Dijagokan Jawarai Oscar, Soundtrack 'A Star Is Born' Masih Dominasi Billboard 200
Interscope Records
Musik

Atas pencapaian ini, 'A Star is Born' juga menjadi album soundtrack ketiga yang bertahan lebih dari satu pekan di tahun 2018.

WowKeren - Seiring dengan kesuksesan "A Star Is Born" di box office, rupanya album soundtrack film musikal tersebut juga meraih prestasi gemilang. Pasalnya, album tersebut berhasil mempertahankan dominasinya di puncak chart Billboard 200 pekan ini.

Dilansir Aceshowbiz pada Senin (29/10), pekan ini album yang dirilis Interscope Records pada tanggal 5 Oktober lalu itu terjual sebanyak 109 ribu unit, dengan 61 ribu di antaranya berdasarkan penjualan secara tradisional. Selain itu, raihan album "A Star Is Born" tersebut juga menjadikan Lady Gaga sebagai satu-satunya musisi wanita dengan lima album yang meraih posisi pertama dalam satu dekade ini.

Sebelumnya, Gaga berada di posisi yang sama dengan Taylor Swift setelah sang mantan bintang country tersebut meraih posisi pertama untuk keempat kalinya berkat album "Reputation" yang dirilis tahun lalu. Namun dengan torehan ini, tentu saja Gaga kembali menempati posisi teratas.

Dengan prestasi ini, "A Star Is Born" menjadi album soundtrack pertama dalam 10 tahun terakhir yang sukses menjadi juara selama tiga pekan lamanya secara berturut-turut. Album terakhir yang menuai catatan yang sama adalah album soundtrack "High School Musical 2", yang menjadi juara selama empat pekan pertama semenjak dirilis di tahun 2007 lalu.

Sebagai tambahan, "A Star Is Born" juga merupakan album juara terlama bagi Lady Gaga. Pencapaian ini bahkan melewati rekor sebelumnya, yaitu "Born This Way" yang menjadi juara selama dua pekan di tahun 2011 lalu.

Hasil memuaskan ini tentunya bisa dibilang tak mengherankan, mengingat bahwa sebagian besar lagu dari album tersebut merupakan sebuah track emosional yang sukses mendulang beragam apresiasi dari para penggemar. Bahkan tak sedikit yang berharap agar soundtrack "A Star Is Born" mampu meraih penghargaan Best Original Score di ajang Academy Awards mendatang.

Menariknya, Gaga bahkan diperkirakan tidak hanya akan mendapatkan satu nominasi saja di ajang prestisius tersebut. Selain dipercaya akan mendapatkan satu tempat di kategori Best Actress, Gaga juga dipastikan mendulang sukses besar lewat soundtrack yang ia nyanyikan. Hal ini lantaran Warner Bros secara resmi telah mengajukan tiga lagu dari soundtrack "A Star Is Born" kepada Academy untuk nominasi Best Original Song.

Di sisi lain, kesuksesan "A Star Is Born" ini tentunya menjadi penghalang bagi album Future, dan Juice WRLD, "WRLD on Drugs". Album tersebut harus puas meraih peringkat kedua dengan penjualan sebanyak 98 ribu unit.

Sementara itu, pekan ini Greta Van Fleet meraih posisi ketiga dengan penjualan album "Anthem of the Peaceful Army" sebanyak 87 ribu unit. Mengekor di belakangnya, ada karya terbaru dari Disturbed, yakni "Evolution" yang berada di peringkat empat dengan penjualan sejumlah 71 ribu unit.

Nah, berikut adalah daftar sepuluh besar Billboard 200 pekan ini:


1. "A Star Is Born" - Lady Gaga dan Bradley Cooper (109 ribu unit)

2. "WRLD on Drugs" - Future dan Juice WRLD (98 ribu unit)

3. "Anthem of the Peaceful Army" - Greta Van Fleet (87 ribu unit)

4. "Evolution" - Disturbed dan Gunna (71 ribu unit)

5. "Tha Carter V" - Lil Wayne (65 ribu unit)

6. "Drip Harder" - Lil Baby dan Gunna (56 ribu unit)

7. "Scorpion" - Drake (51 ribu unit)

8. "Suncity" - Khalid (50 ribu unit)

9. "Astroworld" - Travis Scott (47 ribu unit)

10. "Beerbongs & Bentleys" - Post Malone (42 ribu unit)

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru