Gempa Lombok 5,7 SR Dirasakan Hingga Bali, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang
Nasional

BMKG mengaku belum mendapatkan laporan mengenai adanya kerusakan ataupun gempa susulan.

WowKeren - Gempa kembali dikabarkan mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Kamis (6/12). BMKG mengumumkan adanya gempa berkekuatan 5,7 SR yang terjadi di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada pukul 08.02 WIB. Terkait gempa ini, BMKG mengatakan tidak ada potensi tsunami yang terjadi.

Sementara itu, getaran gempa yang berada di kedalaman 10 km ini dirasakan kuat hingga di wilayah Bali. Tercatat beberapa wilayah yang merasakan getaran gempa di antaranya Denpasar, Jimbaran, Tabanan, Singaraja, Nusa Dua, dan Kuta.


Beberapa orang yang tinggal di Bali mengaku merasakan getaran kuat pada saat gempa ini terjadi. Mereka mengaku menyaksikan beberapa benda terlihat bergetar. "Kerasa banget sampai di Bali, semoga baik-baik saja," tulis salah satu netter. "Terasa banget sampai Bandara Ngurah Rai," sahut netter yang lain.

Terkait hal ini, Kepala BMKG, Rahmat Triyono, telah menyampaikan hasil analisis. Menurutnya, gempa bumi ini termasuk dalam kategori dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Rahmat memberikan penjelasan soal penyebab munculnya gempa bumi. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Rahmat seperti dilansir CNN pada Kamis (6/12).

BMKG juga menyatakan belum ada laporan kerusakan dan juga gempa susulan. Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegas BMKG.

You can share this post!

Related Posts