Persiapkan Materi Debat, Jokowi Bakal Tanya Kasus Penculikan Aktivis ke Prabowo
Nasional

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf telah menyiapkan materi debat perdana yang bertema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

WowKeren - Debat perdana Pemilihan Presiden 2019 akan dilaksanakan besok (17/1). Menjelang agenda debat tersebut, masing-masing kubu capres-cawapres semakin mematangkan materi yang akan mereka sampaikan pada rakyat Indonesia.

Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'aruf Amin misalnya. Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon ini menyebut bahwa kubu petahana akan menyinggung kasus pelanggaran HAM yang selama ini lekat pada Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Tak hanya tentang pelanggaran HAM, tim Jokowi juga berencana untuk mengajukan pertanyaan terkait dugaan penculikan terhadap aktivis yang terjadi kala Prabowo aktif di militer. Pertanyaan ini diharapkan dapat memberi publik keterangan langsung dari Prabowo mengenai perkara tersebut.

"Ini saya kira menjadi hal penting yang harus digarisbawahi agar masyarakat tidak lupa dan mengetahui jejak rekam seseorang," terang Koordinator Tim Debat TKN, Abdul Kadir Karding, Selasa (15/1). "Bahwa pemimpin Indonesia ini harus orang-orang baik. Itu pertama."

Pertanyaan tersebut tentu telah disesuaikan dengan tema debat perdana nanti, yaitu, hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Tim debat Jokowi-Ma'aruf juga telah menyiapkan materi ketiga tema lainnya.


Menurut Karding, timnya tengah menyiapkan materi terkait korupsi yang saat ini dinilai baik penanganannya oleh KPK. Salah satu hal yang akan disoroti dalam materi ini adalah untuk pertama kalinya komisi anti korupsi mulai menerapkan korupsi korporasi.

Terkait materi korupsi, Karding juga menyebut bahwa Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, perlu menjelaskan hubungannya dengan PT Duta Graha Indah. Pasalnya, perusahaan tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus di Universitas Udayana Bali.

"Di mana semua orang tahu komisarisnya adalah pasangan paslon 02," jelas Karding. "Jadi ini tentu ruang dan hal strategis untuk kita minta penjelasannya kepada Pak Sandiaga Uno dan Pak Prabowo."

Mengenai kesiapan Jokowi dan Ma'aruf sendiri, juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, optimis paslonnya akan unggul dalam debat perdana mendatang. Ia menekankan bahwa dalam visi-misi mereka yang terkait dengan korupsi, kubu petahana tersebut telah menjabarkan secara detail.

"Aspek yang penting adalah pencegahan diiringi penindakan," tutur Ace dalam keterangannya, Selasa (15/1). "Pak Jokowi menawarkan agenda aksi yang konkret dan komprehensif."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru