6 Kuliner dari Indonesia Ini Terkenal hingga Mancanegara, Mau Tahu?
Kuliner

Makanan Indonesia selalu kaya akan rempah-rempah yang mendukung keragaman dan kelezatan kuliner di sini.

WowKeren - Indonesia merupakan negara yang memiliki kaya akan budaya. Tak hanya terkenal karena panorama alam yang luar biasa, Tanah Air juga memiliki se-gudang makanan khas yang digemari hingga luar negeri, lho.

Seperti yang kalian ketahui, makanan Indonesia selalu kaya akan rempah-rempah yang mendukung keragaman dan kelezatan kuliner di sini. Rempah-rempah yang kental tentunya menjadi satu hal baru bagi masyarakat negara lain.

Nah, berikut terdapat 6 makanan dari Indonesia yang terkenal di luar negeri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Rumah Makan Nasi Padang Banyak Ditemui di Luar Negeri


Rumah Makan Nasi Padang Banyak Ditemui di Luar Negeri

Nasi Padang merupakan kuliner yang terkenal di Indonesia. Saking favoritnya, di berbagai penjuru Tanah Air kalian pasti menemukan rumah makan Padang. Nah, kuliner ini rupanya juga terkenal banget di mancanegara, lho. Umumnya mereka pertama jatuh cinta ketika merasakan nikmatnya Nasi Padang saat berkunjung ke Indonesia.

Pada 2011 silam, salah satu masakan yang wajib adadi rumah makan Padang, yakni rendang pernah menduduki peringkat pertama World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International. Kalian juga perlu mengetahui bahwa rumah makan Padang sudah banyak tersebat di luar negeri, mulai dari Asia seperti Singapura, Malaysia, Tiongkok hingga negara barat yakni Belanda, Inggris, Australia dan masih banyak lagi.

Rumah makan Padang di luar negeri tak hanya menjadi tempat bagi masyarakat Indonesia yang menetap di sana untuk mengobati rindu. Rumah makan itu juga laris manis di kalangan warga asli. Bagaimana menurut kalian? Ingin mencoba merasakan Nasi Padang di luar negeri? Nah, buat kalian yang pengen tahu masakan Padang yang wajib banget dicoba, cek di sini.

2. Banyak Selebriti Korea yang Suka Nasi Goreng


Banyak Selebriti Korea yang Suka Nasi Goreng

Nasi goreng sebenarnya adalah masakan yang sangat sederhana. Bahan pembuatannya hanya berupa nasi biasa yang kemudian digoreng dan dicampur dengan bumbu khas selera masing-masing. Mengapa selera masing-masing? Karena tidak ada aturan untuk membuat nasi goreng. Kalian juga bisa menambahkan berbagai lauk seperti ayam suir, telur, aneka sea food dan tak lupa sayur mayur.

Nah, tahukah kalian bahwa nasi goreng sering disebut sebagai makanan kesukaan para idol Korea jika berkunjung ke Indonesia. Salah satu member Super Junior, Leeteuk berkali-kali mengungkapkan bahwa makanan Indonesia kesukaannya adalah nasi goreng. Lee Jong Suk juga langsung jatuh cinta pada nasi goreng saat pertama kali berkunjung ke Tanah Air, lho. Oh ya, Barack Obama pun juga pernah menyebutkan, nasi goreng asli Indonesia sangat sedap.

Kalian juga perlu tahu bahwa satu porsi nasi goreng di luar negeri mahal banget, lho. Di negara lain sebenarnya juga memiliki hidangan semacam nasi goreng yang khas. Namun, bumbu-bumbu khas Indonesia yang bikin Nasi Goreng di negara kita bisa terkenal banget.

3. Sate Sangat Terkenal di Luar Negeri


Sate Sangat Terkenal di Luar Negeri

Siapa yang tak suka satay, makanan asli Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air? Satay atau yang biasa disebut sate disajikan dalam dua varian, Sate Padang dan Sate Madura. Perbedaannya adalah Sate Madura menggunakan bumbu kacang yang kental, sementara Sate Padang memiliki bumbu dari rempah-rempah tradisional yang terkesan sedikit encer.

Sate bisa terkenal di luar negeri karena cara penyajiannya yang unik yakni berupa daging ayam, sapi atau kambing yang ditusukkan pada sebatang kayu runcing. Daging yang telah ditata rapi kemudian dipanggang hingga matang kemudian dituang bumbu racikan yang lezat banget. Hidangan ini jadi salah satu yang banyak diincar turis saat ke Indonesia.

Di luar negeri sendiri sudah banyak warung sate khas Indonesia. Salah satunya adalah restoran bernama Satay Junction yang menjual sate ayam sebagai menu andalah. Restoran tersebut dapat kalian temukan di New York, Amerika Serikat.

4. J.Co Donut & Coffee, Merek dari Indonesia yang Sering Disangka Produk Asing


J.Co Donut & Coffee, Merek dari Indonesia yang Sering Disangka Produk Asing

Makanan yang satu ini mungkin bukan masakan khas Indonesia, namun eksistensinya di dunia kuliner sudah tidak diragukan lagi. Kalian pasti mengenal J.Co Donut & Coffee, kan? Banyak yang menyangka bahwa merek ini berasal dari luar negeri. Padahal, donat yang jadi favorit banyak orang ini milik Johny Andrean, pemilik salah satu salon yang terkenal itu.

Kelezatan donat J.Co tak hanya digemari oleh warga Indonesia, namun juga luar negeri. Terbukti usaha ini telah membangun beberapa gerai di Malaysia, Singapura, Shanghai hingga Filipina. Produknya yang selalu inovatif dan kelezatan yang diutamakan menarik perhatian orang luar negeri.

5. Indomie Telah Dijual Diberbagai Negara


Indomie Telah Dijual Diberbagai Negara

Produk dari Indonesia yang sudah diakui dunia kelezatannya adalah Indomie. Produk mie instan ini tak hanya terkenal di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Hongkong hingga Taiwan, namun juga telah menjangkau negara-negara lain baik di kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika maupun Amerika.

Pabrik Indomie juga tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga sejumlah negara seperti Malaysia, Saudi Arabia, Nigeria, Suriah hingga Mesir. Menurut Franciscus Welirang, Direktur PT Indofood Sukses Makmur, di Nigeria, Indomie menjadi makanan yang sangat populer. Mereka bekerja sama dengan salah satu industri makanan di sana untuk memproduksi Indomie. Wah, kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia.

6. Tempe, Makanan Fermentasi Kedelai yang Terkenal


Tempe, Makanan Fermentasi Kedelai yang Terkenal

Makanan Indonesia yang terkenal selanjutnya adalah tempe. Makanan olahan fermentasi biji kedelai ini sangat diminati diberbagai belahan dunia karena khasiatnya yang besar. Bahkan sumber protein di dalamnya lebih kaya dibandingkan dengan daging, lho.

Nah, tempe juga jadi makanan yang pas bagi para vegetarian. Dengan pengolahan yang tepat, cita rasa tempe bakal mirip banget sama daging. Perlu kalian ketahui, di London terdapat street food dengan nama Warung Tempeh yang sangat digemari masyarakat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel