Polisi Evakuasi Korban Penembakan di Papua, Beberapa Diduga Masih Hilang
AFP
Nasional

Polisi menduga masih ada beberapa korban yang belum ditemukan, hal ini didasarkan atas informasi awal jumlah pegawai PT Istaka Karya.

WowKeren - Tim gabungan TNI-Polri telah menemukan 15 korban jiwa di Puncak Kabo, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Satu korban selamat yang ditemukan bersama 15 jenazah tersebut kini masih berada di Distrik Mbua.

Polisi menduga masih ada korban lainnya di Puncak Kabo yang belum ditemukan. Perkiraan tersebut didasarkan pada informasi awal jumlah pegawai PT Istaka Karya.

Dari data tersebut, ada 24 orang karyawan yang melakukan pengerjaan jembatan Trans Papua. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyatakan bahwa tim TNI-Polri hingga kini masih melakukan pencarian.

"Jadi kami menduga masih ada korban lainnya yang belum ditemukan. Namun untuk kondisinya belum bisa kita ketahui," ujar Kamal, Rabu (5/12). "Maka dari itu tim masih berupaya semaksimal mungkin mencari mereka."

Kamal juga menuturkan bahwa salah satu anggota Brimob bernama Bharatu Wahyu tertembak kala memasuki wilayah Puncak Kabo. Anggota tersebut kini telah dievakuasi ke RSUD Wamena dengan menggunakan helikopter.


"Proses evakuasinya dimulai dari Distrik Mbua menuju ke Distrik Kenyam dengan menggunakan helikopter," ujar Kamal. "Saat itu, satu karyawan Telkomsel yang berada di Mbua atas nama Irawan Maulana juga dievakuasi ke Wamena sekitar pukul 18.00 WIT."

Menurut Kamal, Bharatu terkena luka tembak di bagian lengan kanan, bahu kiri, serta leher. Luka ini merupakan hasil dari baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mbua.

Korban jiwa yang ditemukan oleh tim gabungan TNI-Polri belum bisa diidentifikasi. Rencananya para korban akan dievakuasi ke Wamena hari ini (6/12).

"Sementara para korban telah dikumpulkan di suatu tempat. Karena situasi, tidak dimungkinkan untuk dilakukan evakuasi," jelas Kamal. "Para korban akan dievakuasi ke Wamena dan apabila cuaca tidak memungkinkan, para korban akan dievakuasi ke Timika besok.”

Kamal mengaku bahwa tim forensik juga sudah dalam perjalanan ke Timika untuk proses identifikasi. "Kini, tim Kedokteran Forensik FK Uncen dan tim Forensik Pusdokkes Polri akan ke Timika untuk melakukan indentifikasi para korban,” jelas Kamal.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru