Mengobati Depresi Hingga Radang Prostat, Ini 8 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan
Health

Daun sirih tidak hanya digunakan untuk organ vital wanita, masih banyak manfaat lainnya, lho. Mau tahu?

WowKeren - Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Saat ini, daun sirih telah menjadi bahan utama dalam produk kewanitaan. Kegunaannya yang paling terkenal memang terkait dengan masalah organ intim wanita.

Namun, manfaat daun sirih tak hanya seputar hal tersebut, lho. Masih banyak kegunaan daun satu ini yang belum kalian ketahui, kan? Mulai dari menghilangkan bau badan, penyembuhan luka, dan masih banyak lagi.

Berikut 8 manfaat daun sirih untuk kesehatan kita. Yuk simak artikel ini.

(wk/nris)

1. Daun Sirih Dapat Menurunkan Gula Darah


Daun Sirih Dapat Menurunkan Gula Darah

Daun sirih punya manfaat besar bagi penderita diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang meminum air rebusan air sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubu, bisa membantu menurunkan kadar gula pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tiper 2. Hal ini karena daun sirih memiliki antioksidan tinggi yang dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Untuk penggunaan daun sirih, sebaiknya penderita mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, jangan sampai ada resiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan obat. Daun sirih yang digunakan sebagai pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya.

2. Metode Tradisional Menghentikan Mimisan dengan Daun Sirih


Metode Tradisional Menghentikan Mimisan dengan Daun Sirih

Salah satu manfaat daun sirih yang terkenal adalah untuk menghentikan mimisan. Antioksidsan tanin di dalamnya mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Untuk penggunaannya sangat mudah. Kalian cukup mencuci bersih satu hingga dua lembar daun sirih kemudian remas kasar hingga mengeluarkan wah khas. Setelah itu, gulung daun sirih dan masukkan ke dalam hidung secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih setengah jam hingga darah benar-benar berhenti keluar.

3. Menyembuhkan Diare Menggunakan Daun Sirih


Menyembuhkan Diare Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan seperti diare. Kavikol di dalamnya memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Kandungan tanin juga baik untuk mencegah diare.

Selain itu, daun sirih juga efektif mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun serta radikal bebas yang berbahaya. Tanaman ini juga mampu menormalkan kembali pH lansung untuk meredakan maag dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

4. Manfaat Daun Sirih Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka


Manfaat Daun Sirih Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar ringan. Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Stres oksidatif pada seseorang yang mengalami luka bakar akan meningkat. Nah, hal itu akan menghambat proses penyembuhan luka. Selain itu, daun sirih juga merupakan antiseptik yang luar biasa. Tumbuhan ini bakal memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena kandungan polifenol yang tinggi.

Untuk menggunakan daun sirih, kalian perlu menyiapkan madu kan kain tipis. Pertama, tumbuh daun sirih hingga halus setelah dicuci bersih. Kemudian letakkan pada kain tipis dan peras airnya hingga keluar. Tambahkan madu secukupnya, aduk hingga rata dan oleskan cairan tersebut pada luka bakar.

5. Daun Sirih Digunakan untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah


Daun Sirih Digunakan untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kesulitan menurunkan kolesterol atau tekanan darah? Daun sirih bisa jadi pilihan yang tepat. Antioksidan di dalam daun sirih dapat melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif sehingga menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL atau yang biasa disebut lemak jahat.

Sementara itu, untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kalian dapat merebus tiga hingga empat lembar daun sirih merah dan meminum air rebusan tersebut. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga tekanan darah menurun.

6. Daun Sirih Membantu Menurunkan Gejala Depresi


Daun Sirih Membantu Menurunkan Gejala Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit mental yang cukup menyiksa. Biasanya penderita mengalami perasaan murung, gelisah, kesal dan emosi lain yang tak stabil. Penyakit ini cukup berbahaya lantaran dapat menyebabkan penderitanya melakukan bunuh diri.

Nah menurut penelitian, daun sirih dapat membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Dengan mengunyah atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu orang untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

7. Mengobati Radang Prostat dengan Daun Sirih


Mengobati Radang Prostat dengan Daun Sirih

Daun sirih, khususnya daun sirih merah dapat menjadi obat untuk masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

Untuk pengobatan radang prostat dengan daun sirih, kalian cukup merebus tiga hingga lima lembar. Konsumsi air rebusan tersebut setiap hari sebanyak tiga kali.

8. Daun Sirih Dapat Menghilangkan Bau Badan


Daun Sirih Dapat Menghilangkan Bau Badan

Bau badan dapat kalian atasi dengan daun sirih, lho. Manfaat ini sepertinya sudah banyak diketahui sejak dulu. Kandungan eogenol, kavinol dan zat samak di dalamnya dapat membantu mengusir bau badan.

Penggunaannya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih. Kemudian tambahkan madu untuk menyingkirkan rasa ketir dalam rebusan daun sirih. Minum secara teratur rebusan tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait