Bikin Heboh Medsos, Gadis yang Kabur Cari Suaka ini Disebut Anak Gubernur Arab Saudi
Business Insider
Dunia

Penahanan Rahaf Mohammed Al-Qunun di Bandara Bangkok menghebohkan jagat maya, pasalnya ia mencuitkan langkah-langkah kaburnya di Twitter.

WowKeren - Seorang gadis bernama Rahaf Mohammed Al-Qunun begitu menghebohkan dunia maya. Pasalnya, gadis berusia 18 tahun ini menjadi sorotan usai membrikade dirinya agar tak dideportasi di Bandara Bangkok, Thailand. Pada saat itu, Rahaf tengah mencoba menuju Australia.

Rahaf disebut kabur dari keluarganya di Arab Saudi. Rahaf menyatakan bahwa ia tak ingin dideportasi lantaran akan mendapatkan perlakuan buruk dan bahkan dibunuh oleh keluarganya. Rahaf juga memberikan keterangan bahwa ia mendapatkan kekerasan fisik dan psikologis dari keluarganya.


Kendati demikian, hal itu dibantah oleh sang ayah. Ia menyatakan bahwa Rahaf hanya terkadang merasa diabaikan. Ia juga tak ada niatan untuk memaksa sang putri menikah. "Dia punya 10 anak. Dia bilang, anak perempuannya itu terkadang merasa diabaikan. Tapi dia tidak merinci lebih lanjut," ujar Surachate seperti dilansir Time pada Kamis (10/1).

Meski sang ayah telah datang ke Bangkok, Rahaf tak mau menemuinya. Ia mengaku takut bertemu dengan sang ayah. Di sisi lain, Badan Pengungsi PBB, UNHCR, telah ikut turut tangan menangani hal ini. UNHCR meminta Australia untuk bisa menerima Rahaf sebagai pengungsi di sana.

Dilansir dari BBC, Rahaf merupakan seorang putri dari Gubernur Al-Sulaimi di Arab Saudi bagian utara. Ia menghebohkan dunia maya lantaran membagikan informasi terkininya tentang upaya pelarian dirinya dari keluarga menit demi menit di Twitter.

Sebuah video yang diunggah oleh aktivis hak asasi manusia juga menunjukkan seorang pejabat Arab Saudi yang meminta pemerintah Thailand untuk menyita ponsel Rahaf. "Ketika dia tiba, dia buat akun baru dan pengikutnya bertambah menjadi 45.000 dalam sehari. Akan lebih baik jika mereka menyita ponselnya ketimbang paspornya," demikian keterangan dalam video tersebut seperti dilansir Kompas pada Kamis (9/1).

You can share this post!

Related Posts