Tampil Cantik dengan Rambut Kribo, Kendall Jenner Dikecam Komunitas Kulit Hitam
Instagram/kendalljenner
Selebriti

Jadi model majalah Vogue, banyak penggemar mengklaim bahwa gaya rambut ini tak seharusnya digunakan oleh model kulit putih seperti Kendall.

WowKeren - Kendall Jenner baru saja menuai kecaman kala didapuk sebagai model sampul majalah Vogue Amerika. Hal ini bermula saat majalah fashion tersebut baru saja membagikan dua foto Kendall melalui akun Instagram resmi mereka.

Dari foto yang diunggah, Kendall tampil beda dengan gaya rambut afro alias kribo. Gaya baru Kendall ini menjadi konsep untuk edisi perayaan 15 tahun CFDA/Vogue Fashion Fund. Namun alih-alih mendapat pujian seperti biasanya, kali ini Kendall danVogue justru menerima banyak kritik yang kebanyakan dilayangkan oleh komunitas kulit hitam.

Sebagian besar mengklaim bahwa tak seharusnya Vogue menggunakan model kulit putih seperti Kendall untuk tema edisi kali ini. Banyak yang menuding kalau seharusnya majalah tersebut memakai jasa model kulit hitam yang memiliki rambut afro secara alami daripada bintang "Keeping Up with the Kardashians" tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya juga menyebut bahwa tindakan ini seolah menunjukkan adanya perampasan budaya kulit hitam.

"Kenapa kalian menggunakan selebriti kulit putih untuk pemotretan ini dibanding dengan orang yang memiliki warna kulit gelap, tentunya memiliki gaya rambut ini secara natural," komentar salah satu netizen. "Sekarang wanita kulit hitam akan semakin dipuji karena penampilan alaminya dan melihat seorang wanita kulit putih yang cantik sedang mencoba untuk membajak (mencurinya) seperti biasanya," sahut yang lain.

Tak hanya itu, sebagian netizen juga makin geram lantaran dalam foto kedua, Kendall yang muncul dengan rambut kribo disandingkan dengan model berkulit gelap, Imaan Hammam yang malah tampil dengan rambut diluruskan. Banyak yang mempertanyakan kenapa Vogue memutuskan untuk mengganti gaya kedua model tersebut.

Kendall rambut afro

Instagram

"Direktur kreatif boleh melakukan apapun, tapi kenapa tidak membiarkan rambut Imaan natural saja daripada meluruskannya? Jadi mereka tidak perlu membuat rambut Kendall jadi afro," ungkap netizen lainnya.

Sadar jika menerima banyak kecaman, akhirnya pihak Vogue pun angkat suara dan memberikan klarifikasi terkait kontroversi rambut kribo Kendall. "Foto ini dimaksudkan untuk pembaruan dari rambut Edwardian/Gibson Girl. Kami minta maaf bila itu terlihat berbeda dari apa yang dimaksudkan, dan kami benar-benar tidak bermaksud menyinggung siapapun dengan ini," tulis pernyataan pihak Vogue dilansir E!News pada Rabu (24/10).

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru