8 Fakta Unik Terkait Freckles yang Kini Jadi Tren Makeup
WallpaperMaiden
Lifestyle

Freckles merupakan bintik-bintik alami di wajah yang kini digemari sebagai tren makeup.

WowKeren - Freckles atau bintik-bintik cokelat pada kulit kini tengah digemari dalam bentuk tren makeup. Padahal, freckles pada wajah sempat dianggap sebagai ketidaksempurnaan, lho. Banyak wanita yang menutupinya dengan riasan tebal agar tidak terlihat.

Populernya freckles bermula dari tren makeup yang menonjolkan kecantikan alami. Jadi, wanita semakin percaya diri memamerkan freckles yang ada di wajahnya. Beberapa juga membuat freckles palsu demi terlihat kekinian.

Namun, sesungguhnya apa sih freckles itu? Berikut 8 fakta menarik terkait bintik-bintik cokelat di wajah tersebut. Simak di sini.

(wk/nris)

1. Freckles Muncul Karena Paparan Sinar Matahari


Freckles Muncul Karena Paparan Sinar Matahari

Freckles dapat timbul karena paparan sinar ultraviolet matahari. Tidak adanya perlindungan ekstra membuat sinar UV akan dengan mudah meningkatkan produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi berupa freckles. Perlu kalian ketahui bahwa freckles tidak hanya muncul pada kulit wajah tetapi juga daerah yang sering terpapar matahari seperti bahu dan juga lengan.

Nah, maka dari itu, wanita maupun pria wajib menggunakan tabir surya saat berpergian ke luar ruangan ketika siang hari. Tabir surya akan mencegah wajah terpapar sinar matahari langsung. Kalian juga bisa mengenakan masker atau topi untuk melindungi kulit.

2. Munculnya Freckles Dipicu Karena Faktor Genetik


Munculnya Freckles Dipicu Karena Faktor Genetik

Freckles juga muncul karena faktor genetik. Apabila orangtua dan keluarga memiliki freckles, kemungkinan besar anaknya juga akan memilikinya. Hal ini juga terkait dengan banyak sedikitnya bintik-bintik cokelat yang dimiliki.

Meskipun dipengaruhi oleh faktor genetik, freckles tidak langsung muncul ketika bayi baru saja lahir. Freckles akan mulai terlihat bisa seseorang sering terkena paparan sinar matahari yang membuat sel-sel di kulit menciptakan lebih banyak pigmen.

3. Freckles Mejadi Pengukur Sensitifitas Kulit Terhadap Matahari


Freckles Mejadi Pengukur Sensitifitas Kulit Terhadap Matahari

Pada beberapa orang, melanin diproduksi secara merata di seluruh kulit. Sebagian lagi tidak dan hanya muncul sebagai freckles saat terkena sinar matahari. Nah, banyaknya freckles pada wajah kalian bisa menjadi tolak ukur sensitifitas kulit terhadap matahari.

Jika freckles semakin banyak, hal tersebut menandakan kalian butuh perlindungan dari tabir surya. Kalian juga perlu memperhatikan ukuran dan warna freckles, jika semakin besar dan berwarna gelap segera periksa diri ke dokter kulit.

4. Terdapat Dua Jenis Freckles


Terdapat Dua Jenis Freckles

Pada dasarnya, freckles terbagi menjadi dua jenis yakni Ephelides dan Lentigo. Jenis Ephelides merupakan freckles yang sering muncul pada wanita Kaukasian yang berkulit putih. Jenis ini juga banyak muncul pada orang dengan rambut merah.

Sementara freckles jenis Lentigo merupakan bintik yang warnanya lebih gelap dan tidak memudar meskipun tidak terpapar sinar matahari. Jika memiliki yang satu ini, kalian tidak perlu menyembunyikannya, cukup percaya diri dengan apa yang kalian miliki.

5. Freckles Berfungsi Sebagai Sunscreen Alami Kulit


Freckles Berfungsi Sebagai Sunscreen Alami Kulit

Tubuh memiliki zat bernama melanosit yang berguna sebagai tabir surya alami. Melanosit akan membuat bagian kulit menjadi lebih gelap sebagai bentuk proteksi sehingga kulit tidak rentan terhadap sinar UV. Jadi sebenarnya, freckles merupakan reaksi alami tubuh.

Meski begitu, kalian tidak boleh melupakan pelindungan ekstra dari sunscreen, ya. Pasalnya, paparan sinar Uv bisa sangat berbahaya bagi kulit kita.

6. Tampilan Freckles Berubah Sesuai Musim


Tampilan Freckles Berubah Sesuai Musim

Perlu kalian ketahui bahwa freckles pada kulit dapat berubah secara alami. Kondisi freckles sangat dipengaruhi oleh cuaca, lho. Bagi mereka yang tinggal di wilayah yang memiliki empat musim, tampilan freckles akan semakin jelas terlihat memasuki musim panas. Sedangkan saat musim dingin, tampilannya akan memudar.

7. Freckles Tidak Berbahaya dan Dapat Dicegah


Freckles Tidak Berbahaya dan Dapat Dicegah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa freckles merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit. Nah, jadi kalian enggak perlu khawatir bintik-bintik cokelat ini bakal membahayakan tubuh, ya. Selain itu, jumlah freckles yang muncul pada kulit tidak menentukan bahaya atau resiko bahwa mereka akan berubah menjadi kanker kulit.

Bagi kalian yang tidak ingin mengikuti tren dengan freckles, upaya mencegah munculnya bintik-bintik hitam tersebut adalah dengan rajin menggunakan pelindung berupa krim tabir surya. Kalian juga sebaiknya menghindari sinar matahari dari pukul 10 siang hingga 4 sore.

8. Tak Semua Orang Berambut Merah Memiliki Freckles


Tak Semua Orang Berambut Merah Memiliki Freckles

Fakta lainnya adalah tidak semua orang berambut merah memiliki freckles meskipun mereka memiliki lebih sedikit melanin di kulitnya. Hal tersebut dikendalikan oleh gen yang sama, karena 80% orang berambut merah memiliki gen MC1R.

Satu lagi yang unik dari freckles adalah fakta bahwa pada abad pertengahan, bintik-bintik cokelat dianggap sebagai tanda seorang penyihir, lho. Pemilik freckles akan dinilai sebagai seorang penyihir yang menyembah setan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru