Alat Canggih dan 800 Personel Cari Black Box Lion Air, Ping Locator Sempat Dengar Suara Samar
Twitter/KANSAR_JKT
Nasional

Hingga saat ini, tim Basarnas masih terus melakukan pencarian kotak hitam untuk menjawab misteri jatuhnya Lion Air JT 610.

WowKeren - Pencarian lokasi badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang memasuki hari ketiga. Sayangnya, kotak hitam atau black box dan juga badan pesawat masih belum berhasil ditemukan lokasinya.

Kendati demikian, tim Basarnas yang dibantu oleh pihak-pihak terkait terus mengupayakan pencarian. Kepala Bagian Humas Basarnas, Suhri Sinaga, mengatakan bahwa timnya sudah memanfaatkan semua alat canggih yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan kotak hitam pesawat. "Semua alat sudah digunakan," jelas Suhri seperti dilansir Detik pada Rabu (31/10).

Tak hanya berbagai alat canggih, Basarnas juga sudah mengerahkan sebanyak 800 personelnnya untuk membantu pencarian lokasi kotak hitam. Dari 800 personel tersebut terdapat 150 personel Basarnas dan sisanya merupakan personel TNI AL dan juga kepolisian.


Sayangnya, penggunaan alat canggih dan juga ratusan personel tersebut masih belum juga membuahkan hasil. Adanya kendala berupa jarak pandang yang terbatas di kedalaman laut juga menjadi alasannya.

"Kolam renang yang paling bersih sekalipun, visibility untuk kedalaman 10 meter sangat terbatas. Itu handicap di dalam laut. Kalau 30 meter di darat masih kelihatan, tapi kalau sudah ke laut dengan air seperti itu, itu menjadi susah sekali," terang investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ony Suryo Wibowo. "Visibility terbatas. Arusnya pun juga, meski BMKG menyatakan arus cukup bersahabat, tapi pandangan terbatas. Itu jadi handicap kita."

Di sisi lain, Investigator Penerbangan KNKT, Apib K Wahyu Wiwing Prayogi, mengatakan bahwa alat deteksi kotak hitam atau ping locator mulai memberikan respon suara. "Infonya ada beberapa titik ya, dari rubber boat tadi ada beberapa yang kita dapat suaranya cuma begitu kita memperjelas suara dengan berpindah kemudian hilang suaranya jadi samar samar lagi bahkan tidak terdengar," terang Apib.

Pencarian kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 ini disebut juga terkendala arus laut yang cukup deras. "Kendala kita tadi kita mencoba berhenti di satu tempat, eh terus tergeser arus, jadi bias lagi, kita nggak tahu kondisi arus di bawah itu sederas apa," pungkas Apib.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel