Khofifah Tangisi Tragedi Penonton 'Surabaya Membara' Tewas, Tegaskan Tahun Depan Lebih Diperketat
Nasional

Gubernur Jatim Terpilih, Khofifah Indar Parawansa, memastikan drama kolosal 'Surabaya Membara' akan tetap digelar tahun depan dengan pengamanan lebih ketat.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal tragedi tewasnya penonton dan sejumlah orang luka-luka saat pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara". Khofifah ikut berduka dan mendoakan agar keluarga diberi ketabahan.

"Viaduk rel kereta api itu memang bukan tempat untuk menonton pertunjukan," katanya sembari menunjuk ke arah viaduk rel kereta api di Jalan Pahlawan Surabaya, usai menyaksikan drama kolosal "Surabaya Membara", Jumat (9/11). "Mudah-mudahan khusnul khatimah, segala amalnya diterima dan dosa-dosanya diampuni."

Ia juga memastikan tak akan melarang pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara" yang selalu digelar setiap tahunnya untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November tersebut. Mantan menteri tersebut menyadari kalau pementasan yang sudah digelar 8 tahun terakhir itu punya nilai historis bagi warga Surabaya. Namun Khofifah berpesan agar tahun depan penjagaan di sekitar lokasi pertunjukan lebih diperketat.

"Meski malam ini jatuh korban penonton hingga ada yang meninggal dunia, tahun depan dan seterusnya pentas drama kolosal Surabaya Membara harus tetap digelar," tutur Khofifah. "Tentunya dengan pengamanan yang menjamin keselamatan penonton dengan lebih diperketat lagi."


Sebelumnya, drama kolosal "Surabaya Membara" digelar di area Tugu Pahlawan. Ribuan warga menyaksikan dan harus berdesak-desakan. Sejumlah warga rupanya rela naik ke viaduk atau jembatan kereta api.

Sayangnya disaat pertunjukan, ada kereta lewat hingga terjadi kecelakaan. Sejumlah orang terjatuh dari atas viaduk. Akibat tragedi itu, 3 orang meninggal. Salah satunya tewas tertabrak kereta, sedangkan 2 lainnya meninggal setelah terjatuh dari viaduk. Selain 3 korban tewas, diperkirakan lebih dari 11 orang mengalami luka-luka.

Insiden ini langsung ditangani oleh Polrestabes Surabaya. Polisi melakukan olah TKP dan masih menyelidiki dugaan panitia penyelenggara lalai dalam kejadian tersebut.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel