Ponsel Tercelup Air? Sederet Hal Ini Haram Dilakukan
wired.com
Tekno

Sebelum cari bagaimana solusinya, lebih baik segera ketahui dulu apa yang tidak boleh kamu lakukan saat ponsel tercelup air.

WowKeren - Era sekarang semua serba canggih. Hal itu juga menimbulkan akibat beberapa orang tak bisa lepas dari gadget mereka. Satu yang utama tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari adalah smartphone atau ponsel pintar.

Saking tak bisa lepasnya, banyak orang membawa serta gadget mereka itu ke segala tempat, kamar mandi misalnya. Sayang, keputusan tersebut seringkali berakhir buruk. Ponsel yang tercelup air menjadi salah satu dari banyaknya kasus kerusakan ponsel.


Meski belum mengalaminya, ada baiknya kalau kamu bisa mempersiapkan apa yang segera kamu lakukan untuk menyelamatkan ponsel yang tercelup air. Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum melakukan pemulihan ponsel yang tercelup air, kamu lebih wajib tahu apa yang terlarang bahkan haram kamu lakukan jika ponselmu tercelup air.

Selain alasan keselamatan, mengetahui hal-hal yang terlarang dilakukan saat ponsel tercelup air juga bisa menjadi tindakan awal dari menyelamatkan ponselmu. Lantas, apa saja yang tak boleh kamu lakukan saat mengetahui ponselmu tercelup air? Simak artikelnya berikut ini, ya.

(wk/silm)

1. Jangan Cabut Aliran Listrik Jika Ponsel Masih Di-Charge


Jangan Cabut Aliran Listrik Jika Ponsel Masih Di-Charge

Hal terlarang pertama yang tak boleh kamu lakukan saat ponsel tercelup air adalah memberikannya aliran listrik. Hal yang sama juga berlaku jika ponsel tersebut tercelup air dalam keadaan masih di-charge. Jika memaksakan mencabut ponsel yang masih di-charge dan tercelup air, kamu bisa tersetrum.

Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera matikan aliran listrik yang masih aktif. Baru setelah sikring listrik dimatikan, cabut charge ponsel dan juga kabel yang terhubung ke ponsel. Selain tidak mencabut aliran listrik dengan segera, kamu juga terlarang untuk men-charge ponsel yang baru saja tercelup air.

Jangan pernah mengisi daya ponsel yang baru saja tercelup air untuk melihatnya masih berfungsi atau tidak. Jika memang kamu melakukannya, lalu ponsel tersebut menyala, aliran listrik akan mengalir dan merusak komponen yang sudah terkena air. Lebih baik untuk matikan ponsel dan jangan hubungkan dengan aliran listrik sama sekali.

2. Jangan Coba Nyalakan Ponsel yang Tercelup Air


Jangan Coba Nyalakan Ponsel yang Tercelup Air

Hal terlarang kedua yang tak boleh dilakukan saat ponsel tercelup air adalah menyalakannya. Jika sudah terlanjur tercelup air, segera matikan lalu baru lakukan usaha untuk mengeringkan ponsel yang basah tersebut.

Tidak menyalakan ponsel yang tercelup air adalah hal terpenting yang harus kamu ingat. Jika ponsel yang tercelup air mati, jangan panik dan coba menghidupkannya. Hal itu hanya akan membuat air semakin masuk ke dalam komponen ponsel dan banyak menyebabkan kerusakan.

3. Jangan Keringkan dengan Hair Dryer


 Jangan Keringkan dengan Hair Dryer

Hal pertama yang kamu pikirkan jika ponsel tercelup air mungkin adalah berusaha mengeringkannya. Namun, memutuskan mengeringkan ponsel menggunakan alat pengering, seperti hair dryer tak disarankan.

Tekanan udara dari pengering rambut bisa mendorong air yang masuk ke dalam ponsel menjadi menyebar lebih dalam lagi. Selain itu, panas yang dikeluarkan pengering rambut juga jadi ide buruk. Panas yang ditimbulkan pengering rambut bisa menambah panas ponsel dan malah merusaknya. Jadi, jika ponsel tercelup air jangan bergegas mengeringkannya dengan hair dryer, ya.

4. Jangan Beri Banyak Sentuhan pada Ponsel


Jangan Beri Banyak Sentuhan pada Ponsel

Saat ponsel mati usai tercelup air, kita mungkin berpikir untuk memencet beberapa tombol demi mengetes apakah ponsel masih nyala atau tidak. Ingat, hal ini juga terlarang kamu lakukan jika mendapati ponsel tercelup ke dalam air.

Memencet-mencet tombol atau layar ponsel sehabis terendam air hanya akan mengakibatkan air yang masuk menjadi terdorong lebih dalam. Jika ponsel memang masih menyala usai terendam air, jangan coba sentuh tombol apapun. Hal itu bisa menimbulkan bahaya korsleting listrik nantinya.

5. Taruh di Satu Tempat, Jangan Menggoyang-Goyang Ponsel


Taruh di Satu Tempat, Jangan Menggoyang-Goyang Ponsel

Hal terlarang terakhir yang tak boleh kamu lakukan adalah membawa-bawa ponsel yang baru tercelup air. Usahakan untuk segera mengambilnya dan taruh dalam satu tempat. Beri alas tisu atau handuk di permukaan datar.

Membawa-bawa atau menggoyang-goyangkan ponsel yang baru saja tercelup air bisa menambah kerusakan komponen ponsel. Air yang masuk ke dalam ponsel akan ikut bergerak dan akhirnya menyebar ke bagian ponsel yang lain.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait