Detik-Detik Rumah Hancur Akibat Puting Beliung di Bogor, Wali Kota Instruksikan Bantuan Segera
Twitter
Nasional

Tampak angin kencang menerbangkan atap dan bagian rumah lainnya. Sedangkan para warga mencoba berlindung di dalam.

WowKeren - Pada Kamis (6/12) kemarin, wilayah Bogor bagian Selatan dilanda angin kencang dan puting beliung. Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra peristiwa tersebut terjadi karena bentukan awan CB (kumulonimbus) yang cukup matang. Situasi ini berpotensi terjadi selama puncak musim hujan yang berlangung hingga akhir Februari 2019 mendatang.

Puting beliung mengakibatkan sekitar 800 rumah rusak di empat kelurahan. Banyak juga pohon tumbang dan menimpa sejumlah kendaraan di jalan.


Bima Arya Sugiarto selaku Wali Kota Bogor langsung bergerak menginstruksikan jajarannya untuk menyalurkan bantuan. Ia juga menyampaikan duka mendalam pada korban tewas yang tertimpa pohon di dalam kendaraannya.

"Duka cita kami untuk keluarga almarhumah. Pemkot akan memberikan santunan dan bantuan maksimal untuk keluarga korban," ujar Bima. "Saya juga sudah menginstruksikan camat hingga lurah untuk berkoordinasi dengan Dinsos dan BPBD guna penyaluran bantuan tanggap darurat sesegera mungkin."

Selain itu, Bima juga meminta warga untuk tetap waspada selama puncak musim hujan. "Perhatikan arahnya dan jangan melintas di depan arah pergerakan angin puting beliung termasuk berteduh di bangunan tua atau yang potensial roboh," lanjut Bima.

Sementara itu, video dan foto keganasan puting beliung menghancurkan rumah warga beredar di media sosial. Tampak angin kencang menerbangkan atap dan bagian rumah lainnya. Sedangkan para warga mencoba berlindung di dalam.

Video lainnya menunjukkan pusaran angin puting beliung. Pohon-pohon besar juga bergerak liat karena angin kencang tersebut. Pada foto-foto usai kejadian juga menunjukkan beberapa kendaraan yang sampai masuk ke dalam selokan.

You can share this post!

Related Posts