Kembali Terjadi di Cirebon, Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Angin Puting Beliung
SerbaSerbi

Masyarakat Indonesia masih kurang pemahaman terkait dengan evakuasi saat bencana terjadi.

WowKeren - Berbagai bencana kini tengah melanda wilayah Indonesia. Setelah gempa dan tsunami di berbagai daerah, angin puting beliung ikut menerjang Kecamatan Anguragan, Cirebon, Jawa Barat pada Minggu (30/12).

Akibat terjangan angin puting beliung, terdapat 165 rumah rusak, sembilan orang luka-luka dan satu orang tewas. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang juga memperlihatkan kondisi rumah rusak akibat angin puting beliung tersebut.


Angin puting beliung sebelumnya juga terjadi di Bogor. Peristiwa ini juga menyebabkan satu orang meninggal dunia lantaran tertimpa pohon tumbang. Saat itu, ia tengah berada di dalam mobil.

Masyarakat Indonesia memang kurang pemahaman terkait dengan evakuasi saat bencana terjadi. Maka dari itu, ketahui tips menghadapi angin puting beliung yang menerjang di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Masuk Ke Dalam Rumah atau Bangunan yang Kokoh


Masuk Ke Dalam Rumah atau Bangunan yang Kokoh

Saat angin puting beliung atau pun angin kencang terjadi, hal yang paling baik kalian lakukan adalah menjauh dari arah angin. Abaikan keinginanan untuk mengabadikan hal tersebut karena hanya akan membahayakan kalian.

Segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh ketika terjadi angin puting beliung. Tutup jendela dan kunci pintu. Kalian juga harus menjauh dari sudut ruangan, pintu, jendela dan dinding paling luar bangunan. Cari tempat yang aman seperti tengah ruangan menghindari dinding yang roboh.

2. Matikan Aliran Listrik dan Tabung Gas Ketika Terjadi Angin Puting Beliung


Matikan Aliran Listrik dan Tabung Gas Ketika Terjadi Angin Puting Beliung

Selain itu, kalian juga harus waspada akan aliran listrik rusak saat terjadi bencana angin puting beliung. Matikan semua aliran listrik dan peralatan elektronik mencegah adanya arus pendek. Seperti diketahui, angin puting beliung biasanya juga disertai dengan hujan.

Lepas pula regulator tabung gas untuk mencegah kebakaran. Pastikan semua telah aman sebelum kalian berlindung. Pikirkan resiko terkecil apapun untuk meminimalisir kerugian dan kecelakaan.

3. Membungkuk Ketika Terdapat Petir Menyambar


Membungkuk Ketika Terdapat Petir Menyambar

Seperti yang telah disebutkan, angin puting beliung umumnya terjadi disertai dengan hujan deras. Tentunya akan banyak petir menyambar dan juga bisa menyebabkan pohon tumbang.

Nah, ketika petir menyambar, sebaiknya kalian segera membungkuk, duduk dan peluk lutut ke dada. Hindari tiarap di atas tanah. Segera berlindung ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh, ya. Lakukan langkah-langkah yang sebelumnya dijelaskan.

4. Jangan Berlindung di Bawah Pohon dan Tiang Listrik


Jangan Berlindung di Bawah Pohon dan Tiang Listrik

Jika kalian sedang berada di luar rumah atau lokasi wisata yang minim bangunan, jangan pernah berteduh di bawah pohon saat angin kencang atau puting beliung terjadi. Hindari pohon-pohon besar apalagi pohon yang usianya sudah tua karena rentan tumbang.

Nah, untuk pencegahan, kalian bisa memangkas ranting-ranting pohon di sekitar tempat tinggal. Hal ini dapat meminimalisir akibat dari angin puting beliung, lho.

5. Gunakan Sepatu dan Helm untuk Melindungi Tubuh


Gunakan Sepatu dan Helm untuk Melindungi Tubuh

Ketika angin puting beliung terjadi, kalian harus bersiap untuk kemungkinan terburuk. Angin puting beliung yang sangat kuat dapat merobohkan rumah. Untuk itu, gunakan alas kaki yang baik dan pelindung kepala seperti helm. Perlindungan tersebut membantu kalian melewati puing-puing pecahan kaca dan kayu.

6. Keluar Segera Jika Berada di Dalam Kendaraan


Keluar Segera Jika Berada di Dalam Kendaraan

Siapa yang tahu kapan bencana akan terjadi. Mungkin kalian tengah liburan, bersantai atau dalam saat peristiwa tersebut terjadi. Segera keluar dari kendaraan, yakni mobil ketika bencana seperti angin puting beliung terjadi. Pengendara motor juga sebaiknya berhenti dan langsung berlindung ke dalam bangunan atau tempat yang aman.

Jangan berhenti di bawah pohon besar karena rawan tumbang. Pastikan daerah setempat aman sebelum parkir kendaraan kalian, ya.

7. Kenali Tanda-Tanda Angin Puting Beliung


Kenali Tanda-Tanda Angin Puting Beliung

Mencegah banyaknya korban jiwa saat terjadi bencana, kalian harus mengetahui tanda-tanda terjadinya puting beliung. Kondisi alam sebelum terjadi puting beliung biasanya akan berubah. Cuaca akan terasa panas tidak seperti hari-hari biasa.

Kemudian, cuaca panas tersebut tiba-tiba digantikan oleh hujan lebat serta angin kencang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda akan terjadinya angin puting beliung. Maka kalian harus waspada, ya.

Selain puting beliung, tsunami juga menghantam dua daerah yakni Palu-Donggala dan Selat Banten di Indonesia pada 2018 ini. Ketahui cara evakuasi yang tepat saat terjadi tsunami di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait