BMKG Beri Penjelasan Soal Suara Dentuman Misterius yang Terdengar di Jabar Hingga Sumsel
Nasional

Sebelumnya, BPBD Garut menyatakan bahwa sumber suara berasal dari lokasi latihan tempur, namun dentuman keras dilaporkan masih terus didengar oleh beberapa warga.

WowKeren - Suara dentuman misterius dikabarkan terdengar oleh beberapa orang di sejumlah wilayah. Suara dentuman berulang kali ini awalnya dikabarkan didengar oleh warga Cianjur, Jawa Barat. Setelah itu, beberapa warga Sumatera Selatan juga mengabarkan bahwa beberapa dari merekapun mendengar suara dentuman yang sama kuatnya.

Terkait hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut telah memberikan penjelasan. Berdasarkan pantaunnya, suara dentuman keras yang terdengar di beberapa wilayah Jawa Barat itu disebut berasal dari lokasi latihan TNI. "Suara tersebut berasal dari lokasi latihan tempur TNI di sekitar Gunung Sumul (Rancabali Ciwidey). Sampai perbatasan pasir muncang Naringgul, Cikadu Kab. Cianjur. Untuk semuanya diharap tenang," demikian keterangan BPBD Garut.

Kendati demikian, masyarakat yang mengaku masih terus mendengar suara dentuman keras ini tetap mempertanyakan asal sumber suara tersebut. Mengatasi rasa penasaran, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akhirnya buka suara terkait fenomena ini.

Menurut penjelasan BMKG, dentuman keras yang dirasakan oleh masyarakat di wilayah Jawa Barat dan Sumatera Selatan ini masih terus akan dicek dan dipantau dari mana sumbernya. "Kita mesti cek lagi," ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhammad Sadly di Jakarta pada Selasa (25/12).


Sadly menjelaskan bahwa asal suara dentuman bisa beragam. Salah satunya adalah berasal dari erupsi gunung berapi. Namun, untuk kepastiannya, BMKG masih akan terus melakukan pengecekan. Disebut, suara dentuman ini juga sangat lemah dideteksi alat milik BMKG.

"Kalau pergerakan lempeng kan kita tahu ya berapa Skala Richter, apakah ada potensi tsunami atau tidak, kalau dentuman kan kita sampai saat ini belum punya informasi terkait dengan dentuman tersebut," lanjut Sadly. "Karena besarannya juga itu kan kecil ya, jadi tidak terdeteksi begitu kalau soal dentuman seperti itu."

Di sisi lain, Kapendam III Siliwangi Kolonel Arh Hasto Respatyo menyatakan bahwa dentuman yang didengar di kawasan Jawa Barat disebut berasal dari peluncuran uji coba roket di stasiun LAPAN. Namun, pihak LAPAN justru membantah dengan mengatakan bahwa bunyi roket mereka berupa desisan dan bukan dentuman.

Suara misterius sebelumnya juga pernah terdengar beberapa waktu lalu. Akan tetapi, suara misterius yang terdengar di langit Pekalongan tersebut sudah berhasil diidentifikasi sebagai suara pesawat Antonov.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait