Bingung Sering Dituduh Anggota PKI, Megawati Soekarnoputri: Kok Saya Tidak Ditangkap?
Nasional

Dalam acara 'Megawati Bercerita', putri kandung Soekarno tersebut menuturkan bahwa dirinya sering dituduh sebagai anggota PKI.

WowKeren - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya kerap dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Ia pun heran dengan tuduhan tersebut.

Perasaan tersebut ia ungkapkan dalam acara "Megawati Bercerita" di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, pada 7 Januari 2019. Putri Soekarno ini mempertanyakan mengapa hingga kini dirinya tak ditahan apa memang benar ia seorang anggota PKI.


"Lho kok saya dibilang PKI, gitu kan, nah kok sampai hari ini enggak ditangkap," tutur Megawati. "PKI melulu, PKI, PKI (yang dipakai). Rakyat yang di bawah, rakyat yang masih belum terpelajar itu dipikir ngerti?"

Megawati menjelaskan bahwa sejak zaman Orde Baru ia selalu dituding sebagai anggota PKI. Meski demikian, dirinya tetap bisa tiga kali terpilih sebagai anggota DPR.

Padahal menurut Megawati, sebelum diperbolehkan mendaftar sebagai calon legislatif (caleg), seorang politisi akan diperiksa apakah memiliki hubungan dengan PKI atau tidak. Sehingga sangat sulit bagi seorang politisi untuk terpilih sebagai anggota DPR di era Orde Baru.

Oleh sebab itu, Megawati menilai tuduhan PKI atas dirinya tidak logis. Pasalnya ia berhasil lolos tiga kali menjadi anggota DPR di era pemerintahan Soeharto.

Mantan Presiden RI tersebut akhirnya tak ambil pusing terkait tuduhan itu. Ia memilih untuk mengabaikan tudingan tersebut dan terus memimpin partainya.

"Biarin ajalah dibilangin gitu," ujar Megawati. "Kami jalan aja, itu orang sentimen aja karena kepingin menang. Padahal menang itu mestinya dengan terhormat dong."

Dalam kesempatan yang sama, Megawati juga membahas hubungannya dengan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Ia mengaku bahwa persahabatannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut baik-baik saja.

Megawati bahkan mengaku bahwa Prabowo sampai berganti pakaian saat dikunjungi olehnya. Tak hanya itu, Prabowo juga disebut kerap merindukan nasi goreng buatan Megawati.

You can share this post!

Related Posts
Loading...