Ini Kata Surya Saputra Soal Anak Pakai Kacamata Sejak Usia 18 Bulan Demi Hindari Kebutaan
Selebriti

Surya mengungkap pendapatnya soal kondisi Bima yang didiagnosa menderita penyakit mata bawaan ROP (retinopathy of prematurity).

WowKeren - 20 November 2016, Surya Saputra dan Cynthia Lamusu dikaruniai bayi kembar putra dan putri. Buah hati Surya dan Cynthia itu diberi nama Bima serta Tatjana.

Saat ini, putra-putri kecil Surya serta Cynthia itu hampir berusia 2 tahun. Mereka tampak aktif ceria saat bermain dan melakukan kegiatan sehari-hari.


Namun dibalik tawa Bima dan Tatjana, salah dari mereka ternyata mengidap penyakit serius. Beberapa waktu lalu, Cynthia telah mengungkap kalau putranya Bima harus memakai kacamata sejak usia 18 bulan.

"Semua sudah tahu ya kalu Tatjana dan Bima lahir prematur di usia kandungan saya baru 33 minggu. Bayi prematur itu sangat berisiko terkena ROP (retinopathy of prematur)," kata Cynthia di akun Instagramnya. "Dari hasil screenig matanya Bima saat dia masih NICU dulu ternyata kondisi matanya terdiagnosa AP ROP (Retinopati posterior agresif prematuritas). Pada saat itu solusinya Bima langsung diberikan tindakan khususdari dokter ahli mata yang menanganinya karena harus secepatnya kalau tidak bisa terjadi kebutaan."

Untungnya meski memakai kacamata sejak kecil dan hampir terancam kebutaan, Bima tetap aktif seperti biasa. Surya juga tak terlalu khawatir atas kondisi putranya tersebut.

"Pakai kacamata atau nggak itu nggak jadi masalah buat saya. Justru yang saya pikirkan adalah bagaimana tumbuh kembangnya Bima ini lebih baik. Karena kalau nggak pakai kacamata pasti akan buram," seru Surya di Jakarta baru-baru ini. "Dia kalau ngelihat benda dengan buram pasti akan menambah proses belajarnya. Kalau buram akan berpengaruh, jadi buat saya lebih baik dia pakai kacamata untuk membantu proses belajarnya."

Surya dan Cynthia juga sepakat untuk tak terlalu memaksa Bima berkacamata. "Itu semua atas kesadaran dia saja sih sebenarnya. Kalau memang dia merasa nggak nyaman pakai kacamata ya nggak kita paksakan," terang Surya.

You can share this post!

Related Posts