Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, 6 Gaya Hidup Ini Wajib Dihindari Agar Tidak Stres Saat Bekerja
Lifestyle

Berdasarkan penelitian, stres kerja bisa memperpendek usia hingga risiko kematian karena serangan jantung.

WowKeren - Pada era sekarang, berbagai masalah kesehatan muncul disebabkan karena berbagai faktor. Gaya hidup menjadi salah satunya. Belum lagi banyak penyakit yang muncul karena merasakan tekanan atau stres yang dirasakan secara terus menerus.

Stres sendiri memiliki banyak faktor pemicu, di antaranya adalah stres yang muncul akibat pekerjaan. Beban menumpuk, kekurangan waktu untuk istirahat, dan berbagai masalah lainnya akan membuat seseorang merasa stres saat bekerja.

Masalah seperti stres karena pekerjaan ini tak boleh disepelekan, lho. Menurut sebuah penelitian, stres akibat pekerjaan bisa memperpendek usia seseorang. Bahkan, stres karena pekerjaan juga disebut bisa menjadi pemicu kematian mendadak akibat serangan jantung. Mengerikan sekali, bukan?


Ya, sebuah penelitian dari Universitas Kelley School of Business yang dilansir dari Hellosehat.com menyatakan bahwa stres berkepanjangan karena situasi pekerjaan bisa memotong harapan hidup atau mempercepat kematian seseorang. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang yang kurang fleksibel dalam bekerja akan cenderung cepat meninggal daripada yang tidak.

Sementara itu, Yale University School of Medicine menyatakan bahwa stres bisa mengakibatkan kematian mendadak. Hal itu disebabkan karena adanya ritme jantung yang kemudian menjadi tidak normal. Tekanan mental, seperi halnya stres karena pekerjaan, ternyata menjadi pemicu yang sangat berpengaruh pada ritme jantung. Jika sudah terlalu berat, bukan tak mungkin jika kamu bisa mendapatkan serangan jantung yang fatal dan mematikan.

Akan tetapi, masalah seperti stres karena pekerjaan ini muncul lantaran beberapa pemicu. Jika mampu menghindari beberapa pemicunya, kamu sebenarnya telah coba menangkal stres kerja yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan ini.

Lantas, gaya hidup seperti apa yang bisa kamu lakukan untuk menghindari stres karena pekerjaan ini? Coba hindari 6 hal pemicu stres kerja berikut ini.

(wk/silm)

1. Tidak Sarapan Bernutrisi Membuatmu Lebih Mudah Terkena Stres Kerja


Tidak Sarapan Bernutrisi Membuatmu Lebih Mudah Terkena Stres Kerja

Bagaimana kamu memulai hari menjadi satu faktor yang sangat penting agar terhindar dari stres saat bekerja. Sarapan makanan-makanan bernutrisi menjadi kewajiban untukmu agar tubuh bisa lebih siap menghadapi banyaknya kegiatan yang sudah menantimu.

Jika sebelum kerja kamu hanya sarapan seadanya atau bahkan tidak sarapan sama sekali, hal itu justru akan memicu kamu terkena stres saat bekerja. Memulai hari dengan gizi yang baik juga bisa membuat pencernaan lebih baik dan meningkatkan kemampuan kerjamu.

Selain tidak sarapan bernutrisi, pikiran yang negatif juga menjadi penyebab stres kerja. Untuk itu, imbangi sarapan bergizi dengan pikiran yang senantiasa positif dan bahagia agar kamu tidak terkena stres kerja.

2. Gaya Hidup Suka Bergosip Juga Bisa Sebabkan Stres Saat Bekerja


Gaya Hidup Suka Bergosip Juga Bisa Sebabkan Stres Saat Bekerja

Mengobrol ramah dengan rekan kerja merupakan salah satu cara agar kamu tidak stres saat bekerja. Namun, obrolan tersebut tidak harus lebih dalam hingga terkesan seperti menggosip. Ketahuilah bahwa menggosip menjadi salah satu pemicu stres dalam bekerja.

Salah satu hal yang menjadi pemicu stres saat bekerja adalah karena keterlibatan dalam konflik sesama rekan kerja. Untuk itu, hindari gaya hidup menggosip yang bisa menimbulkan konflik antara kamu dan beberapa rekan kerja.

Usahakan untuk tidak bercerita terlalu banyak mengenai opini pribadimu tentang agama ataupun politik yang bisa menimbulkan koflik tajam. Alih-alih coba mengobrol mengenai hal-hal yang berbau humor. Hindari pula rekan-rekan kerja yang sepertinya tidak bisa akur dengan yang lain. Dengan begitu, hidupmu bisa lebih tenang dan nyaman dalam bekerja.

3. Hindari Multitasking Dalam Bekerja


Hindari Multitasking Dalam Bekerja

Bisa mengerjakan banyak hal memang sangat menakjubkan. Namun, mengerjakan banyak hal sekaligus atau multitasking saat bekerja ternyata justru akan menimbulkan stres kerja. Kegiatan ini juga bisa menurunkan kondisi fisikmu karena kelelahan.

Meski multitasking pernah digembar-gemborkan sebagai cara yang bagus untuk bisa menyelesaikan banyak tugas sekaligus, namun ternyata hal itu justru memberikan banyak efek negatif. Misalnya, jika kamu harus menangani telepon, sembari mengetik, kemudian mengecek data, kamu justru akan kehilangan konsentrasi. Akibatnya, kecepatan dan akurasi akan berkurang, tentu juga dengan tekanan mental yang akan menjadi semakin besar.

4. Tidak Memanfaatkan Waktu Istirahat dengan Baik Bisa Memicu Stres Kerja


Tidak Memanfaatkan Waktu Istirahat dengan Baik Bisa Memicu Stres Kerja

Waktu istirahat terkadang tak dipandang sebagai sesuatu yang penting. Padahal, mampu memanfaatkan waktu istirahat yang baik bisa menjadi salah satu hal yang membuatmu terhindari dari stres kerja.

Waktu istirahat bisa dimanfaatkan untuk berolahraga demi menghindari stres kerja. Olahraga ringan yang dilakukan pada saat istirahat kerja bisa membantumu menurunkan ketegangan, memperbaiki suasan hati, sekaligus membuat bentuk tubuhmu lebih bagus.

Jadi, mulai sekarang gunakan waktu istirahatmu dengan baik. Hentikan semua pekerjaan saat jam istirahat dan mulailah melakukan olahraga ringan agar terhindar dari stres kerja. Intip berbagai olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat bekerja di sini

5. Terlalu Perfeksionis Bisa Membuat Seseorang Stres Saat Bekerja


Terlalu Perfeksionis Bisa Membuat Seseorang Stres Saat Bekerja

Menjadi seseorang dengan harapan pencapaian tinggi akan sangat bagus untukmu. Namun, berbeda dengan menjadi perfeksionis. Menjadi perfeksionis, terutama dalam bekerja, bisa membuatmu juga rekan kerjamu mengalami stres kerja yang menyiksa.

Apalagi dengan pekerjaan yang menuntutmu bekerja dengan serba cepat. Menjadi perfeksionis dan selalu mencari kesempurnaan hanya akan menyiksa mentalmu.

Daripada menjadi perfeksionis, lebih baik berkomitmen untuk berusaha melakukan yang terbaik. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri atas upaya dan kerja keras yang sudah kamu lakukan. Dengan begini, kamu tidak akan menjadi terlalu stres dalam bekerja.

6. Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu di Kursi Kerja


Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu di Kursi Kerja

Alasan lain yang bisa membuatmu merasa stres dalam bekerja adalah menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi kerja. Sebisa mungkin, hindari terlalu lama duduk dan memandangi pekerjaanmu agar tidak merasa terlalu tertekan.

Fisik yang tidak nyaman saat bekerja menjadi salah satu pemicu timbulnya stres saat bekerja. Menghabiskan terlalu banyak waktu duduk di kursi kerja, misalnya. Kamu bisa mengalami sakit punggung dan menjadi lebih reaktif terhadap stres karena hal itu.

Bahkan, hal-hal kecil seperti kebisingan kantor juga bisa menjadi penyebab munculnya frustasi ringan. Untuk itu, pastikan kamu memiliki ruang kerja yang tenang, nyaman, dan menenangkan. Sesekali berdiri dan tinggalkan kursi kerjamu untuk melakukan sedikit jalan-jalan agar pikiran menjadi lebih rileks.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru