Tak Hanya di Mangunan, Ini 7 Wisata Hutan Pinus Kekinian yang Ada di Indonesia
rentalwisata.com
Travel

Bagi kalian yang berada di luar Yogyakarta tak perlu khawatir, Kunjungi 7 wisata hutan pinus yang enggak kalah hits ini.

WowKeren - Siapa tak tahu Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Bantul, Yogyakarta? Hutan ini sangat terkenal sebagai salah satu lokasi wisata hits di kota tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Jogja, pasti rela bangun pagi buta untuk menikmati indahnya matahari terbit di sana.

Seiring terkenalnya Hutan Pinus Mangunan, pengelola pun menambahkan banyak fasilitas yang keren banget. Di dalamnya, kini terdapat panggung pertunjukan terbuka yang didesain berbentuk setengah lingkaran. Kemudian bangku-bangku penonton yang terbuat dari kayu berada di bagian dengan dengan posisi berundak.


Selain itu, pengelola juga membuat Hutan Pinus Mangunan lebih berwarna dengan bunga-bunga indah. Spot foto menarik lainnya juga banyak dibangun di lokasi ini demi menarik pengunjung.

Bagi kalian yang berada di luar Yogyakarta tak perlu khawatir, berikut terdapat 7 wisata hutan pinus yang ada di Indonesia. Mau tahu? Simak di bawah ini.

1. Hutan Pinus Kayon di Semarang yang Masih 'Perawan'


Hutan Pinus Kayon di Semarang yang Masih 'Perawan'

Tak jauh dari Jogja, yakni Semarang, terdapat Hutan Pinus Kayon yang masih asri. Kawasan yang terletak di dekat lereng gunung Merbabu ini sangat cocok untuk menjadi lokasi wisata ketika kalian penat dengan kegiatan sehari-hari. Udara segar dan sejuk akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman.

Salah satu spot foto yang enggak boleh dilewatkan saat berada di Hutan Pinus Kayon adalah sebuah pohon pinus yang memiliki bengkokan yang mirip huruf "U". Banyak wisatawan yang duduk di bagian tersebut dan mengabadikan momen unik tersebut. Tidak seperti Hutan Pinus Mangunan yang sudah banyak diubah, Hutan Pinus Kayon ini berada di wilayah konservasi hutan Merbabu sehingga tidak bida ditambahkan spot lain. Jadi, keasliannya masih terjaga. Bahkan untuk ke lokasi ini juga belum dilengkapi dengan petunjuk arah.

Untuk masuk ke Hutan Pinus Kayon, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu per-orang. Dengan harga yang terbilang murah tersebut, kalian bebas menjelajahi hutan pinus untuk berfoto. Piknik di bawah rindangnya pepohonan pinus juga bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Hutan Pinus Gunung Pancar di Bogor Bisa Jadi Tempat Nongkrong Asyik


Hutan Pinus Gunung Pancar di Bogor Bisa Jadi Tempat Nongkrong Asyik

Pindah ke Bogor, ada Hutan Pinus Gunung Pancar yang menawarkan keindahan alam menyejukkan. Sama seperti kebanyakan, hutan pinus satu ini juga merupakan tempat yang sangat sejuk dan menyegarkan. Lokasi ini tak hanya cocok untuk liburan hits bareng teman-teman, namun juga bagi keluarga yang ingin piknik.

Selain suasana alam, kalian bisa menemukan kafe di tengah hutan pinus yang menyenangkan. Mengobrol di tengah hutan dengan menyeruput kopi atau teh bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Suara hewan-hewan kecil di hutan juga membuat suasana semakin syahdu.

Berkunjung ke lokasi ini, kalian juga dapat bersepeda, outbond dan berendam di pemandian air hangat, lho. Kalian hanya akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 7 ribu hingga Rp 15 ribu saja. Yuk main-main ke Hutan Pinus Gunung Pancar.

3. Hutan Pinus Semeru di Malang yang Kian Hits


Hutan Pinus Semeru di Malang yang Kian Hits

Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang diketahui memiliki banyak lokasi wisata menarik. Agar tak bosan dengan yang itu-itu saja, kalian wajib mengunjungi Hutan Pinus Semeru yang terletak di Dusun Arjosari, Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Jalan menuju lokasi ini memang masih sulit, namun usaha kalian akan terbayar dengan pemandangan pohon pinus yang indah.

Berkat menjamurnya media sosial di masyarakat, Hutan Pinus Semeru juga kini makin hits untuk memenuhi kebutuhan foto para pengunjung. Pengelola menggantung payung warna-warni di antara pohon pinus. Selain itu, juga terdapat beberapa rumah pohon yang dibangun di ketinggian sekitar dua meter. Lumayan buat mengisi feeds Instagram, kan?

4. Pine Forest Camp di Lembang yang Jadi Lokasi Pernikahan Andien


Pine Forest Camp di Lembang yang Jadi Lokasi Pernikahan Andien

Masih ingat dengan pernikahan penyanyi ternama Andien, kan? Mengambil tema outdoor pernikahan tersebut menjadi bahan pembicaraan publik berkat lokasi yang tak biasa, yakni di hutan pinus, tepatnya Pine Forest Camp di Lembang. Kala itu, tahun 2015 memang belum banyak konsep pernikahan yang mengambil konsep alam.

Pine Forest Camp telah lama menjadi lokasi wisata lantaran kawasan yang sejuk dan panorama alan yang masih asri. Sesuai dengan namanya, lokasi ini menawarkan cara berkemah yang eksklusive. Peserta perkemahan tidak boleh kurang dari 50 orang, sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin mengadakan kegiatan bersama organisasi, perusahaan atau keluarga besar. Fasilitasnya juga sudah lengkap banget, lho.

Selain itu, Pine Forest Camp kini menjadi langganan pasangan untuk mengadakan pesta pernikahan. Dengan konsep yang tak bisa, pengalaman tersebut bakal terkenang seumur hidup.

5. Hutan Pinus Malino di Makassar Jadi Lokasi Selfie Asyik


Hutan Pinus Malino di Makassar Jadi Lokasi Selfie Asyik

Hutan Pinus Malino juga tak kalah asyik dari hutan pinus yang berada di Pulau Jawa. Lokasi wisata di Makassar, Sulawesi Selatan ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati udara sejuk yang menenangkan. Hutan ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kalian akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Berkunjung ke Hutan Pinus Malino, kalian tidak hanya akan menikmati pemandangan, namun juga fasilitas yang disediakan. Sebut saja outbond, mengelilingi hutan pinus dengan kuda dan ber-selfie ria di spot foto menarik yang disediakan oleh pengelola. Untuk biaya masukknya, hanya Rp 5 ribu setiap orang, lho. Murah banget, kan?

6. Bosan dengan Pantai? Kunjungi Hutan Pinus Kintamani di Bali


Bosan dengan Pantai? Kunjungi Hutan Pinus Kintamani di Bali

Bali yang terkenal dengan pantainya juga memiliki wisata hutan pinus, yakni Hutan Pinus Kintamani. Lokasi ini semakin terkenal semenjak masuk dalam 11 Hutan Pinus Terindah di Indonesia oleh Wondeful Indonesia. Lokasi ini sering diselimuti kabut dan masih sejuk banget. Tentu sangat berbeda dengan hawa pantai di Bali, ya.

Akses menuju Hutan Pinus Kintamani ini terbilang sudah memadai. Kalian juga tidak akan kesulitan menemukan hutan pinus ini. Namun, Hutan Pinus Kintamani belum memiliki pengelola khusus, jadi tidak ada fasilitas yang disediakan dan terbilang masih alami banget. Sayangnya, keadaan tersebut membuat banyak orang yang merusak alam dengan membuang sampah sembarangan dan mencoret pohon-pohon pinus tersebut.

7. Hutan Pinus Nongko Ijo di Madiun dengan Spot Selfie Menarik


Hutan Pinus Nongko Ijo di Madiun dengan Spot Selfie Menarik

Hutan pinu selanjutnya berada di Madiun, Jawa Timur, yakni Hutan Pinus Nongko Ijo. Selama perjalanan 40 menit dari pusat kota, kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang keren banget. Kalian bisa datang mulai pukul 08.00 pagi agar dapat menikmati udara sejuk.

Fasilitas di Hutan Pinus Nongko Ijo juga sangat menyenangkan. Kalian bisa menikmati berbagai spot foto yang disiapkan oleh pengelola. Mulai dari rumah pohon, gardu pandang, ayunan dan masih banyak lagi. Tempat makan juga ada di Hutan Pinus Nongko Ijo sehingga kalian tak akan bosan.

You can share this post!

Related Posts