Widyawati Setuju Main Film 'Ambu' Karena Impian Almarhum Suami
Wowkeren/Fernando
Film

'Ambu' merupakan film yang mengambil latar Suku Baduy dan akan dirilis pada 2019 mendatang.

WowKeren - "Ambu" merupakan film komersial Indonesia pertama yang mengambil latar belakang suku Baduy. Dibintangi Widyawati, Laudya Cynthia Bella, dan Baim Wong, film ini telah siap dirilis pada awal tahun 2019 mendatang.

Film "Ambu" diproduksi oleh Skytree Pictures dengan menggandeng Farid Dermawan sebagai sutradaranya. Farid lantas menceritakan proses panjang pendekatan tim produksi sebelum akhirnya mendapatkan izin membuat film dengan latar suku yang dikenal mengisolasi diri mereka dari dunia luar tersebut.

"Mereka salah satu suku yang mengisolasi diri dari dunia luar. Sebelum memilih (Suku Baduy) sudah observasi selama delapan bulan," ungkap Farid saat jumpa pers di di The Hook Senopati, Kebayoran Baru, Jaksel, pada Kamis (25/10). "Prosesnya kita kulanuwun (permisi) dulu sama Kepala Desa yang menjembatani antara suku dengan pemerintah. Ada riset ke mereka selama empat bulan, ada tim kita yang menginap. Setelah itu kumpul 12 jam sama semua kepala adat. Alhamdulillah mereka mengizinkan."

Farid pun tak perlu pikir panjang untuk menentukan Widyawati sebagai pemeran Ambu Misna dalam film garapannya ini. Menariknya. Widyawati merupakan satu-satunya pemeran yang dipilih Farid tanpa melalui proses casting.

"Pertama saya kepikiran Misna (Widyawati). Jadi saya telepon mama Widyawati, dia langsung bilang kapan ketemuan saat saya tawarkan untuk main di film 'Ambu'," lanjut Farid. "Yang lainnya Bella kita casting, semuanya kita casting. Paling susah mencari tokoh Jaya, kita casting 85 cowok dan kepilih Andri Mashadi."


Menurut Farid, Widyawati langsung menyetujui tawarannya bahkan sebelum membaca skenario film "Ambu". Menanggapi hal tersebut, Widyawati bercerita bahwa almarhum sang suami, Sophan Sophiaan, sempat memiliki mimpi untuk membuat film soal Suku Baduy.

"Seperti Farid bilang, saya belum pernah ke Baduy. Kakak saya sering ke Baduy," kata Widyawati. "Ketika diceritakan, almarhum pengin bikin film soal Baduy, saya excited banget pas ditawarin."

Widyawati pun mengaku "dikerjai" saat syuting film "Ambu" karena harus menggunakan riasan yang cukup menyusahkannya. Meski begitu, ia tak perlu waktu lama untuk mendalami karakter Ambu.

"Yang pasti saya dikerjain di film ini. Saya harus pakai rambut ekstension panjang sekali, itu makan waktu yang lumayan, berat, susah tidur, dan mata saya dibuat hitam jadi harus pakai softlense hitam," ucap Widyawati. "Untuk pendalaman karakter, saya sangat sederhana tidak harus mencari. Saya banyak tanya ke sutradara dan dia mengarahkan."

Widyawati akan berperan sebagai Ambu Misna, ibu dari Bella yang berperan sebagai tokoh Fatma. Bella sendiri diceritakan berkarakter keras kepala dan idealis hingga mengambil keputusan besar untuk mencintai tokoh Nico. Namun, Fatma (yang diperankan Bella) lantas berada di satu titik kala dirinya merasa bersalah dan memerlukan Ambunya.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel