Traveling Tak Perlu Mahal, Ini 7 Tips Liburan Hemat dengan Uang Pas-Pasan
Travel

Liburan sejatinya tak perlu mengeluarkan uang cukup banyak. Kalian dapat menyiasati pengeluaran saat liburan dengan 7 tips ini.

WowKeren - Berlibur merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu setelah menghabiskan waktu dengan pekerjaan di kantor. Dengan berlibur seseorang seperti sedang menyegarkan pikirannya dan membuang jauh-jauh rasa jenuh di kepala.

Saat berlibur biasanya seseorang akan merencanakannya bersama teman-teman. Liburan bersama memang membuat suasana terasa lebih ramai dan enjoy. Namun, sebagian orang memilih untuk solo traveling atau berlibur sendirian saja.


Nah, saat merencanakan liburan, hal yang paling penting untuk dipikirkan adalah soal biaya. Seperti kalian ketahui berlibur ke lokasi yang jauh tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari transportasi, penginapan, makan, uang masuk lokasi wisata dan masih banyak lagi.

Meskipun tidak biaya berlebih, kalian masih bisa liburan, kok. Bagaimana sih caranya liburan hemat dengan uang pas-pasan? Simak tipsnya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Rencanakan Liburan Saat Low Season


Rencanakan Liburan Saat Low Season

Salah satu hal yang paling penting saat ingin berlibur dengan uang pas-pasan adalah melihat waktu yang tepat. Jika ingin menghemat biaya sebaiknya kalian memilih tanggal saat low season. Pasalnya, akomodasi saat musim liburan alias high season pasti serba naik.

Saat low season tentunya harga tiket transportasi, penginapan hingga masuk ke lokasi wisata masih normal. Bahkan, terkadang banyak yang mengadakan promo, lho. Mungkin harga promo yang ditawarkan tidak berkurang banyak, namun tetap dapat mengikis pengeluaran. Atau kalian dapat memasukkan potongan tersebut untuk biaya makan atau membeli oleh-oleh.

2. Bawa Barang dan Pakaian Seperlunya Agar Hemat Bagasi


Bawa Barang dan Pakaian Seperlunya Agar Hemat Bagasi

Berlibur merupakan ajang yang tepat untuk mengabadikan momen. Setiap orang pasti ingin tampil maksimal dalam foto yang akan terus dikenang nanti. Namun, penampilan kece pastinya terkait dengan barang bawaan yang membludak.

Jika kalian ingin berhemat sebaiknya bawa barang dan pakaian yang diperlukan. Kalian dapat membawa beberapa pakaian yang dapat dikombinasikan sehingga tetap terlihat maksimal saat berfoto. Selain itu, jangan membawa sepatu berlebih. Hal ini hanya akan membuat bagasi kalian kelebihan muatan.

Saat liburan pun, kalian pasti tidak mau direpotkan dengan banyak tas bawaan, kan? Maka dari itu cobalah mengepak semua barang agar muat dalam satu koper. Tips tersebut ampuh banget loh buat menghemat pengeluaran karena bagasi.

3. Usahakan Alat Mandi Bawa Dari Rumah


Usahakan Alat Mandi Bawa Dari Rumah

Alat mandi adalah barang yang harus dibawa saat berlibur. Untuk menghemat pengeluaran, jangan sepelekan benda-benda ini, lho. Kalian harus membawanya dari rumah. Pasalnya, harga peralatan mandi di luar negeri mungkin saja lebih mahal daripada Indonesia.

Selain itu, kalian lebih mengenal peralatan mandi yang di jual di sini. Ada kemungkinan benda-benda yang dijual di sana tidak cocok dengan kulit tubuh, wajah, rambut atau mulut kalian.

4. Gunakan Transportasi Murah atau Promo


Gunakan Transportasi Murah atau Promo

Biaya liburan biasanya akan paling banyak keluar untuk transportasi. Untuk menyiasati hal ini, kalian perlu lebih rajin mencari tempat penjualan tiket transportasi yang tengah mengadakan promo atau memiliki harga yang lebih murah.

Selain itu, untuk transportasi saat sampai di lokasi liburan pun perlu diperhatikan. Hemat pengeluaran dengan menggunakan angkutan umum atau bus. Hindari memakai taksi karena pasti akan menguras kantong.

5. Menginap di Rumah Saudara, Teman atau Hostel Murah


Menginap di Rumah Saudara, Teman atau Hostel Murah

Ingin berlibur dengan uang pas-pasan? Mencari penginapan murah adalah jalan keluar yang tepat. Mungkin kalian dapat merencanakan liburan ke tempat di mana terdapat saudara atau teman yang berada di sana. Jadi, biaya penginapan bisa hingga nol rupiah alias gratis.

Namun, jika tidak memiliki teman atau saudara, coba untuk mencari tempat penginapan yang murah. Kalian bisa memilih hostel atau homestay untuk harga yang lebih murah ketimbang hotel. Lagi pula, tujuan berlibur bukan untuk berlama-lama di kamar hotel mewah, kan?

6. Kurangi Pengeluaran untuk Makan


Kurangi Pengeluaran untuk Makan

Liburan memang tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya makanan. Berkunjung ke tempat baru bakal bikin kalian ingin mencoba setiap makanan khas di daerah tersebut. Eits, tapi tetap ingat budget ya saat membeli jajanan.

Kalian juga dapat membeli makanan di warung kaki lima atau warteg. Hindari restoran fast food yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan tempat makan di pinggir jalan. Namun, kalian tetap harus memperhatikan kebersihan lokasinya, ya. Jangan sampai sakit saat sedang berlibur.

7. Berkunjung ke Lokasi Wisata yang Gratis atau Tak Perlu Biaya Mahal


Berkunjung ke Lokasi Wisata yang Gratis atau Tak Perlu Biaya Mahal

Nah, liburan tak ada artinya jika tidak berkunjung ke lokasi wisata, kan? Namun, berlibur tidak harus ke tempat wisata yang mahal, kok. Banyak destinasi wisata yang menawarkan hal menarik walaupun dengan harga yang murah.

Kalian dapat mengunjungi alun-alun kota atau tempat yang ikonik di suatu negara, museum, candi, pantai dan masih banyak lagi. Biasanya lokasi tersebut harga masuknya lebih murah ketimbang destinasi wisata dengan wahana menarik dan waterboom.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru