Kembali Tersandung Masalah Pajak, Pemerintah Spanyol Bakal Penjarakan Shakira
Getty Images/James Devaney
Selebriti

Menurut kejaksaan, Shakira tidak membayar pajak sebesar Rp 239 miliar selama ia tinggal di Spanyol.

WowKeren - Kabar terbaru datang dari Shakira. Musisi berusia 41 tahun ini dikabarkan bakal dipenjara lantaran menghindari pajak selama bertahun-tahun. Pada bulan Januari lalu, badan pajak Spanyol memang meminta jaksa menyelidiki keuangan Shakira selama empat tahun terakhir karena penyanyi tersebut dilaporkan belum membayar pajak dari seluruh pendapatannya.

Dilansir Aceshowbiz pada Senin (17/12), kejaksaan setempat menuduh kekasih Gerard Pique tersebut mangkir bayar pajak sebesar 14,5 juta Euro (sekitar Rp 239 miliar) selama ia tinggal di Spanyol. Tuntutan ini diajukan di Catalonia, tempat tinggal pelantun "Waka Waka" tersebut bersama Pique. Shakira dituduh tidak membayar pajak atas penghasilan yang ia peroleh dari tahun 2012 hingga 2014.

Shakira sendiri dilaporkan sudah resmi menjadi penduduk Spanyol pada tahun 2015 lalu. Namun kekasih bek Barcelona tersebut sudah menghabiskan waktunya di Negeri Matador sejak tahun 2011 silam serta memiliki dua anak dari hubungannya dengan Pique. Hal inilah yang menyebabkan Shakira diharuskan membayar pajak dalam selang waktu tersebut.


Sebelumnya, pengacara Shakira mengatakan bahwa sang artis selalu mematuhi kewajiban pajaknya. Ia mengklaim bahwa Shakira tidak menetap di Spanyol hingga 2015 dan menyebut bahwa sang musisi tinggal di Bahama sebelum tahun tersebut. "Sebagai penyanyi profesional, dia (Shakira) pernah tinggal di beberapa tempat. Shakira bertindak sesuai dengan hukum di mana tempat dia tinggal," ujar pengacara Shakira beberapa waktu lalu.

Namun sayangnya, pihak jaksa berpendapat ini hanya klaim bahwa Shakira hanya tinggal di Bahama padahal dirinya merupakan penduduk Catalonia. Jaksa menganggap ia tinggal di Spanyol sepanjang tahun dan hanya bepergian dalam waktu singkat ke luar negeri.

Saat ini pihak pengadilan belum menentukan apakah akan menindaklanjuti laporan tersebut atau tidak. Jika nantinya Shakira dinyatakan bersalah, maka ia akan terkena denda jutaan Euro hingga hukuman penjara. Keputusan ini akhirnya muncul setelah otoritas pengadilan Spanyol mengumumkan penyelidikan 11 bulan lalu.

Di sisi lain, Shakira bukanlah pesohor pertama yang tersandung persoalan pajak. Pada Juli 2016 lalu, pesepak bola Lionel Messi dan ayahnya Jorge diberi penangguhan hukuman selama 21 bulan setelah dinyatakan bersalah atas penghindaran pajak citra pemain. Kemudian pada awal tahun ini, Cristiano Ronaldo mengaku bersalah atas penipuan pajak dan membayar denda hampir 19 juta Euro (sekitar Rp 313 miliar sebagai ganti hukuman penjara dua tahun).

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru