Mengejutkan, 7 Buah dan Sayur yang Biasa Dimakan Sehari-Hari Ini Ternyata Bisa Membunuh
SerbaSerbi

Selain karena pengolahan yang tidak benar, buah dan sayur ini bisa timbulkan reaksi berbahaya karena kontaminasi bakteri dan virus.

WowKeren - Sesuatu seperti racun tak diragukan lagi dapat membunuh manusia. Bukan cuma yang berasal dari luar, racun juga bisa muncul dari makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi manusia. Mengerikannya, racun yang mematikan ini bisa juga muncul dari buah dan sayur yang biasa kita konsumsi sehari-hari, lho.

Ya, beberapa buah dan sayur ternyata memiliki racun yang sangat berbahaya hingga bisa menimbulkan risiko kematian pada manusia. Beberapa zat yang dikandungnya bisa memberikan reaksi berbahaya jika tidak diolah dengan benar.


Selain itu, bahaya kontaminasi dari beberapa jenis buah dan sayur ini juga patut diwaspadai. Jika tak hati-hati, racun yang ada dalam buah dan sayur ini bisa sangat mematikan.

Apa saja buah dan sayur yang bisa menimbulkan risiko kematian karena beracun ini? Simak daftarnya sebagai berikut.

1. Buah Beri Beku dan Segar Bisa Membawa Bakteri dan Virus


Buah Beri Beku dan Segar Bisa Membawa Bakteri dan Virus

Buah beri-berian, termasuk raspberry, blackberry, stroberi dan juga blueberry bisa menjadi sumber racun yang mematikan. Sumber keracunan akibat buah-buahan ini umumnya berasal dari virus dan juga bakteri yang melekat dalam buah tersebut. Virus yang biasanya terbawa dalam buah jenis ini adalah Hepatitis A.

Penyebab utama buah-buahan jenis ini bisa beracun dan mematikan adalah adanya kontaminasi. Bisa juga disebabkan karena buah-buahan ini tumbuh di air dan lingkungan yang terkontaminasi. Bukan cuma buah beri-berian beku, buah beri yang segarpun masih tak bisa lepas dari bahaya kontaminasi racun, jadi kamu harus tetap waspada.

2. Biji Apel yang Dikunyah Bisa Membuat Tubuh Memproduksi Sianida yang Mematikan


Biji Apel yang Dikunyah Bisa Membuat Tubuh Memproduksi Sianida yang Mematikan

Memakan biji apel utuh tidak akan membunuhmu. Namun, menggigit biji apel bisa membuatmu terkena bahaya toksisitas. Toksisitas ini berupa kemampuan suatu racun untuk menimbulkan kerusakan jika masuk ke dalam suatu tubuh organisme, termasuk manusia.

Biji buah apel mengandung amygladin, yakni senyawa yang menghasilkan sianida dalam tubuh. Jadi, mengunyah biji apel akan jadi sangat berbahaya. Akan tetapi, tenang dulu, karena mengunyah satu biji mungkin tidak terlalu berpengaruh. Beda lagi jika kamu mengunyah sebanyak lebih dari 200 biji.

3. Jambu Monyet Punya Getah Beracun


Jambu Monyet Punya Getah Beracun

Pengolahan yang benar pada beberapa buah dimaksudkan untuk membuang racun yang berbahaya. Termasuk pada kasus jambu monyet ini. Diketahui, buah jenis ini punya getah yang beracun. Jika tidak diolah dengan benar, kamu bisa saja keracunan karena memakan buah jenis ini.

Bagian yang menyimpan racun dari buah berwarna oranye ini adalah bijinya yang terletak di bawah buah. Jika tak diolah dengan tepat dan benar-benar matang, biji ini bisa menimbulkan alergi parah hingga kematian.

Cara yang bisa dilakukan untuk makan biji dari jambu monyet ini adalah dengan memanggangnya atau menggorengnya. Pastikan sudah matang hingga ke bagian dalamnya untuk menghindari masih adanya sisa racun yang berbahaya.

4. Cassava Bisa Menghasilkan Hidrogen Sianida yang Mematikan


Cassava Bisa Menghasilkan Hidrogen Sianida yang Mematikan

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai makanan yang satu ini. Namun, Cassava ternyata juga bisa menjadi salah satu sumber makanan yang bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Cassava ini adalah sejenis singkong dan sayuran akar yang banyak dikonsumsi di negara berkembang. Cassava punya banyak nutrisi penting untuk manfaat kesehatan. Namun, cassava juga punya zat beracun yang berbahaya untuk tubuh jika tidak diolah dengan benar.

Cassava akan sangat berbahaya jika dimakan mentah. Cassava yang dimakan mentah dan tak diolah dengan benar bisa menghasilkan senyawa hidrogen sianidi yang biasa digunakan pada senjata kimia. Ngeri banget, kan?

5. Biji Ceri Sama Berbahayanya dengan Biji Apel


Biji Ceri Sama Berbahayanya dengan Biji Apel

Sama berbahayanya dengan biji apel, mengunyah biji ceri juga sangat berbahaya. Biji ceri berpotensi memiliki kandungan sianida berbahaya.

Menelan satu biji ceri juga tak lantas berbahaya, namun mengunyahnya dalam jumlah yang banyak akan sangat mematikan. Kandungannya akan membuat sel-sel tubuhmu tidak bisa menggunakan oksigen. Akhirnya, akan terjadi kerusakan sel perlahan dan menyebabkan kematian.

6. Warna Kehijauan Pada Kentang Patut Dicurigai


Warna Kehijauan Pada Kentang Patut Dicurigai

Selanjutnya, ada sayuran lain yang ternyata menyimpan racun yang sangat berbahaya untuk tubuh. Sayuran tersebut adalah kentang. Tidak menyangka? Ya, kentang yang memiliki semburat warna hijau di kulitnya adalah yang sangat mematikan.

Kondisi pertumbuhan yang tidak sempurna atau paparan cahaya dapat menyebabkan kentang mengembangkan klorofil, yang mengubahnya menjadi hijau. Klorofil, bisa sangat aman, tapi kondisi yang sama bisa menyebabkan kentang menghasilkan tingkat solanin beracun yang tinggi. Zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan syaraf dan bahkan kematian dalam dosis yang signifikan.

7. Melon Bisa Menjadi Buah yang Beracun dan Mematikan


Melon Bisa Menjadi Buah yang Beracun dan Mematikan

Buah-buahan yang tumbuh di tanah, seperti melon dan juga semangka bisa memiliki risiko tinggi menyebabkan keracunan makanan. Hal itu disebabkan karena adanya kemungkinan bakteri Listeria yang dapat tumbuh di kulit buah dan menyebar hingga ke daging.

Permukaan kulit melon yang kasar dapat memberikan ruang bebas bagi bakteri Listeria dan juga bakteri lainnya. Bahkan, bakteri yang menempel pada kulit bisa sulit dibersihkan meskipun telah dilakukan pembersihan.

You can share this post!

Related Posts