Gunakan Haka Suku Maori di MV 'Simon Says', NCT 127 Tuai Pro Kontra
Musik

Netter New Zealand justru memberikan dukungan pada lagu 'Simon Says'.

WowKeren - NCT 127 belum lama ini comeback dengan album "NCT #127 Regulate". Boy grup yang digawangi oleh Taeyong cs itu pun kini tengah sibuk mempromosikan lagu utama "Simon Says".

Namun MV "Simon Says" belum lama ini menuai sorotan karena awal lagu yang memakai cuplikan haka suku Maori. Seorang peneliti dari Victoria University yang juga merupakan pengacara properti Maori mengungkapkan kritikannya pada MV "Simon Says".


"(Kata-kata suku Maori yang digunakan dalam lagu) sangat memberdayakan dan afirmatif, kata penuh kehormatan. Jadi kalau lagu itu tidak membawa semangat itu, maka tidak tepat kalau mereka menggunakannya," ujar peneliti tersebut.

Berbeda dari kritikan sang peneliti, netter New Zealand justru memberikan dukungan pada MV "Simon Says". Mereka menilai lagu itu bisa membantu mempromosikan budaya Maori kepada pendengar internasional.

Gunakan Doa Suku Maori di Lagu \'Simon Says\', NCT 127 Tuai Pro Kontra

Source: Channel SM Entertainment

"Aku gak pernah melihat orang-orang Maori tak senang kalau haka mereka dipakai dalam film, gak peduli seberapa lucunya itu akan terlihat. Aku dari New Zealand dan meski aku bukan orang Maori, aku bisa menjamin orang-orang gak marah karenanya," tulis seorang netter.

"Haka bukan sesuatu yang disimpan orang-orang Maori untuk diri mereka sendiri. Tim Rugbi New Zealand awalnya memulai pertandingan pertama dari mereka dan gak semua pemain orang Maori. Tapi awalnya dari tradisi Maori tapi itu sudah jadi tradisi New Zealand dan bukan hanya sesuatu yang dikembangkan minoritas," imbuh netter lain.

"Untuk salah satu boy grup K-Pop terbesar menggunakan suara haka, ini perasaan luar biasa," susul netter lainnya. "Ini sungguh terserah pada orang-orang dari budaya itu untuk menilai apa mereka tersinggung atau tidak," pungkas netter lainnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...