Bagus Bawana Mengaku Buat Hoax Surat Suara Sendiri, Polisi Lacak Jejak Digital
Nasional

Meskipun Bagus mengaku membuat hoaks atas inisiatifnya sendiri, polisi tidak ingin berpatok pada keterangan tersebut.

WowKeren - Meski polisi telah menangkap empat tersangka hoaks surat suara, namun pihaknya belum mengetahui secara pasti apa motif dibalik penyebaran isu bohong tersebut. Untuk itu, pihak kepolisian berupaya menggali keterangan dari Bagus Bawana yang merupakan tersangka utama.

Dari keterangan yang berhasil dihimpun polisi, Bagus mengaku pembuatan hoaks tersebut adalah atas inisiatifnya sendiri. Meski demikian, polisi tak percaya begitu saja sehingga kasus itu mandeg sampai di situ. Sehingga pihaknya akan terus berupaya melacak dalang dibalik kasus ini tanpa berpatok pada pengakuan Bagus.


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan bahwa timnya berupaya mengumpulkan alat bukti. Ketika polisi sudah mendapatkan seluruh bukti maka aktor intelektual kasus hoaks ini bisa ikut dijerat.

"Kalau perlu aktor intelektualnya pun nanti kita jerat ketika seluruh alat bukti yang dikumpulkan tim sudah betul-betul lengkap," kata Dedi di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarat Selatan pada Jumat (11/1). "Sementara isi keterangan itu inisiasi dia (Bagus) sendiri."

Meski demikian, Dedi mengaku tidak akan berpaku pada pengakuan Bagus. Untuk melacak pelaku inti kasus hoaks tujuh kontainer, Dedi menyebut bahwa pihaknya saat ini masih terus melakukan penyelidikan dengan menelusuri jejak digital. Kemudian lanjut Dedi, hasil pendalaman yang dilakukan oleh pihak Polda Metro akan digabungkan dengan hasil dari Bareskrim.

"Kita terus mendalami. Silakan dia bersaksi seperti itu," terang Dedi. "Analisa jejak digital itu yang terus kita periksa dan dalami. Nanti hasil pendalaman Polda Metro digabung dengan hasil dari kita, hasil dari Bareskrim."

Dari situ nanti, Dedi akan mencari tahu siapa aktor yang berperan dalam kasus ini. Tak hanya itu, ia juga akan menyelidiki keberadaan dalang tersebut hingga polisi menemukannya.

"Nanti didalami lagi ke mana dia larinya," imbuh Dedi. "Siapa aktor intelektualnya dalam kasus penyebaran berita hoaks ini."

Terkait hal ini, polisi di Banten kembali berhasil mengamankan satu pelaku yang diduga menjadi buzzer hoaks. Hingga saat ini, polisi sudah berhasil mengamankan empat tersangka, yakni Bagus dan tiga lainnya yang dibekuk sebelumnya.

You can share this post!

Related Posts