Tilik Langsung Lokasi Tsunami Selat Sunda, Jokowi Pastikan Lakukan Penanganan Pasca Bencana
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Jokowi memastikan bahwa Pemerintah akan melakukan penanganan pasca bencana secara maksimal.

WowKeren - Indonesia kembali berduka. Pada Sabtu (22/12) malam sekitar pukul 21.27 WIB kemarin, bencana tsunami melanda kawasan Selat Sunda. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tinggi melanda daerah Serang, Kota Agung, Banten, serta Pelabuhan Panjang.

Menanggapi kabar ini, Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi pun dijadwalkan untuk mengunjungi para pengungsi di Pandeglang. "Jam 08.30 WIB Bapak RI-1 (Jokowi) mendarat menuju hotel mutiara dan Hotel Stefani Carita (Pandeglang), lanjut ke (posko) pengungsian di kecamatan (Carita)," ujar Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, lewat pesan singkat pada Senin (24/12) pagi.

Setelah itu, Edy Sumardi juga menuturkan bahwa Jokowi dijadwalkan untuk mengunjungi korban tsunami Selat Sunda di RS Pandeglang. "Jam 10.00 WIB kembali ke heli, terbang ke RS Pandeglang," lanjut Edy.


Di sisi lain, Jokowi sendiri sempat menyampaikan keprihatinannya secara langsung atas bencana tsunami Selat Sunda yang menerpa Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan. Melalui akun Twitter pribadinya, Presiden berusia 57 tahun ini mengungkapkan bahwa ia telah memerintahkan segenap jajaran pemerintah untuk melakukan langkah tanggap darurat dalam mengatasi bencana tersebut.

"Duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban bencana tsunami di Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan, semalam," tulis Jokowi. "Saya telah memerintahkan segenap jajaran pemerintah terkait untuk segera melakukan langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, merawat yang luka-luka."

Sebelumnya, pada hari Minggu (23/12) kemarin, Jokowi juga memastikan bahwa Pemerintah akan melakukan penanganan pasca bencana secara maksimal. Ia pun telah menginstruksikan jajaran terkait mulai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Sosial, Panglima TNI, hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk langsung terjun ke lapangan melakukan evakuasi dan pendataan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru