Gugur Saat Turut Cari Korban Lion Air JT 610, Menhub Sebut Penyelam Syachrul Anto Pahlawan Aviasi
Facebook/Syahrul Anto
Nasional

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kabasarnas yang menyebut Syachrul sebagai pahlawan kemanusiaan.

WowKeren - Kabar duka muncul di sela-sela pencarian lokasi dan korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan nomor seri PK-LQP. Salah seorang relawan penyelam bernama Syachrul Anto dikabarkan meninggal dunia. Syachrul meninggal ketika tengah melakukan penyelaman untuk mencari korban jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang tersebut.

Duka mendalam dirasakan oleh sang istri. Salah satu akun media sosial Facebook yang diduga milik istri Syachrul sempat menuliskan kalimat haru di akun milik Syachrul. Ia berterima kasih atas segala dedikasi Syachrul dalam hal kemanusiaan serta melepas degan ikhlas seseorang yang ia anggap sebagai pahlawan dan juga imamnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga turut menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Syachrul. Budi menyatakan bahwa gugurnya Syachrul saat sedang melaksanakan tugas relawan pantas disebut sebagai pahlawan aviasi.


"Kami menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Saya sangat merasakan kerisauan yang mendalam dari keluarga korban, awak pesawat, atas kehilangan orang-orang terkasih," ujar Budi saat melakukan pertemuan dengan keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, pada Senin (5/11). "Saya juga menyampaikan duka cita atas gugurnya satu pahlawan aviasi, yaitu Bapak Syachrul Anto, yang tergabung dalam tim SAR yang bertugas untuk mengevakuasi korban."

Budi juga menyatakan apresiasinya yang besar terhadap dedikasi Syachrul dalam membantu pencarian korban Lion Air JT 610. "Semoga ini menjadi suatu hal yang bisa kita ikhlaskan, dan ini menjadi contoh bagaimana seseorang melakukan kegiatan evakuasi," sambung Budi.

Sebelumnya, pernyataan senada juga disampaikan oleh Kepala Basarnas, Muhammad Syaugi. Ia menyebut Syachrul sebagai seorang pahlawan kemanusiaan. "Sebagai Kabasarnas, saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya pahlawan kemanusiaan dari personel IDRT. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada almarhum yang memiliki kapasitas dan kualitas, senior, dan memiliki jam terbang yang tinggi sebagai relawan yang penuh dedikasi," ujar Syaugi.

Diketahui, Syachrul merupakan seorang relawan yang sudah banyak melakukan bantuan kemanusiaan. Selain pencarian korban Lion Air JT 610 ini, Syachrul juga turut membantu pencarian korban AirAsia QZ 8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata pada tahun 2014 lalu. Ia juga turut membantu menangani pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu beberapa waktu lalu.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru