Raja Malaysia Turun Takhta Demi Cinta, Ini Nama-Nama Kandidat Kuat yang Menggantikannya
AP
Dunia

Diketahui menikah dengan putri kecantikan asal Rusia, pihak kerajaan masih belum memberikan komentar terkait alasan pengunduran diri Sultan Muhammad V.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari Kerajaan Malaysia. Raja Malaysia, yakni Sultan Muhammad V, resmi mengundurkan diri sebagai Yang Dipertuan Agong ke-15 pada Minggu (6/1) kemarin. Padahal, ia masih baru saja menghabiskan dua tahun dari lima tahun masa jabatannya.

Keputusan pengunduran diri Raja Malaysia yang ke-15 ini disampaikan oleh pihak Istana Negara Malaysia. Sebelumnya, Sultan Muhammad V juga sudah mengajukan cuti untuk perawatan medis sejak 2 November tahun 2018 lalu. Namun di tengah cuti tersebut, sang Raja malah dikabarkan menikah dengan mantan juara kontes kecantikan di Rusia, Oksana Voevodina.

Dengan adanya pengunduran diri Raja Malaysia yang ke-15 ini, maka Konferensi Penguasa Malaysia akan menggelar pertemuan untuk memilih raja yang baru. Rencananya, Raja Malaysia ke-16 nanti akan disumpah pada akhir Januari 2019 mendatang.


“Para penguasa yang menghadiri pertemuan kemarin telah menetapkan Kamis, 24 Januari 2019, sebagai tanggal digelarnya Konferensi Khusus Penguasa untuk memilih Yang di-Pertuan Agong XVI dan Deputi Yang di-Pertuan Agong,” kata Tan Sri Syed Danial, dalam pernyataan pers dilansir dari Straits Times pada Senin (7/1) kemarin. Pertemuan para penguasa ini telah dilakukan pada Minggu (6/1) kemarin. Sultan dari Pahang, yakni Sultan Ahmad Shah, yang pada saat itu tidak hadir karena kurang sehat, disebut-sebut menjadi kandidat kuat Raja Malaysia yang ke-16.

Sakit yang diderita oleh Sultan Ahmad Shah membuatnya sedikit diragukan untuk menjadi pengganti Raja Malaysia ke-15. Putranyapun disebut tak cocok untuk mewarisi jabatan karena baru saja menjabat sebagai walikota setempat selama dua tahun.

Oleh karena itu, nama yang sangat memungkinkan adalah Sultan Ibrahim Ismail yang berasal dari negara bagian Johor. Ia merupakan nama yang ada dalam garis suksesi ketiga dari Kerajaan Malaysia.

Mengenai alasan pasti Raja Malaysia ke-15 mengundurkan diri, pihak Istana Malaysia masih belum memberikan penjelasan lebih lanjut. Namun, spekulasi mengenai kabar pernikahannya dengan Ratu Kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait