7 Penyebab Ngemil Bisa Bikin Gemuk, Wajib Banget Dihindari
Lifestyle

Ngemil terkadang memang sulit dihindari, intip juga cara asyik mengatasinya.

WowKeren - Kegiatan ngemil menjadi salah satu kegiatan yang asyik. Sampai-sampai, kamu tak bisa merasakan sudah berapa banyak makanan yang kamu konsumsi.

Yup, ngemil adalah kegiatan memakan camilan. Definisi camilan sendiri adalah berupa makanan kecil, seperti kue, kolak dan sebagainya. Biasanya nih, camilan dimakan di antara dua waktu makan. Misalnya, setelah sarapan dan sebelum makan siang.


Akan tetapi, camilan tak selalu diterapkan seperti definisinyaa. Ini nih yang membuat kegiatan ngemil jadi momok tersendiri, terutama bagi kaum hawa. Apalagi jika bukan masalah kenaikan berat badan yang menghantui pasca kegiatan ngemil berlebihan ini.

Selain waktu ngemil yang tak beraturan dan berlebihan, ada juga lho alasan-alasan lain kenapa ngemil bisa membuat berat badanmu naik hingga drastis, seperti yang dilansir dari Popsugar berikut. Sudah tahu? Kalau belum, lebih baik segera ketahui di ulasan sebagai berikut. Untuk apa lagi kalau bukan demi berat badan yang tak naik secara drastis.

(wk/silm)

1. Ngemil Tanpa Sadar Kalori


Ngemil Tanpa Sadar Kalori

Ngemil kadang kala dilakukan tanpa sadar. Ya, seperti tanpa sadar kamu sudah menghabiskan 3 kantong kripik kentang, satu kaleng susu, satu potong buah, dan sebagainya. Wah-wah, ini nih yang harus diwaspadai. Kenapa kegiatan ngemil yang sejatinya hanya untuk mengisi perut sebelum makan berat, malah justru jadi masalah kenaikan berat badan?

Untuk menghindari kenaikan berat badan akibat ngemil, memperhatikan jumlah kalori sifatnya wajib. Pastikan untuk tetap berada di angka 150 kalori. Jika kamu tak menghitung kalori, meski jumlah camilannya sedikit, kamu tak akan tahu jika bisa saja sepiring camilanmu tersebut berjumlah hingga 400 kalori.

2. Camilanmu Mengandung Banyak Gula dan Karbohidrat Olahan


Camilanmu Mengandung Banyak Gula dan Karbohidrat Olahan

Alasan lain kenapa kegiatan nyemil yang tak terpantau bisa menaikkan berat badanmu adalah karena banyaknya kandungan gula dan karbohidrat olahan didalamnya. Ya, makanan-makanan manis memang seringkali menjadi pilihan untuk membuat perutmu terisi sebelum makan-makanan yang berat.

Gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar insulin. Ketika kadar insulin dalam tubuh sudah tinggi, tubuh akan kesulitan untuk menggunakan cadangan lemak. Akibatnya, lemak yang ada dalam tubuh akan menumpuk dan menambah berat badan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung putih juga tidak akan memberikan nutrisi dan kalori apa-apa alias makanan dengan kalori nol. Camilan-camilan yang bersumber dari bahan tersebut hanya akan membuatmu semakin lapar dan terus-terusan ingin makan. Atasi keinginan ngemil makanan manis dan karbohidrat olahan ini dengan mengonsumsi camilan mengandung protein, serat, dan lemak sehat.

3. Ngemil Makanan Bernutrisi Secara Berlebihan


Ngemil Makanan Bernutrisi Secara Berlebihan

Beberapa orang mungkin mengatasi kegiatan ngemil mereka agar lebih sehat. Misalnya, dengan ngemil makanan-makanan yang sehat seperti kacang-kacangan dengan protein dan lemak sehat. Namun, ada yang salah jika kamu ngemil makanan sehat namun dengan jumlah yang tak biasa.

Karena beberapa camilan dicap sehat, tak berarti kamu puas mengonsumsinya tanpa batas. Hal itu akan membuamu tak peduli soal kalori yang harusnya tak lebih dari 150 kalori. Pertahankan ukuran porsi camilan bahkan pada makanan bergizi, terutama yang tinggi kalori seperti kacang, alpukat, buah kering, dan makanan sehat yang dipanggang.

4. Tak Menetapkan Waktu-waktu Tertentu untuk Ngemil


Tak Menetapkan Waktu-waktu Tertentu untuk Ngemil

Untuk membuat kegiatan ngemil tak memengaruhi kenaikan berat badan, kamu harus tetapkan waktu-waktu tertentu. Makanan ringan dimaksudkan untuk memuaskan rasa lapar di antara waktu makan. Ngemil juga dimaksudkan untuk memberimu dorongan energi sebelum atau sesudah berolahraga.

Jika Anda menunggu terlalu lama untuk menikmati camilan, kamu akan sangat kelaparan. Ya, akhirnya kamu pasti mengambil makanan yang paling bisa cepat kamu makan, makanan cepat saji misalnya yang bisa memperburuk kenaikan berat badanmu. Bisa saja kamu juga jadi makan dengan lebih cepat dan berakhir makan camilan berlebihan. Hindari masalah ini dengan menjadwalkan waktu ngemil agar tak sampai kelaparan dan membuat berat badanmu justru naik drastis.

5. Ngemil Sesuka Hati Sesudah Olahraga Berat


Ngemil Sesuka Hati Sesudah Olahraga Berat

Semua orang pasti menginginkan hal yang menyenangkan usai mengalami hal yang berat. Seperti saat melakukan olahraga misalnya, beberapa orang akan membayangkan beberapa camilan lezat yang bisa disantap sesudahnya.

Mengisi ulang bahan bakar dengan beberapa protein dan karbohidrat memang sangat penting setelah melakukan olahraga berat. Akan tetapi, menganggap bahwa tidak apa-apa mengonsumsi camilan apapun setelah olahraga, bukan pilihan yang bagus. Jika olahragamu hanya membakar 300 kalori lantas kamu makan es krim dengan 500 kalori sesudahnya, kamu akan tahu mengapa makan camilan pasca olahraga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

6. Memilih Camilan yang Kering


Memilih Camilan yang Kering

Persepsi bahwa camilan-camilan kering yang kamu konsumsi lebih baik daripada camilan basah dan berat bisa memperburuk situasi berat badanmu. Semua camilan seperti granola bar, roti panggang, dan muffin memang sehat, tapi mereka kering. Makanan yang kaya air cenderung memiliki lebih sedikit kalori meski jumlahnya besar.

Daripada mengemil makanan seperti yang sudah disebutkan di atas, camilan seperti buah dan sayur yang mengandung banyak air akan lebih baik. Camilan kering bisa diganti dengan mengunyah irisan paprika atau apel, wortel, atau melon yang dipotong dadu. Makanan-makanan tersebut akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, camilan dengan kandungan air yang banyak akan membuatmu tetap terhidrasi. Selain berat badan yang tak akan naik drastis, camilan buah dan sayur bisa membuat kulitmu lebih sehat juga dengan metabolisme tubuh.

7. Tak Mengimbangi dengan Minum Air Putih


Tak Mengimbangi dengan Minum Air Putih

Selain mempertimbangkan jenis camilan hingga waktu ngemil, kamu juga harus mempertimbangkan agar tubuhmu tetap terhidrasi. Untuk itu, usahakan untuk mengonsumsi jumlah air putih yang cukup di sela-sela kegiatan ngemilmu.

Air putih berguna untuk menjaga cairan dalam tubuh sehingga tak mengalami gangguan pencernaan. Air putih juga berfungsi untuk mengendalikan asupan kalori dalam tubuh. Mengimbangi dengan minum air putih bisa mencegah tubuhmu mengalami kenaikan berat badan.

Tetap suka ngemil tapi takut gemuk? Intip cara asyik mengatasi keinginan ngemil di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru