Kesal Internet Lambat, 6 Cara Ini Dapat Tingkatkan Kecepatannya di Android Anda
tech-worm.com
Tekno

Internet lambat bukan hanya karena jaringan, namun kinerja ponsel android yang terlalu banyak.

WowKeren - Kehadiran internet di masa kini nampaknya sudah seperti kebutuhan primer bagi sebagian orang. Kebutuhan informasi mengenai apapun bisa kalian dapatkan dengan memanfaatkan internet. Bahkan untuk sekedar berhubungan dengan teman maupun kerabat dekat, saat ini juga membutuhkan internet. Sayangnya kondisi internet terkadang tidak terlalu memuaskan karena kecepatannya yang sangat lambat.

Hal ini tentu saja sering memicu kekesalan, karena kebutuhan akan informasi tidak segera terpenuhi. Selain itu juga menghalangi hubungan terhadap orang terdekat maupun relasi. Rupanya keterlambatan koneksi internet itu tidak hanya disebabkan dari gangguan provider saja, namun juga pengaturan serta pemakaian dari ponselnya.

Untuk menghindari kekesalan akibat internet yang lemot, kalian bisa melakukan enam cara ini.

(wk/Kres)

1. Blokir Iklan


Blokir Iklan

Internet yang lambat terkadang juga karena adanya banyak iklan yang cukup mengganggu. kalian bisa memulai untuk memblokir iklan menggunakan aplikasi bawaan ponsel android atau bisa kalian dapatkan melalui Google Playstore. Ad-Blocker merupakan layanan aplikasi yang sering digunakan untuk menghilangkan iklan mengganggu. Keberadaan iklan saat kalian browsing di internet melalui ponsel akan membuat lemot. Karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan.

Bahkan iklan bisa menyedot hingga 80% kuota internet, jadi jangan heran jika tidak melakukan blokir maka kuota yang terpakai semakin banyak dan boros. Penggunaan Ad-Blocker biasanya terpakai untuk Opera dan UC Browser. Sementara untuk memblokir semua jenis iklan di ponsel android kalian bisa menggunakan AdAway tapi ponsel harus punya akses root.

2. Hapus Cache


Hapus Cache

Cache adalah salah satu hal yang sering terlupakan ketika kita merasa internet di hp Android kita lambat. Dan pasti aka menyimpan banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa berfungsi dengan baik. Karena semakin sering digunakan maka cache akan menyimpan banyak hal yang tidak penting dan membuat performa lambat. Karena cache yang menumpuk akan memakan penyimpanan internal ponsel dan efeknya akan mempengaruhi koneksi internet.

Karena masalah cache ini, ada dua cara mempercepat koneksi internet Android yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master. Kalian juga bisa melakukan penghapusan cache dengan masuk ke settings - aplikasi - pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya - clear cache - lanjutkan di aplikasi berikutnya.

3. Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only


Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only

Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, jadi tidak perlu menggunakan jaringan yang ada di bawahnya lagi. Jika memang kalian ingin koneksi internet cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA. Cara mengaktifkannya pun mudah, kalian langsung saja masuk ke menu setting. Langkahnya seperti ini, settings - more - mobile network - network mode - pilih jaringan "3G Only" atau "4G Only

Selain itu kalian juga meningkatkan koneksi sampai 200% menggunakan speed optimizer. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan. Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan jika kalian telah melakukan root pada android masing-masing.

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu


Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Menggunakan aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menurunkan kecepatan internet. Sebab harus membagi rata di setiap aplikasinya. Padahal, hal ini bisa memperlambat performa ponsel kamu karena kinerja RAM menjadi semakin berat guna mengakomodir semua aplikasi yang terbuka itu. Jadi untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal, buka aplikasi yang diperlukan saja.

5. Gunakan Smart VPN


Gunakan Smart VPN

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi jaringan internet di Indonesia tidaklah stabil, antar area bisa berbeda kekuatan koneksinya. Bahkan untuk browsing melalui Google saja harus membutuhkan waktu beberapa menit. Jika informasi yang dibutuhkan itu sangat genting, maka bisa dipastikan kalian akan kehilangan momentum berita. Untuk mempercepat, kalian bisa menggunakan VPN.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia di Google Playstore, kalian bisa memilih sesuai rating yang paling tinggi. Selain bisa mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN juga bisa dimanfaatkan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah. Namun untuk yang satu itu penggunaannya harus lebih bijaksana dan tidak boleh semabarangan. Cara kerja VPN untuk fitur adalah dengan mengubah alamat IP dengan VPN khusus yang bisa mempercepat koneksi internet.

6. Non Aktifkan Auto-Syncronize


Non Aktifkan Auto-Syncronize

Auto Syncrone akan menyebabkan kecepatan internet kita menurun. Sehingga kalian non aktifkan saja. Caranya sangat mudah cukup masuk ke notifikasi bar dengan menggeser ponsel android dari atas ke bawah. Lalu klik bagian auto sync.

Pasalnya dengan adanya auto sync, maka pencarian yang kalian lakukan terhubung dengan beberapa aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah yang telah diatur untuk salaing singkronisasi seperti email dan beberapa akun seperti Instagram, Twitter dsb.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru