Tolak Pledoi Ahmad Dhani, Jaksa Minta Suami Mulan Jameela Dihukum 2 Tahun Penjara
Instagram
Selebriti

Ahamd Dhani membacakan pledoi untuk membela dirinya dari tuntutan jaksa dalam kasus ujaran kebencian.

WowKeren - Sidang lanjutan tentang kasus ujaran kebencian yang menyeret Ahmad Dhani telah digelar pada Senin (7/1). Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan tersebut, Dhani membacakan pledoi atau pembelaan.

Dhani memberi judul pledoinya Indonesia di Persimpangan Menuju Negara Para Penista Agama dan Para Pengeksekutor Demokrasi. Dalam pledoinya, Dhani menyebutkan bahwa cuitannya di Twitter tentang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukanlah ujaran kebencian.


Seperti diketahui, Dhani dituding menyebarkan kebencian terkait SARA terhadap pendukung Ahok. Hal tersebut membuat Dhani dijerat dengan UU ITE Pasal 45A ayat 1 jo Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo; Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Selain itu, Dhani yang diwakilkan oleh kuasa hukumnya, Hendarsam Marantoko meminta Majelis Hakim untuk mengabulkan permohonan kliennya. Diantaranya adalah menerima pembelaan Dhani, menyatakan tidak bersalah, serta membebaskannya dari segala tuntutan.

Akan tetapi, pledoi Dhani tersebut akhirnya ditolak oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pasalnya, JPU menilai Shani menyatakan permusuhan dan penghinaan terhadap suatu golongan. JPU juga tetap meminta Majelis Hakim untuk menjatuhkan hukuman penjara selama dua tahun terhadap suami Mulan Jameela tersebut.

"Kami memohon kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani dengan pidana penjara selama 2 tahun," ujar jaksa Sarwoto saat membacakan replik atau tanggapan mewakili JPU pada Senin (7/1). "Kami menyatakan tetap pada tuntutan yang telah kami bacakan pada persidangan."

Sementara itu, pihak Dhani mengatakan akan mengajukan duplik menanggapi tuntutan JPU tersebut. Rencananya, sidang lanjutan kasus ujaran kebencian yang menimpa Dhani akan digelar pada 14 Januari mendatang. Dhani juga belum lama ini menyindir sang mantan istri, Maia Estianty, yang mendukung Ahok melalui sebuah foto yang kini telah dihapus.

You can share this post!

Related Posts