Penutupan Asian Para Games 2018, Jokowi Berhalangan Hadir
Twitter/BadmintonTalk
Nasional
Asian Para Games 2018

Digantikan oleh Jusuf Kalla, sang Wakil Presiden mengucapkan terima kasih pada seluruh atlet yang berpartisipasi dalam Asian Para Games 2018.

WowKeren - Upacara penutupan ajang Asian Para Games 2018 tengah berlangsung pada malam ini, Sabtu (13/10) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dalam upacara ini, Daniel Mananta dan Ary Kirana didapuk menjadi presenter bagi penutupan ajang pesta olahraga terbesar se-Asia bagi para penyandang disabilitas tersebut.

Dia awal acara, ada sekitar 100 polisi cilik beraksi di pesta penutupan Asian Para Games 2018 dengan melakukan formasi barisan mengawali pengibaran bendera. Polisi cilik sendiri merupakan program binaan Korlantas dan Polda Metro Jaya yang menerapkan kedisiplinan sejak dini bagi anak-anak sekolah yang dilatih oleh kepolisian. Setelahnya, lagu kebangsaan "Indonesia Raya" berkumandang mengiringi pengibaran bendera.


Pasca pengibaran bendera, Daniel dan Ary memimpin penonton untuk mengheningkan cipta sejenak guna mendoakan masyarakat di Sulawesi Tengah yang menjadi korban gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. "Sejenak marilah kita mengeningkan cipta untuk masyarakat di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah," ujar kedua host kondang tersebut.

Keadaan Stadion pun menjadi hening dan khidmat. Seolah semua tamu, atlet, maupun penonton yang datang turut larut dalam suasana syahdu demi memberikan doa pada para korban bencana.

Setelahnya, prosesi upacara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Presiden Republik indonesia, Jusuf Kalla. Hal ini lantaran Presiden RI, Joko Widodo berhalangan hadir karena menghadiri jadwal di luar kota. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih pada seluruh atlet yang berpartisipasi dalam Asian Para Games 2018, para volunteer, serta seluruh masyarakat yang mendukung kesuksesan ajang ini.

"Anda semua adalah pemenang, bukan saja di arena kompetisi tetapi pemenang bagi kemanusiaan. Terima kasih karena telah memberikan kami sebuah kompetisi yang menyenangkan," ungkap sang wapres.

"Sepanjang minggu ini anda semua telah menunjukkan bahwa anda jauh lebih kuat, lebih baik dan lebih mampu daripada yang dipikirkan semula. Memang anda berkebutuhan khusus, memang anda ada kekurangan tapi tidak kekurangan semangat, tidak kekurangan prestasi dan tidak kekurangan kejayaan," imbuhnya.

Di sisi lain, dalam ajang Asian Para Games 2018 ini, Indonesia berhasil menunjukkan prestasi gemilang. Para atlet kebanggaan Tanah Air sukses meraih sebanyak 135 medali. Angka tersebut merupakan jumlah dari medali perunggu sebanyak 51, 47 perak, dan 37 emas. Perolehan medali tersebut juga berhasil menaikkan Indonesia ke peringkat lima, yang sebelumnya cukup lama bertengger di posisi keenam.

Pencapaian gemilang para atlet di Asian Para Games 2018 pun disyukuri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Imam juga berterima kasih atas kerja keras apara atlet dan pelatih, serta masyarakat yang sudah memberikan banyak dukungan.

"Alhamdullilah, alhamdulillah. Terima kasih Ya Allah, terima kasih dukungannya masyarakat Indonesia, suporter," ungkap Imam belum lama ini. "Dan terimakasih kepada atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang telah berjuang di Asian Para Games 2018."

You can share this post!

Related Posts
Loading...