Potret-Potret Bersahaja Syachrul, Relawan Penyelam yang Gugur Saat Bantu Pencarian Lion Air JT 610
Facebook/Syachrul Anto
Nasional

Sosok mendiang Syahrul Anto juga dikenang rekan-rekannya sebagai seorang yang baik hati dan juga religius.

WowKeren - Kabar duka datang dari lokasi pencarian dan evakuasi jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610. Di tengah-tengah usaha untuk mengungkap lokasi tepatnya badan pesawat berada, seorang relawan penyelam dikabarkan meninggal dunia.

Ia adalah Syahchrul Anto. Relawan penyelam tersebut meninggal dalam kecelakaan menyelam pada Jumat (2/11) kemarin. Syachrul sempat dilarikan ke RSUD Koja. Sayang, nyawanya tak bisa diselamatkan usai tak sadarkan diri dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Duka mendalam dirasakan semua pihak, termasuk keluarga relawan penyelam yang dikenal religius tersebut. Salah satu akun Facebook yang diduga milik istri Syachrul juga terlihat menuliskan kalimat haru untuk sang suami. Ia berterima kasih atas sebaikan sosok yang ia sebut sebagai pahlawan dan juga imamnya itu.


Rekan-rekan Syachrul juga mengenangnya sebagai sosok yang baik hati. Syachrul diketahui banyak terlibat dalam berbagai usaha kemanusiaan, termasuk dalam pencarian AirAsia QZ 8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata 2014 lalu. Ia juga terlibat dalam penanganan pasca gempa di Palu beberapa waktu lalu.

Dinilai sebagai sosok yang banyak berjasa dalam hal kemanusiaan, Basarnas dalam akun Twitter resminya turut memberikan ucapan duka atas meninggalnya Syachrul. Basarnas berterima kasih atas dedikasi tinggi Syachrul dalam hal kemanusiaan.

Syachrul memanglah sosok yang sederhana dan baik hati. Dalam beberapa unggahan foto di akun Facebook pribadinya, pria ini kerap membagikan kegiatannya saat tengah menyelam. Bagaimana sosok Syachrul yang berdedikasi tinggi pada kemanusiaan dan hobi menolong sesama ini semasa hidupnya? Berikut potret-potretnya.

(wk/silm)

1. Syachrul Merupakan Sosok yang Berdedikasi Tinggi pada Kemanusiaan


Syachrul Merupakan Sosok yang Berdedikasi Tinggi pada Kemanusiaan

Syachrul kerap ikut dalam evakuasi bawah laut yang bekerja sama dengan Basarnas. Ia rela bekerja tanpa bayaran atas nama kemanusiaan.

2. Mendiang Syachrul Anto Kerap Terlibat Dalam Banyak Evakuasi Bawah Laut


Mendiang Syachrul Anto Kerap Terlibat Dalam Banyak Evakuasi Bawah Laut

Mendiang Syachrul turut dalam evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 pada 2014 lalu. Rekannya mengenang Syachrul sebagai orang yang membantu mengangkat banyak jenazah.

3. Keakraban Mendiang Syachrul Anto dan Keluarganya


Keakraban Mendiang Syachrul Anto dan Keluarganya

Mendiang Syachrul Anto dikenal sebagai sosok yang sederhana dan berhati mulia. Keluarga terdekatnya sangat menghargai dedikasi kemanusiaan yang diajarkan Syachrul.

4. Bersama dengan Teman-Teman Ikut Membantu Pencarian Lion Air JT 610 yang Jatuh


Bersama dengan Teman-Teman Ikut Membantu Pencarian Lion Air JT 610 yang Jatuh

Dalam wawancaranya dilansir CNN, Syachrul mengaku semakin terpanggil untuk menyumbangkan ilmunya. "Seiring berjalannya usia, rasa kemanusiaan muncul. Ingin ilmu yang saya punya bisa berimbas ke yang lebih luas saja. Tidak untuk diri sendiri," ungkap Syachrul kala itu.

5. Syachrul Anto Kerap Turut dalam Misi Kerja Basarnas


Syachrul Anto Kerap Turut dalam Misi Kerja Basarnas

Syachrul merupakan senior penyelam di Indonesia Diving Rescue Team (IDRT). Ia dan rekannya sudah sangat sering bergabung dengan misi kerja Basarnas saat melakukan evakuasi korban bencana dan sebagainya.

6. Syachrul Anto Berjuang untuk Kemanusiaan dan Negara Indonesia


Syachrul Anto Berjuang untuk Kemanusiaan dan Negara Indonesia

Sosok Syachrul mungkin kini telah tiada, namun jasa-jasanya akan selalu dikenang sebagai pahlawan yang amat berjasa. Selamat jalan, Syachrul.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel