Ingin Tubuh Tetap Ideal? Terapkan 7 Tips Menjaga Berat Badan Setelah Diet
Lifestyle

Jika kalian sudah mendapatkan tubuh ideal yang kalian inginkan. Cari tahu cara menjaganya di artikel ini.

WowKeren - Tubuh yang indah tidak didapatkan dengan mudah. Diet merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mewujudkan impian tersebut. Para wanita pasti sudah akrab dengan hal satu ini.

Setelah menjalani diet masih ada tantangan lain yang harus dijalani yakni mempertahankan berat badan atau bentuk tubuh yang telah diperoleh. Hal ini juga tak kalah sulitnya dari saat menjalani diet.

Lalu, apa saja sih langkah yang tepat untuk dapat menjaga bentuk tubuh setelah diet? Ulasannya ada di bawah ini.

(wk/nris)

1. Motivasi Diri Sendiri Agar Dapat Mengontrol Makan


Motivasi Diri Sendiri Agar Dapat Mengontrol Makan

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memotivasi diri sendiri. Tanamkan di dalam hati untuk tetap sehat, bugar dan menarik, dengan begitu kalian tidak akan bermalas-malasan berolahraga serta mengontrol pola makan. Perlu kalian ingat bahwa menjaga pola makan tidak hanya berimbas pada berat badan, tetapi juga kesehatan tubuh.

Selain itu, kalian juga bisa mengingat hal-hal apa saja yang membuat kalian gemuk. Hindari hal-hal tidak baik tersebut dan motivasi diri kalian agar tidak kembali pada pola hidup seperti dulu.

2. Membuat Catatan Makanan yang Akan Dikonsumsi


Membuat Catatan Makanan yang Akan Dikonsumsi

Cara tepat untuk mengontrol berat badan setelah diet adalah dengan mencatat makanan yang akan dikonsumsi dan harus dihindari. Selain mengetahui makanan yang harus dikonsumsi, dengan menggunakan catatan ini kalian juga dapat mengidentifikasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah waktu makan. Nah, catatan ini akan membuat kalian ingat dengan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Jika kalian menjalaninya secara rutin, dijamin tubuh indah tidak akan pergi, deh.

3. Kunyah Makanan Secara Perlahan


Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan merupakan salah satu cara untuk tetap kenyang saat menjalani diet. Nah, hal satu ini juga dapat menjaga berat badan yang kalian peroleh setelah menjalani diet.

Penelitian menunjukkan, mereka yang mengunyah makanan sebanyak 40 kali memiliki potensi lebih besar mempertahankan berat badan ideal. Jadi, kunyah makanan hingga halus, ya. Pekerjaan pencernaan juga akan lebih ringan karenanya.

4. Beri Diri Apresiasi dengan Konsumsi Makanan yang Diinginkan Seminggu Sekali


Beri Diri Apresiasi dengan Konsumsi Makanan yang Diinginkan Seminggu Sekali

Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak perlu seketat saat menjalani diet. Puaskan hasrat makan kalian satu kali dalam seminggu. Misalnya, setiap hari minggu kalian diperbolehkan mengonsumsi makanan yang diinginkan tanpa melihat berapa banyak kalori yang terkandung.

Jangan pernah tertekan karena tidak dapat mengonsumsi makanan enak. Karena stres hanya akan menyebabkan kenaikan berat badan, lho.

5. Tetap Hindari Cemilan Tak Sehat


Tetap Hindari Cemilan Tak Sehat

Ingin menjaga berat badan? Say no pada camilan tak sehat, ya. Camilan merupakan salah satu faktor penyebab berat badan naik. Kalian bisa memasukkan camilan pada daftar makanan "apresiasi" setiap seminggu sekali.

6. Rutin Mengecek Berat Badan


Rutin Mengecek Berat Badan

Kontrol berat badan dengan cara selalu mengeceknya. Seorang ahli, Dr. Fujioka mengatakan, dengan menimbang berat badan, kalian bisa membuat otak dan tubuh melawan rasa lapar yang kalian punya. Hal ini juga dapat berguna agar kalian dapat terus mengontrol rasa lapar yang hadir.

7. Tetap Rutin Olahraga Ringan


Tetap Rutin Olahraga Ringan

Meski sudah berhasil memiliki berat badan ideal, jangan pernah lupakan olahraga. Menurut American College of Sports Medicine, meskipun berat badan sudah stabil, latihan atau berolahraga minimal 250 menit per minggu akan membantu mempertahankan berat badan yang seimbang.

Dengan olahraga, kalian akan membakar lemak di tubuh menjadi energi sehingga tidak menumpuk. Hal ini tentunya efektif untuk menjaga berat badan. Tidak perlu melakukan olahraga berat seperti saat diet, kalian bisa lebih santai, yang penting tubuh aktif bergerak.

Sementara itu, bagi kalian yang sedang berusaha mendapatkan tubuh ideal, mengapa tidak mencoba tips diet ala seleb Korea di sini? Nah, kemudian ketahui cara agar tetap kenyang saat menjalani diet di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait