Keluarga Jenazah Beda Pilihan Caleg, 2 Makam Terpaksa Dipindah
Nasional

Sebelumnya, pemilik lahan sudah sempat mengancam untuk memindahkan makam jika keluarga jenazah tidak memilih Caleg seperti pilihannya.

WowKeren - Kampanye yang berlangsung kian ketat menjelang Pilpres dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya polarisasi di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh adanya isu-isu negatif yang berkembang di tengah publik.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengimbau rakyat untuk tetap saling menjaga persatuan dan kesatuan. Ia meminta agar masyarakat tidak tercerai berai hanya karena beda pendapat selama masa Pemilu.

Hal ini berkebalikan dengan apa yang terjadi di Gorontalo. Dua makam di Desa Toto Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo terpaksa harus dipindahkan lantaran keluarga jenazah berselisih paham dengan pemilik tanah terkait pilihan Caleg. Adapun dua jenazah yang dipindahkan sudah dimakamkam sejak 26 tahun dan setahun yang lalu.

Keluarga pemilik kubur, Abdusalam Polontolo, mengatakan bahwa pemindahan tersebut dipicu oleh perbedaan pilihan caleg untuk Pemilu 2019. Pihak pemilik lahan mengancam akan memindahkan jenazah jika keluarga almarhum tidak memilih Caleg seperti yang ia pilih. Padahal, pemilik lahan masih ada hubungan saudara dengan almarhum.


"Pemicunya itu bahasa 'kalau kamu tidak pilih, ada yang mati tidak bisa dikuburkan di sini. Itu kuburan Masri harus dipindah'," kata Abdusalam di Gorontalo, Sabtu (12/1). "Padahal, yang punya lahan kubur masih sepupu dengan almarhum."

Adapun Masri adalah nama almarhum yang dimakamkan di halaman belakang rumah Awono, sang pemilik lahan. Abdusalam menyebutkan bahwa Awano sendiri bukan orang NasDem. Menurutnya, Awono adalah saudara ipar orang yang mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Bone Bolango.

"Awano itu bukan orang NasDem," jelas Abdusalam. "Yang saya tahu Awono itu secara kekerabatan saudara ipar yang mencalonkan diri calon anggota DPRD Bone Bolango."

Abdusalam tidak tahu pasti apa hubungan Awono dengan partai tersebut. Namun, Awono pernah mengancam jika Abdusalam tidak memilih calon legislatif dari NasDem maka ia meminta agar kuburan itu dipindah dan membangun pagar jalan.

"Jadi hubungan dengan partai itu tidak tahu," tambah Abdusalam. "Dia pernah berkata, 'Kamu kalau tidak pilih Nani atau Iriani itu kuburan pindah dan ini saya pagar (jalan).' Nani itu dari NasDem."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait