Selalu Jadi Moto Andalan, Rupanya Inilah Makna Kata 'Excelsior!' yang Sering Diucapkan Stan Lee
Selebriti

Sengaja dibuat sebagai ciri khas dalam karya-karyanya, inilah arti 'Excelsior!' milik Stan Lee.

WowKeren - Berita duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Legenda dan kreator Marvel, Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Kabar duka tersebut sudah dikonfirmasi oleh putri Stan Lee, JC, tak lama usai berita ini merebak.

Penulis, editor, penerbit, produser dan aktor dari Amerika tersebut dilarikan ke Cedars-Sinai Medical Center di mana ia menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (12/11) pagi waktu setempat. Pria kelahiran tahun 1922 ini disebut-sebut telah berjuang melawan pneumonia sejak beberapa tahun silam.

Stan Lee dikenal sebagai otak di balik berdirinya Marvel Comics. Komikus veteran ini menciptakan sejumlah karakter superhero populer seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, kabar meninggalnya Stan Lee ini tentu saja menjadi berita duka terutama bagi para penggemar serta aktor maupun aktris yang pernah memerankan karakter ciptaannya. Termasuk Chris Evans yang sempat mengungkapkan rasa belasaungkawanya melalui akun Twitter miliknya.

"Tak akan ada lagi Stan Lee yang lain. Selama berdekade-dekade, ia menghadirkan petualangan, pelarian, kenyamanan, rasa percaya diri, inspirasi, kekuatan, persahabatan dan kebahagiaan. Ia menyebarkan cinta dan kebaikan pada banyak orang yang jejaknya akan tak akan lekang. Excelsior!!" tulis aktor pemeran Captain America tersebut.

Namun tentunya, yang menjadi sorotan dari unggahan Chris adalah kalimat "Excelsior!" yang ia tulis. Seperti yang diketahui, selama ini mendiang Stan Lee memang dikenal sering kali mengucapkan jargon tersebut dalam berbagai kesempatan. Bahkan ia juga pernah mengungkapkannya saat tampil dalam film "Avengers: Age of Ultron" pada tahun 2015 lalu.


Rupanya, "Excelsior!" adalah kata yang sering diucapkan Stan Lee semasa hidupnya. Dalam kolom yang ia tulis, komikus kondang ini pun selalu menulis "Excelsior!" sebagai kata penutup. Kata ini pun kerap ditulis Stan Lee dalam unggahannya di media sosial. Lalu, apa arti kata tersebut?

Dilansir Metro.co.uk pada Rabu (14/11), dalam wawancara dengan Gizmodo pada 2007 silam, Stan Lee pernah menerangkan mengenai kata ini. Dalam kesempatan tersebut, ia mengaku ingin menggunakan sebuah jargon khas dalam kolom yang ia tulis sejak lama.

"Aku memakai banyak ekspresi di pengujung kolom buku komikku, seperti Hang Loose, Face Front, Nuff Said, tapi aku selalu menemukan bahwa pesaing menirukan dan menggunakan ini," tuturnya. "Dari sini excelsior berasal, dan mereka (pesaing) tak menirunya, untung saja."

Kemudian di tahun 2010, akhirnya Stan Lee mengungkapkan arti "Excelsior!" secara gamblang melalui salah satu cuitan di akun Twitter miliknya. "Akhirnya, apa arti 'Excelsior'? 'Terus ke atas menuju kejayaan yang lebih besar!' Inilah yang kudoakan untuk kalian setiap kali aku selesai membuat tweet! Excelsior!" cuitnya kala itu.

Terlepas dari hal tersebut, Stan Lee diketahui mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America. Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.

Usai pensiun membuat komik di usia 40 tahun, Stan Lee juga tetap eksis tampil sebagai cameo di sejumlah film Marvel, mulai dari "Iron Man" hingga "Avengers: Infinity War". Bahkan, kehadiran Stan Lee menjadi yang paling ditunggu oleh banyak penggemar.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel