6 Wisata Alam Indonesia yang Terancam Rusak karena Sampah
Bali Travel News
Travel

Miris banget, keindahan alam di tempat wisata ini rusak karena ulah manusia.

WowKeren - Saat penat menyiksa, hal yang kita butuhkan adalah berhenti sejenak dari aktivitas. Selain itu, liburan ke tempat wisata juga bisa menjadi alternatif yang lain. Salah satu pilihannya adalah menikmati keindahan alam yang ada di setiap sudut daerah Indonesia.

Ya, Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bentangan pantai hingga gunung siap memberikanmu kedamaian. Sayangnya, akhir-akhir ini banyak wisata yang terancam rusak. Salah satu penyebabnya adalah karena sampah yang ditinggalkan pengunjungnya.

Masalah sampah dalam dunia pariwisata sudah lama menjadi hal yang sulit diselesaikan. Sampah sendiri juga menjadi masalah yang pelik dalam kehidupan sehari-hari karena bisa menjadi penyebab kerusakan ekosistem. Gara-gara sampah pula, seekor paus sperma di perairan Pulau Kapota, Taman Nasional Waktobi, ditemukan tewas.


Lembaga WWF Indonesia merinci jumlah sampah yang ditemukan dalam perut paus malang itu. Sebanyak 5,9 kg sampah plastik bersarang di dalamnya. Tak ayal jika banyak aktivis merasa prihatin dengan nasib tempat-tempat wisata alam lain yang juga terkendala masalah sampah.

Indonesia sendiri merupakan satu dari lima negara di Asia yang menghasilkan 60% limbah plastik di lautan. Hal ini didasarkan pada laporan tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Ocean Conservancy and the McKinsey Center for Business and Environment. Banyak hewan laut yang mati karena keberadaan sampah ini, tak terkecuali juga dengan tempat wisata alam yang rusak.

Nasib miris dialami tempat-tempat wisata alam di Indonesia ini. Menyajikan keindahan alam yang luar biasa, tak heran jika tempat-tempat ini menarik banyak wisatawan. Sayang, kunjungan wisatawan itu tak diiringi dengan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, gara-gara sampah yang menumpuk, tempat-tempat ini terancam rusak hingga ditutup.

Tempat wisata alam mana saja yang sudah terancam rusak karena sampah ini? Simak daftarnya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Menjadi Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia, Pantai Kuta Bali Terancam Rusak Karena Sampah


Menjadi Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia, Pantai Kuta Bali Terancam Rusak Karena Sampah

Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia. Keindahan alamnya mampu menyedot berbagai wisatawa lokal hingga wisatawan asing di seluruh dunia. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali setiap harinya.

Salah satu destinasi wajib yang didatangi para wisatawan saat berkunjung ke Bali adalah Pantai Kuta. Tak heran jika pantai cantik tersebut mengalami pembeludakan pengunjung. Dampak yang paling kentara adalah masalah sampah.

Pada malam tahun baru, Pantai Kuta di Bali memang menjadi sasaran destinasi wisata para turis. Sayangnya, usai acara perayaan meriah tersebut, pantai ini justru dipenuhi dengan 9 ton sampah. Ternyata, bukan cuma saat malam tahun baru saja, masalah sampah di Bali ini masih menjadi persoalan hingga sekarang.

Pada bulan November hingga Januari, terdapat fenomena miris yang terjadi di tempat wisata kebanggaan Bali ini. Pantai Kuta dan juga Pantai Kedongan dilanda musim sampah. Tercatat, sampah berserakan di pantai sepanjang 12 kilometer.

2. Taman Laut Nasional Bunaken Terancam Rusak Karena Banyaknya Sampah


Taman Laut Nasional Bunaken Terancam Rusak Karena Banyaknya Sampah

Indonesia menyajikan banyak keindahan alam yang mengundang decak kagum. Saat berkunjung ke Sulawesi Utara, Taman Laut Nasional Bunaken menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Namun, tempat wisata yang menjadi sorotan dunia ini juga terancam rusak karena ulah manusia. Masalah sampah menjadi persoalan yang mengancam keberlangsungan Taman Laut Nasional Bunaken.

Pada peringatan Hari Bumi beberapa waktu yang lalu, pembersihan sampah dilakukan oleh para wisatawan dan penyelam di Bunaken. Total ada 300 karung dan 1.121 kilogram sampah plastik yang berhasil diangkat dari dalam dan permukaan laut. Kebayang kan betapa sampah merusak pemandangan alam menakjubkan yang disajikan di Bunaken?

3. Pulau Sempu yang Indah Terancam Rusak Karena Sampah


Pulau Sempu yang Indah Terancam Rusak Karena Sampah

Selain keindahan alamnya, Malang juga cukup terkenal dengan wisata lautnya. Salah satu tempat wisata yang sempat menjadi primadona adalah Pulau Sempu. Pulau indah ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Eksistensi Pulau Sempu semakin mencuat saat beberapa pengunjung mengunggah keindahannya di media sosial.

Sayangnya, salah satu cagar alam yang digunakan untuk pendidikan dan penelitian ini malah banyak dikunjungi oleh wisatawan ilegal. Akibatnya, banyak tumbuhan dan hewan langka terancam keberadaannya. Selain itu, masalah sampah yang menggunung di sana juga banyak menjadi kecaman.

4. Wisatawan dan Sampah Padati Ranu Kumbolo Usai Film '5 cm'


Wisatawan dan Sampah Padati Ranu Kumbolo Usai Film '5 cm'

Keindahan Ranu Kumbolo berhasil menyedot perhatian usai menjadi salah satu lokasi syuting film "5cm". Tidak hanya pendaki, banyak juga wisatawan yang sengaja datang hanya untuk mengunjungi objek wisata yang berada di Pegunungan Tengger di kaki Gunung Semereu, Lumajang, Jawa Timur ini. Sayangnya, pengunjung yang membludak itu tampaknya tak diimbangi dengan kesadaran membuang sampah.

Akhirnya, pemandangan cantik danau harus tertutup dengan banyaknya sampah yang berserakan. Banyak pula tumpukan sampah milik pendaki yang tidak dibawa dan malah ditinggalkan begitu saja di pinggir danau.

Hal yang paling membuat miris adalah adanya banyak tisu bekas hingga kotoran manusia yang berserakan di sekitar darnau. Menurut keterangan pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, banyaknya sampah diduga karena para pendaki yang datang tidak sepenuhnya pencinta alam. “Kebanyakan pengunjung mahameru bukan pecinta alam hanya ikut-ikutan, dan juga karena dampak film, rata-rata tidak betanggung jawab untuk alam. Dari pihak Taman Nasional pun tidak bosan-bosannya mengingatkan sampah harus dibawa turun,” terang Pranginoto dilansir Kompasiana.

5. Terancam Rusak, Bank Sampah Dibuat di Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango


Terancam Rusak, Bank Sampah Dibuat di Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu wisata yang terkenal di kalangan pendaki. Beberapa alasan menjadikan Gunung Gede Pangrango menjadi tujuan wisata wajib jika bertandang ke Jawa Barat.

Gunung Gede Pangrango terkenal dengan alun-alun Surya Kencana. Di tempat tersebut, pendaki bisa menikmati pemandangan indah bunga edelweiss. Tak heran jika pesona tersebut mengundang banyak wisatawan. Namun, lagi-lagi masalah sampah bisa merusak keberadaan salah satu keindahan alam ini.

Banyak pendaki yang belum menyadari pentingnya membawa kembali sampah mereka saat menuruni gunung. Akibatnya, sampah menumpuk dan mengancam ekosistem di kawasan Gunung Gede Pangrango. Bahkan, saat dilakukan pembersihan beberapa waktu yang lalu, ada hampir 1 ton sampah berhasil dibersihkan dari kawasan Gunung Gede Pangrango.

Akan tetapi, kekhawatiran akan sampah tersebut berangsur sudah bisa diatasi. Hal itu karena dibuatnya bank sampah di jalur pendakian Cibodas. Oleh karena itu, pendaki Gunung Gede Pangrango diharapkan untuk membawa kembali sampah mereka dan membuangnya di bank sampah.

6. Tumpukan Sampah Merusak Keindahan Telaga Sarangan


Tumpukan Sampah Merusak Keindahan Telaga Sarangan

Terletak di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, keindahan Telaga Sarangan begitu menyedot perhatian. Telaga ini dikenal sebagai telaga alami dengan luas mencapai 30 hektare. Pemandangan indah dan suhu yang sejuk di Telaga Serangan, membuat banyak wisatawan memburu wisata andalan Kabupaten Magetan ini.

Mirisnya, Telaga Sarangan juga tak terhindar dari masalah sampah. Banyak pengunjung merasa risau dengan keberadaan sampah di pinggiran telaga yang begitu mengganggu. Mereka juga mengeluhkan kurangnya kepedulian pengelola untuk menjaga lingkungan Telaga Sarangan.

Sementara itu, pengelola Telaga Sarangan juga mengeluhkan banyaknya pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Pengunjung yang ingin melihat air telaga lebih dekat diketahui banyak membuang sampah ke air. Akhirnya, banyak plastik, botol minuman hingga kertas pembungkus makanan yang menumpuk di daratan.

Masalah sampah ini harusnya menjadi perhatian semua orang, baik pengunjung maupun pengelola tempat wisata. Yuk, sama-sama jaga keindahan alam Indonesia dengan peduli masalah sampah. Jangan buang sampah sembarangan, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait