Tak Puas dengan Pemerintahan Jokowi, Ojek Online Dukung Prabowo
Instagram/prabowo
Nasional

Meskipun sudah hadir lebih dari tiga tahun di Indonesia, belum ada aturan khusus yang mengatur keberadaan ojek online.

WowKeren - Kehadiran ojek online menjadi hal yang menguntungkan bagi berbagai kalangan. Hal ini dinilai karena ojek online bisa memberikan layanan transportasi yang lebih praktis.

Namun hingga saat ini, belum ada aturan khusus yang melindungi keberadaan ojek online. Komunitas ojek online menilai pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi belum mampu menerbitkan regulasi yang mengatur ojek online.


Hal inilah yang melatarbelakangi dukungan para pengemudi ojek online terhadap pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Mereka berharap dengan terpilihnya Prabowo, akan ada kebijakan baru yang lebih menguntungkan bagi para pengemudi transportasi online.

Dukungan ini disambut hangat oleh kubu Prabowo. Wakil Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferry Juliantono menuturkan bahwa pihaknya akan mengeluarkan kebijakan terkait hal tersebut.

“Ketika nanti terjadi pergantian kekuasaan, kami akan ganti kebijakan ini,” kata Ferry di kantor sekretariat BPN, Jakarta Selatan, Jumat (14/12). “Bahwa fleksibel labour market ini harus menempatkan posisi yang sama.”

Melalui kebijakan tersebut, Ferry menuturkan agar pengemudi mendirikan badan usaha seperti koperasi. Hal itu dinilai akan bermanfaat bagi para pengemudi untuk mendapatkan posisi tawar yang proporsional.

“Bahkan ada pikiran dari kami bahwa sebenarnya badan usaha koperasi ini bisa didirikan pengemudi,” sambung Ferry. “Supaya mereka punya posisi dan kedudukan yang sama kuatnya untuk menentukan tarif dan apapun.”

Saat ini, pengemudi sifatnya terikat dengan perusahaan penyedia layanan ojek online. Hal ini membuat para pengemudi tidak bisa memperoleh posisi tawar yang cukup baik.

"Daripada sekarang mereka terikat dari satu kemitraan,” ujar Ferry. “Tapi tidak memiliki posisi tawar dan hak yang cukup baik."

Dukungan pengemudi ojek online terhadap pasangan Prabowo-Sandi dilakukan pada hari Jumat (14/12) di kantor Sekretariat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga di Jakarta Selatan. Hal tersebut dideklarasikan oleh Zulfikar selaku juru bicara Forum Gabungan Roda 02.

“Hari ini kami ingin menyatakan dukungan kepada Bapak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” papar Zulfikar di Jakarta Selatan, Jumat (14/12). “Sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2019.”

Capres Prabowo Subianto dijadwalkan akan hadir dalam acara kopi darat yang dgelar oleh Forum Gabungan Roda 02 di Sentul Jawa Barat, pada Minggu (16/12) mendatang. Hal ini merupakan wujud nyata dukungan komunitas ojek online terhadap Prabowo.

You can share this post!

Related Posts
Loading...