Indonesia Negara Teraman ke-9, Menteri Pariwisata Apresiasi Kinerja Polri
Nasional

Posisi Indonesia di peringkat ke-9 berada satu tingkat di atas Denmark dengan perolehan skor 89.

WowKeren - Kekayaan serta keindahan alam yang begitu hebat di Indonesia membuat dunia tertarik untuk "menjamah" negeri ini. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang kerap diincar oleh wisatawan baik domestik maupun internasional.

Untuk mendukung kegiatan pariwisata, tentu saja jaminan keamanan harus menjadi salah satu prioritas utama. Hal itu tak perlu dirisaukan karena Indonesia berada di peringkat ke-9 sebagai negara teraman di dunia. Data tersebut didapatkan dari Gallup’s Law and Order Report pada 2018.

Perolehan prestasi ini tak lepas dari kerja keras Polri untuk selalu mengupayakan keamanan. Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengapresiasi kinerja pihak kepolisian yang cepat dalam menangani krisis.

Salah satunya ketika teror bom terjadi di Thamrin, Jakarta dua tahun lalu. Hanya dalam waktu lima jam, Polri dapat mengatasinya dan memberikan jaminan keamanan. Imbasnya, Indonesia mendapat pujian dari dunia internasional.


"Penanganan kejadian Bom Thamrin pada 14 Januari 2016 yang berlangsung cepat dan tepat memberikan impresi positif di dunia internasional," kata Menpar saat siaran pers di Jakarta pada Kamis (10/1). "Di antaranya Menpar yang mendapat pujian ketika cepat mengembalikan kepercayaan internasional untuk keamanan Indonesia saat ATF Manila tanggal 18-25 Januari 2016."

Posisi Indonesia di peringkat ke-9 sebagai negara teraman di dunia mengalahkan Denmark, dengan perolehan skor 89. Peringkat pertama diraih oleh Singapura dengan skor 97, lalu disusul dengan Norwegia, Islandia, dan Finlandia yang sama-sama memperoleh skor 93.

"Dalam hal security terbukti Indonesia mengantongi skor 89," kata Arief. "Dan berada di posisi ke-9 sebagai negara dengan tingkat ketertiban dan hukum tertinggi atau setingkat di atas Denmark.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki sektor pariwisata yang sangat potensial, terutama untuk destinasi diving. Selain itu, kuliner Indonesia yang sangat beragam juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk tak pernah lelah menjelajah pelosok nusantara.

Indonesia adalah negara yang sangat potensial pariwisatanya, terutama adalah eco-destination dan top world destination untuk diving," kata Tito di Jakarta pada Kamis (10/1). "Wisata kuliner kita juga handal mulai dari rendang, gado-gado, rawon, kita semua punya."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait