Perbedaan Fungsi hingga Penggunaan Contour dan Bronzer yang Wajib Diketahui Pemula
Lifestyle

Biasanya para pemula yang yang baru belajar makeup kebingungan membedakan contour dan bronzer. Cari tahu di sini.

WowKeren - Makeup tak hanya untuk menutupi kekurangan di wajah, namun juga kesenangan bagi wanita. Riasan wajah sendiri tak memiliki aturan, penggunanya dapat memakai makeup sesuai dengan kreasi dan teknik yang mereka senangi. Tidak ada yang salah dari menggunakan riasan tebal, natural, eyeshadow warna-warni, alis lurus atau melengkung dan sebagainya.

Buat para pemula mungkin riasan terlihat memiliki banyak langkah yang kadang sulit dimengerti. Kalian bisa belajar perlahan, kok. Pertama mungkin pahami makeup dasar seperti pemakaian foundation, bedak, lipstik, produk alis, blush on dan maskara. Kemudian kalian bisa melangkah pada eyeshadow, cocealer, contour dan bronzer.


Nah, biasanya para pemula yang yang baru belajar makeup kebingungan membedakan contour dan bronzer lantaran warna dan area untuk diaplikasikan hampir sama. Namun, kedua tahap riasan ini jelas memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan alat untuk mengaplikasikannya juga berbeda, lho.

Berikut perbedaan contour dan bronzer yang wajib banget kalian tahu. Simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Apa Sih Fungsi Contour dan Bronzer Itu?


Apa Sih Fungsi Contour dan Bronzer Itu?

Contour merupakan salah satu teknik riasan yang digunakan untuk mendefinisikan fitur dan bentuk wajah dengan menciptakan ilusi bayangan pada kulit. Seperti diketahui, wajah memiliki bayangan di beberapa bagian. Nah, bayangan itu akan tertutup ketika kita menggunakan foundation dan bedak tebal. Dengan contour kita dapat menciptakan bayangan itu kembali.

Selain itu, teknik yang sering disebut dengan shading ini akan membuat fitur wajah lebih sempit. Jadi, teknik ini biasanya dipakai agar pipi kelihatan tirus, hidung lebih mancung, dahi tidak selebar aslinya dan dagu lebih lancip.

Berbeda dengan contour, bronzer memiliki fungsi yang lebih sederhana yakni untuk memberikan kesan hangat alami pada wajah. Ketika terkena sinar matahari wajah akan tampak glowing, sehat, segar dan eksotis. Bronzer juga akan membuat wajah tampak lebih hidup.

2. Area untuk Menggunakan Contour dan Bronzer


Area untuk Menggunakan Contour dan Bronzer

Pemakaian contour dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kalian memiliki pipi tambam, aplikasikan tepat di bawah tulang pipi agar terlihat lebih tirus. Contour juga digunakan pada bagian atas sisi kiri dan kanan dahi agar membuatnya terlihat lebih sempit. Untuk memancungkan hidung, kalian tinggal menarik garis sepanjang hidung di kedua sisinya. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pada bagian rahang.

Sedangkan untuk bronzer diaplikasikan pada hampir seluruh bagian dahi (garis rambut), pelipis, pipi dan dagu. Terkadang agar lebih eksotis, para wanita menambahkan bronzer pada bagian hidung dan juga pundak, lho.

3. Warna Contour dan Bronzer juga Memiliki Perbedaan


Warna Contour dan Bronzer juga Memiliki Perbedaan

Warna contour dan bronzer memang terlihat sama. Namun, warna contour yang paling cocok adalah warna cokelat yang lebih gelap 1 hingga 2 shade dari kulit asli. Nah, contour juga memiliki hasil akhir matte agar terlihat seperti bayangan asli.

Sementara warna bronzer sangat bertolak belakang dari contour. Pada umumnya bronzer punya undertone yang hangat dan kuning seperti cokelat atau cokelat keoranyean. Untuk bronzer kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari hasil akhir yang matte, shimmery dan sheen. Sebaiknya, pilih bronzer shimmery agar kalian tampil lebih segar dan glowing.

4. Perbedaan Alat untuk Mengaplikasikan Contour dan Bronzer


Perbedaan Alat untuk Mengaplikasikan Contour dan Bronzer

Perbedaan yang terakhir terletak pada alat untuk mengaplikasikannya. Contour membutuhkan alat makeup yang ujungnya mengerucut. Kalian bisa menggunakan angled brush atau spons dengan ujung yang semakin mengecil. Selain itu, sebaiknya brush yang digunakan berujung rata.

Untuk bronzer, kalian dapat menggunakan brush yang memiliki ukuran diameter yang lebih besar dari pada kuas contour. Kuas yang paling cocok adalah kabuki brush yang lebar. Kalian juga bisa menggunakan kuas bedak atau blush on untuk mengaplikasikan bronzer, kok.

Nah, sudah mengetahui perbedaan contour dan bronzer, kan? Kini saatnya kalian tahu bagaimana mengaplikasikan makeup agar terlihat natural, simak di sini. Selain itu, ketahui cara membuat pipi tirus dengan trik makeup di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait