur berdiameter 10 cm dengan kedalaman sekitar 7 meter. Oleh sebab itu, jangan heran jika rasa air di Pusentasi ini sedikit asin. Uniknyaair di dalam sumur raksasa ini akan pasang bila air laut sedang surut dan sebaliknya akan surut jika air laut sedang pasang.

2. Jembatan Palu di atas Teluk Talise


Jembatan Palu di atas Teluk Talise

Jembatan Palu yang menjadi objek wisata ini layaknya Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Jembatan yang identik dengan warna kuning ini telah diresmikan oleh Presiden RI kala itu Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Palu terbentang di atas Teluk Talise yang tepat berada di Kelurahan Besusu dan Lere. jembatan ini menjadi satu-satunya jembatan lengkung yang ada di Indonesia.

Karena keunikannya tersebut, menjadikan Jembatan Palu sebagai salah satu ikon tersohor di daerah tersebut. Meskipun belum berdiri hingga satu abad, namun rupanya jembatan ini menyimpan cerita mistis. Masyarakat sekitar mempercayai di waktu-waktu tertentu mereka akan melihat keberadaaan buaya muara. Kemunculan hewan buas ini selalu dikaitkan dengan permintaan tumbal. Namun lama kelamaan masyarakat sudah terbiasa dengan kemunculannya. Jika kalian ingin menikmati keindahannya, lebih baik datang ke Jembatan Palu saat malam hari. Gemerlap lampu di sepanjang jembatan layak untuk kalian nikmati, sayangnya wisata ini emnjadi salah satu yang terkena dampak dari bencana sehingga menyisakan puing-puingnya.

3. Danau Poso Terbesar Ketiga di Indonesia


Danau Poso Terbesar Ketiga di Indonesia

Satu lagi wisata di Sulawesi Tengah yang masuk kategori wisata pantai, yaitu Danau Poso. Keindahannya begitu berbeda dengan danau yang ada di Indonesia pada umumnya. Danau Poso memiliki hamparan pasir putih di tepi danau, hingg pasir-pasir putih ini sampai menutupi tepi danau. Danau ini memiliki panjang sekitar 32 km dan lebar 16 km, serta titik kedalaman sekitar 510 meter. Tak heran jika Poso menjadi salah satu danau paling dalam di Indonesia serta danau terbesar ke-3 di Indonesia

Danau ini dikelilingi perbukitan di area hutan kalian bisa menikmati pamndangan yang menawan serta merasakan kesejukannya. Jika ingin berjalan-jalan menyusuri perairan, kalian bisa menyewa perahu motor yang telah disediakan di tepi danau. Meskipun tempat wisata, namun kalian bisa melihat kehidupan masyarakat sekitar dalam kesehariannya. Di salah satu sisi Danau Poso, kalian juga bisa mengunjungi konservasi anggrek terbesar yang ada di Indonesia yakni Taman Wisata Alam bancea. Di taman ini kalian bisa menikmati keindahan bunga anggrek dari berbagai macam jenis.

4. Wisata Taman Nasional Lore Lindu


Wisata Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu atau biasa dikenal dengan TNLL ini merupakan warisan alam yang sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Selain itu, taman ini dijadikan cagar bipsfer dunia (suatu kawasan yang terdiri dari ekosistem asli, ekosistem unik dan ekosistem yang mengalami degradasi). TNLL ini berada di Kabupaten Donggala dan telah diresmikan sejak tahun 1993. Kawasan TNLL ini merupakan habitat mamalia asli yang ada di Sulawesi. Di sana juga terdapat patung-patung megalit yang memiliki usia emncapai ratusan hingga ribuan tahun

Saat ini TNLL mengembangkan dua objek wisata unggulan yang berada di kawasan hutan lindung. Kedua objek wisata itu adalah pengakaran burung maleo (macrocephalon maleo) dan Danau Tambing. untuk penangkaran burung maleo terletak di Desa Saluki Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi. Berbagai sarana dan prasarana di dua lokasi obejek wisata yang mulai banyak dikunjungin oleh turis ini sudah mulai dibenahi.

5. Air Terjun Saluopa


Air Terjun Saluopa

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memang memiliki banyak wisata air dan pantai yang sayang untuk dilewatkan. Seperti halnya Air Terjun Saluopa yang berada di Sulawesi Tengah. Air Terjun ini memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang sangat jernih. Serta air yang meluncur dari air terjun ini sangat deras dengan ketinggian sekitar 25 meter. Jika kalian datang kesini, bukan hanya keindahan air terjunnya yang bisa nikmati. Namun masih ada keindahan lainnya yaitu 12 tingkatan di air terjuan yang seolah membentuk kolam-kolam kecil.

Lokasi dari wisata Air terjun Saluopa yang pesonanya tak terbantahkan ini berada di kawasan Desa tonsu yaitu Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso. Untuk emncapai tempat ini dibutuhkan perjalanan yang panjang dengan jalan kaki. Satu lagi yang emmbuat pesona Air Terjun Saluopa tidak bisa dilewatkan adalah terkadang diantara air terjun muncul pelangi. Hal itu tentu saja memanjakan mata dan momen-momen seperti ini layak dijadikan latar foto anda.

6. Tugu Perdamaian nan Ikonik


Tugu Perdamaian nan Ikonik

Pembangunan tugu yang ditetapkan sebagai ikon perdamaina ini berada di wilayah SUlawesi Tengah tepatnya kota Palu. Tugu ini berdiri dengan kokoh dan megah di perbukitan wilayah Kelurahan Tondo, kecamatan Mantikulore. Pembangun tugu yang memiliki ikon sebuah gong raksasa ini berada di atas lahan seluas 800 meter persegi. Gong raksasa di sana berdiameter sekita 2 meter dengan berat sekitar 180 kilogram.

Kunjungan kalian ke tempat yang satu ini tidak hanya dimanjakan oleh adanya gong raksasa. Namun kalian juga bisa melihat dan merasakan keindahan panorama alam teluk Palu, karena tugu ini berada di antara bukit belapis.

7. Kepulauan Togean di Teluk Tomini


Kepulauan Togean di Teluk Tomini

Kepualauan ini terletak di Teluk Tomini. letaknya memang sangat terpencil, namun keindahan yang ditawarkan tidak bisa disepelekan begitu saja. Jika kalian mengunjungi tempat ini itu artinya harus bersiap untuk tidak berkomunikasi dengan masyarakat luar karena jaringan operator seluler sangat susah. Jadi, di tempat ini kalian cukup menikmati liburan dan indahnya pemandangan alam. Kepulauan Togean layaknya surga bagi pecinta olahraga bawah air. Terbentang seluyas 102 kilometer dengan luas daratan sekitar 755 km persegi dan memiliki sekitar 66 gugusan pulau yang tersebar luas di tengah Teluk Tomini.

Secara administratif kepuauan ini berada di Kabupaten Tojo Una-una. Tempat ini seringkali dikenal dengan nama Togian Island atau Taman Nasional Kepulauan Togena. Keindahan bawah laut dari tempat ini sungguh sangat menakjubkan. pemerintah sekitar yang mengetahui potensi dari wisata ini selalu melindungi demi kelestariannya. Kepulauan Togean ini menjadi salah satu tempat yang memiliki kekayaan hayati bawah laut dari seluruh biodiversitas dunia dan tercatat dalam daftar wilayah Coral Triangle. Tak hanya bawah lautannya saja yang indah, wisata daratannya juga menakjubkan. Pulau-pulau yang berjejer dan keasrian hutan menjadi sajian tersendiri untuk mata kalian.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait